LinkAja! Dompet Digital Hasil Sinergi BUMN Penantang Go-pay dan OVO

Link Aja!
ilustrasi link aja

Perkembangan teknologi saat ini memang sudah sangat pesat. Di era digital seperti ini muncul berbagai macam inovasi-inovasi dalam teknologi yang semakin memudahkan manusia. Salah satu inovasi teknologi yang paling popular yaitu penggunaan dompet digital atau E-wallet yang kini semakin menggeser penggunaan uang kertas yang biasa kita gunakan sehari-hari. Munculnya layanan keuangan elektronik ini diharapkan dapat membuat pertumbuhan masyarakat akan dunia digital semakin baik dan membuat berbagai macam transaksi menjadi lebih mudah, aman, dan efisien. Diantara nama nama E-wallet yang kini tengah popular seperti Go-pay dan OVO, kini muncul penantang baru yaitu “Link Aja!”. Apa itu link aja? mengutip dari laman resmi linkaja.id, diketahui bahwasannya layanan tersebut merupakan sebuah layanan keuangan elektronik yang di ciptakan untuk lebih membuat setiap transaksi berjalan lebih lancar, seru dan pastinya bebas repot. Bahkan seperti dikutip dari laman resmi tersebut link aja membawa slogan yang cukup menarik yakni #BeresTanpaCash yang tentu saja akan lebih menarik perhatian bagi setiap penggunannya seperti layanan Go-pay dan juga Ovo.

            Setelah membaca kilasan tentang aplikasi linkaja diatas, pasti anda bertanya-tanya tentang bagaimana cara kerja dan keuntungan menggunakan aplikasi linkaja ini bukan? Nah untuk mengetahui lebih lanjut yuk simak penjelasan secara lengkapnya berikut ini.

tampilan link aja
tampilan link aja

APA ITU LINK AJA?

            Seperti yang tadi sudah disinggung sebenarnya link aja merupakan sebuah sarana dan prasarana yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menjadi holding dari beberapa layanan keuangan yang sudah ada di Indonesia. Sedangkan apabila di runtut secara benar, link aja sendiri merupakan sebuah layanan keuangan elektronika yang di buat untuk memberikan kemudahan dalam setiap transaksi. Sebelum menjadi link aja nama dari platform ini adalah T-cash yang hanya dipegang oleh telkomsel saja. Yang kemudian berubah nama menjadi Link Aja! dan digawangi oleh tujuh perusahaan plat merah yakni Telkomsel, Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, Pertamina, dan Jiwasraya. Simplenya apa itu link aja adalah gabungan dari beberapa layanan keuangan milik pemerintah yang disatukan dalam sebuah layanan dan satu fungsi mulai dari :

  • T-Cash yang merupakan layanan milik Telkomsel
  • E-Cash yang merupakan layanan milik Bank Mandiri
  • Tbank yang merupakan layanan milik Bank BRI
  • unikQu yang merupakan layanan milik Bank BNI
  • T-Money yang merupakan layanan milik Telkom

Tujuan utama di gabungkannya beberapa layanan keuangan elektronik oleh pemerintah berbasis pada satu alikasi bernama Link Aja ini tentu tidak semata-mata hanya ingin memberikan layanan kemudahan bagi setiap orang yang akan bertransaksi digital. Namun dengan adanya LinkAja secara otomatis akan membuat BUMN mampu bersing di Pasar Fintech Indonesia atau pasar Financial Technology atau layanan keuangan elektrnoik berbasis QR-Code.

            Sebenarnya layanan keuangan elektronik ini bukanlah hal baru di Indonesia, karena seperti diatas saya sampaikan sudah ada beberapa pendahulu yang jauh lebih berkembang sampai dengan saat ini yakni Layanan Go-Pay yang sering kita gunakan pada aplikasi Go-Jek dan Layanan OVO yang seringkali kita gunakan pada layanan Grab. Nah itulah kiranya beberapa informasi tentang apa itu Link Aja yang dapat kami sampaikan. Lalu bagaimana sih cacra menggunakan LinkAja ini? berikut penjelasannya kami sampaikan dibawah.

CARA MENGGUNAKAN LINK AJA!

            Setelah mengetahui apa itu link aja pastinya ada diantara pembaca yang berminat menggunakan aplikasi link aja. oleh karena itu saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan link aja ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah ini :

  1. Pertama silahkan download dan install aplikasi Link Aja di Google Play Store ataupun di App Store
  2. Setelah terinstal buka aplikasi link aja dan anda klik registrasi dengan mengisi form yang sudah disediakan. Ikuti langkah-langkah yang diberikan, dan pastikan anda mengisi form dengan benar. Jika sudah klik mulai untuk menggunakan aplikasi tersebut.
  3. Pada awal pertama anda menggunakannya anda tidak akan memiliki saldo didalam aplikasi LinkAja tersebut sehingga anda memerlukan pengisian atau Top-Up saldo LinkAja dengan nominal yang memang anda butuhkan
  4. Cara Top Up LinkAja sangat mudah dilakukan karena LinkAja sendiri sudah terkoneksi dengan beberapa bank, jadi anda bisa mengisi saldo lewat ATM, e-Banking ataupun Internet Banking
  5. Selain cara diatas, sama seperti cara top up Gopay ataupun cara Top Up Ovo, anda juga bisa mengisi saldo lewat beberapa gerai seperti Alfamart/Alfamidi, DanDan, Family Mart, Grapari, Indomaret, Kantor Pos, dan Mintra LinkAja lainnya.
playstorelinkaja
link aja di playstore

Setelah anda memiliki aplikasi LinkAja dan mempunyai saldo didalamnya, tentu saja akan ada  banyak sekali manfaat yang akan bisa anda dapatkan ketika anda sudah memilikinya. Contohnya adalah :

  1. Bisa menggunakan aplikasi ini untuk membayar belanjaan di toko-toko atau di merchant yang sudah bekerjasama dengan LinkAja
  2. Dapat digunakan untuk membeli pulsa ataupun juga paket data
  3. Berbelanja Online di beberapa marketplace yang sudah bekerjasama dengan LinkAja
  4. Dapat mengirimkan uang ke sesama pengguna LinkAja
  5. Dapat digunakan pula untuk membayar tagihan bulanan seperti PDAM, BBM, Tol,  Listrik, Telkom, KRL dan juga BPJS serta tagihan lainnya

Dengan sedikit mengetahui tentang apa itu link aja dan juga bagaimana cara menggunakan link aja serta fungsi dan manfaatnya tentu saja anda akan lebih mudah bertransaksi dimanapun anda berada. Jadi buruan deh anda unduh dan aktivasi LinkAja di smartphone yang anda gunakan. Demikian informasi mengenai LinkAja! Yang bisa saya sampaikan, semoga penjelasan tentang apa itu LinkAja dan bagaimana cara menggunakannya diatas bisa bermanfaat. Terima Kasih ^_^

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *