Dampak Negatif dan Positif dari Penggunaan Dompet Digital

Seiring dengan kemajuan teknologi di Indonesia memberikan pengaruh besar terhadap perekonomian. Apalagi didukung dengan munculnya dompet digital atau E-wallet untuk memudahkan pembayaran dan sudah sah untuk digunakan.

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia, dompet digital atau dompet elektronik merupakan layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran, antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu atau uang elektronik untuk menampung dana dan melakukan pembayaran. Kata lain dari dompet digital yaitu E-wallet. E-wallet pun menjadi tren setelah banyak perusahaan start-up yang mengembangkan bisnis berbasis dengan transaksi secara online bermunculan di Indonesia.

Dompet digital atau dompet elektronik (e-Wallet) adalah aplikasi elektronik yang digunakan untuk menyimpan uang dan melakukan transaksi secara online. Pengguna dompet digital hanya membutuhkan smartphone saja, tanpa kartu dan uang tunai.

Dibandingkan dengan transaksi konvensional, sistem kerja dompet digital ini terhubung secara nirkabel dengan bantuan NFC atau Near Field Communication. Oleh karena itu, Anda bisa mengisi saldo dompet digital hanya dengan memanfaatkan mobile banking atau transfer bank langsung.

Adanya e-wallet kini semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari terutama dalam hal pembayaran atau tagihan. Fungsi dompet digital memang didesain agar masyarakat melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan uang tunai.

Terdapat 5 Manfaat Transaksi Online bagi Pelanggan :

  • Belanja lebih praktis.
    • Bisa melakukan perbandingan harga dan kualitas produk.
    • Kesempatan belanja hemat lebih banyak.
    • Pilihan metode pembayaran lebih banyak.
    • Keamanan bertransaksi lebih terjamin.

Disamping kemudahan E-wallet untuk digunakan, tetap terdapat dampat negatif maupun dampak positif terhadap penggunaanya tersebut.

  1. Dampak Negatif
    1. ATM yang seiring waktu akan punah
    2. Berbagai pekerjaan menghilang
    3. Ketergantungan akan smartphone yang semakin parah
    4. Jaringan internet mengukur kadar stress seseorang
  2. Dampak Positif
    1. Pembayaran lebih mudah dan cepat
    2. Keamanan yang lebih terjamin
    3. Membatasi pengeluaran
    4. Mendapatkan reward dari merchant
    5. Transasksi yang mudah untuk diawasi
    6. Efisien dan tidak memerlukan biaya mahal

Dompet digital membawa pengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia yang memudahkan pembayaran dan sudah sah digunakan. penggunaan dompet digital hanya membutuhkan smartphone saja. fungsi dompet ini didesain agar masyarakat melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan uang tunai.

Link Video :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *