PUBG (Player Unknown’s Battleground)

Di era teknologi dan perkembangan zaman yang sedang pesat-pesatnya seperti dalam perkembangan dunia game bisa dikatakan sudah banyak sekali kemajuan dari zaman ke zaman, mulai dari grafik game, pola permainan, size game dan kemajuan – kemajuan lainnya yang semakin banyak melahirkan para pro player baik dari pc hingga mobile. seperti contohnya game PUBG (Player Unknown’s Battlegrounds).

PlayerUnknown’s Battlegrounds atau PUBG adalah salah satu game yang online yang sangat populer belakangan ini. Game ini sedang sangat ramai dimainkan hampir diseluruh dunia.

PUBG adalah game online yang dimainkan dengan konsep TPP (third person perspektif) dan FPP (first person perspektif) dan dimainkan oleh 100 pemain dalam satu map. Dan semua pemain tersebut saling bertarung satu sama lain dan pemenangnya adalah pemain yang bisa bertahan hingga akhir zona dan hanya tinggal satu pemain maka dialah pemenangnya, atau dalam game tersebut biasanya menggunakan sebutan “Chicken Dinner” bagi pemenang dalam sebuah pertandingan.

Model permainan yang ditawarkan oleh PUBG itu sendiri tergolong cukup jarang. Alhasil, jumlah pemain dan peminatnya pun terus bertambah sampai hari ini. PUBG dirilis oleh Bluehole. Dan di Produser oleh Chang-han Kim dengan Pengarah sekaligus Perancangnya adalah Brendan Greene. Game engine menggunakan Unreal Engine 4 dan Platform PC. Perilisannya dimulai dari versi Alpha pada bulan November 2016, kemduian ditutup pada 25 Februari sampai 19 Maret 2017. Dan akses resminya dibuka pada tanggal 23 Maret 2017. Dari tahun 2017 hingga 2019 kini PUBG sudah merilis platformnya pada Xbox One, Anroid, iOS sekaligus PUBG juga memecahkan banyak rekor baru pada dunia game seperti tembus 3 juta pemain bersamaan dan sudah banned 1,5 juta user lebih, dan menjadi game mobile terbaik pada tahun 2018.

Lalu ada beberapa spesifikasi minimal yang diperlukan untuk bermain PUBG pada PC adalah menggunakan sistem operasi Windows 7/8/9/10 64 bit, lalu menggunakan Intel i3 4340/AMD FX-6300, dengan Video Card nVidia GeForce GTX 660 2 GB/ AMD Radeon HD7850 2 GB, dan minimal RAM yang dipakai adalah 6 GB dengan kapasitas hardisk 30 GB. Sedangkan pada spesifikasi minimum untuk bermain PUBG pada Mobile untuk Android adalah Android 6.1+ dengan RAM 3 GB+ dan untuk iOS adalah iOS 9 dengan CPU Intel Dual Core @1.3 GHz, RAM 1 GB dan storage 1 GB.

Sebenarnya rules dari permainan ini sangatlah mudah, yaitu dengan cara para pemain akan dijatuhkan pada sebuah pulau yang dimana pulau tersebut berisikan 100 pemain lainnya, lalu mereka harus bisa bertahan hingga menjadi pemain terakhir yang bisa hidup, dan dialah yang menjadi pemenang. Dan ingatlah tujuan dari permainan ini adalah Survival, jadi siapa pemain paling lama bertahan maka dialah pemenangnya. Permainan ini juga dapat dimainkan dengan mode tim, duo, dan single, pemain dapat bebas memilih mode permainan apa yang mereka inginkan.

Lalu pada awal permainan para pemain akan diterjunkan langsung dari pesawat dalam keadaan tanpa membawa bekal apapun, dan sesampainya di daratan, disinilah permainan survival tersebut dimulai, pemain harus se-segera mungkin senjata, perbekalan, dan sumber daya lain yang dia butuhkan. modalnya hanya dengan peta yang terbuka, menyelusuri berbagai bangunan-bangunan, hutan, dan apa saja yang dapat dijumpai selama berpetualang. Tapi ingat, ada satu hal penting dalam permainan survival ini karena walopun dengan map ukuran yang didesain seluas 8 x 8 km ini pemain tidak hanya dapat berputar putar saja tanpa ada halangan sedikitpun, ada yang dinamakan dengan “Blue Zone” pada permainan ini, yang dimana blue zone tersebut lama kelamaan akan makin mengecil pada titik tertentu sehingga akan sangat mudah bagi para pemain bisa saling bertemu dan saling tempur untuk mendapatkan kemenangan tersebut atau Chicken Dinner.

PUBG juga memiliki bebera[pa fitur dan keunggulan pada game tersebut diantaranya Map pada PUBG ini tidak hanya mempunyai satu map saja, tetapi memiliki 4 map sekaligus dengan memiliki keunikan masing-masing pada setiap map, senjata yang dapat diubah dengan skin-skin yang menarik, kendaraan yang bermacam-macam, dan permainan PUBG itu sendiri memiliki grafik yang dibuat se-realistis mungkin dalam permainannya, sehingga menambahkan sensasi tersendiri bagi pemainnya.

Tetapi, dibalik keseruan game PUBG yang sedang populer di masa ini tanpa kita ketahui kurang lebih sudah ada 4 negara yang mem-blokir game PUBG tersebut yaitu India, Nepal, Iraq, dan China. Dan kebanyakan negara yang mem-blokir game PUBG tersebut itu karena dampak negatif yang terjadi pada masyarakatnya yaitu seperti kecanduan bermain game, dianggap bisa menyebabkan ancaman sosial, kemorosotan moral anak-anak, berpotensi merusak karena memiliki banyak unsur kekerasan, dan bahkan dapat menyebabkan sakit kejiwaan dan kehilangan nyawa. Jadi sebagai pemain juga harus waspada dan hati hati, dan menjaga waktu untuk bermain game yang sehat, sehingga game apapun itu yang dimainkan bisa menjadi benefit bagi pemainnya.

afan fauzan

Hidup mah kaalleummmm

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *