SHOPEE : SEJUMLAH TEROBOSAN DALAM INDUSTRI TEKNOLOGI PADA E-COMMERCE

Apa Itu Shopee?

Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Shopee adalah aplikasi Marketplace online untuk jual beli di ponsel dengan mudah dan cepat. Shopee menawarkan berbagai macam produk-produk mulai dari produk fashion sampai dengan produk untuk kebutuhan sehari-hari. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi mobile untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan belanja online tanpa harus membuka website melalui perangkat komputer. Sejarah Shopee di Indonesia dimulai pada bulan Desember tahun 2015. Prestasi marketplace ini adalah keberhasilan promosi yang dalam waktu singkat, pengguna shopee tidak kalah banyak dari para pesaingnya. Tokoh penting di balik sejarah Shopee adalah Chris Feng pendiri dan CEO yang juga merupakan lulusan terbaik dari Universitas Singapura. Saat ini, Shopee telah diunduh lebih dari 4 juta kali dan memiliki lebih dari 600 ribu pengikut. Untuk pasar Indonesia sendiri, aplikasi yang merupakan anak dari perusahaan Garena ini telah dirilis sejak Juni 2015 dan telah menggandeng 1,3 juta pengguna di Indonesia.

Mengapa Harus Memilih Shopee?

Shopee memudahkan para penjual serta pembeli dalam berinteraksi melalui fitur live chatnya. Sarana jual beli ini juga menyediakan banyak produk mulai dari gadget, fashion, kosmetik, elektronik, otomotif dan lain sebagainya.Chris Feng, Chief Executive Officer Shopee menjelaskan, hadirnya fitur live chat ini sangat memudahkan pengguna Shopee, mengingat di aplikasi atau situs e-commerce lainnya para pembeli harus menyimpan nomor telepon penjual terlebih dahulu untuk berhubungan langsung. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbelanja dan berkomunikasi sesuai dengan kenyamanan mereka. Dirancang untuk mewujudkan social commerce platform, Shopee mengintegrasikan fitur sosial mencakup fungsi hashtag, yang memungkinkan pengguna mencari tren barang/produk yang sedang populer atau untuk mengikuti tren terbaru secara mudah,” tutur Feng saat peluncuran Shopee di XXI Lounge, Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Shopee Live Chat

Beberapa keunggulan yang ditawarkan antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Barang lebih cepat sampai
  2. Shopee menawarkan banyak promo serta diskon yang pastinya digemari para pembeli
  3. Memiliki fitur terdekat yang memungkinkan pembeli mencari penjual terdekat dari posisi calon pembeli berada
  4. Adanya fitur beriklan bagi para penjual yang ingin produknya berada di urutan atas
  5. Ada pula fitur live chat yang memungkinkan penjual dan pembeli berinteraksi mengenai produk yang dijual
  6. Potensi transaksi yang cukup besar
  7. Adanya fasilitas ongkir gratis dengan ketentuan yang berlaku
  8. Tersedianya kategori produk yang sangat luas. Alhasil penjual bisa menjual jenis barang apa saja. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi pihak penjual.

Apa Saja Yang Ditawarkan Pada Aplikasi Shopee?

Mereka berkomitmen untuk terus memberikan penawaran dan pengalaman berbelanja yang berkesan dan menguntungkan melalui sejumlah inovasi.Seiring dengan berlangsungnya kampanye online Shopee 9.9 Super Shopping Day sampai 9 September 2019 para pengguna bisa menikmati diskon sampai 90 persen untuk produk elektronik, mereka melakukan sejumlah terobosan.Mereka membahas tentang berbagai inovasi dalam industri teknologi, khususnya pada e-commerce.

“Untuk melengkapi kampanye ini, Shopee juga memberikan fitur menarik guna memberikan nilai tambah dari belanja online dan untuk menghibur pengguna melalui fitur Goyang Shopee dan Shopee LIVE,” terang Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 29 Agustus 2019.

Shopee 9.9 Super Shopping Day
Goyang Shopee

Berbagai inovasi sudah mereka lakukan, seperti membuat Goyang Shopee yang merupakan inovasi in app game pertama aplikasi.Sejak diluncurkan pertama kali, Goyang Shopee sudah sangat populer di tengah masyarakat Indonesia dan lebih dari 500 juta kali dimainkan oleh pengguna Shopee.Lalu ada program Shopee Live yang cukup menarik yang baru diperkenalkan di tahun ini di Indonesia. Menyusul keberhasilan Goyang Shopee, sampai sekarang Shopee Live tercatat sudelah ditonton lebih dari 200 juta kali di seluruh negara Shopee beroperasi. Bukan itu saja, Shopee Live juga sukses membantu para penjual dan mitra brand untuk memperluas jangkauan dan penjualannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *