Masa Depan Tanpa Password

Zaman sekarang siapa sih yang gak kenal password. Tapi apa sih sebenarnya password itu? dikutip dari situs “computerhope” password adalah  sekumpulan karakter atau kata yang bersifat rahasia yang digunakan untuk mengotentikasi akses ke sistem digital. Password sendiri berfungsi untuk menjaga informasi dan data penting yang tersimpan di dalam sebuah akun. Namun jika pengguna menggunakan kata sandi yang mudah diretas atau bahkan ditebak, itu membahayakan informasi dan akun. Menurut Google, sadar atau tidak, password adalah satu satunya ancaman terbesar bagi keamanan online. Password sangat mudah dicuri, sulit diingat, dan membosankan untuk dikelola. perusahaan perusahaan besar seperti google dan microsoft menyatakan bahwa password sangat tidak efektif, bahkan biaya yang di keluarkan untuk mengganti password sangat besar.

 Banyak orang meyakini bahwa sandi itu harus panjang dan serumit mungkin, tetapi hal itu malah meningkatkan risiko keamanannya. Sandi yang rumit dapat menggoda pengguna untuk memakainya di lebih dari satu akun, bahkan faktanya 66% orang amerika mengaku bahwa mereka memakai sandi yang sama untuk berbagai macam situs, sehingga membuat semua akun tersebut menjadi rentan. Password biasanya berisi kata kunci yang mudah dihafalkan oleh penggunanya seperti tanggal lahir, tanggal nikah, dll yang mana biasanya digunakan pada lebih dari satu akun yang membuat password rentan untuk ditembus. Pada 2020, penelusuran “seberapa kuat sandi saya” naik 300%. Namun, sayangnya, sandi paling kuatpun dapat dibobol dan digunakan oleh penyerang.

Perusahaan perusahaan besar di dunia , saat ini sedang mencari cara terbaik untuk melindungi akun agar sandinya tidak bocor atau dibobol. Salah satunya adalah google, google memakai metode verifikasi 2 langkah (2SV) untuk mengetuk perintah google yang dikirimkan ke ponsel sebagai metode verifikasi kapan pun mereka login ke akun.

2 step verification

Google sendiri juga memastikan telah membangun teknologi keamanan yang lain, salah satunya yaitu google membut kunci keamanan langsung ke perangkat android dan meluncurkan “Google Smart Lock” untuk iOS yang mana ponsel dapat dijadikan sebagai bentuk autentikasi sekunder.  sehingga autentikasi multi-faktor bakal berjalan mulus dan bahkan lebih aman daripada kata sandi

Selain Google, Microsoft juga telah bekerja mewujudkan masa depan tanpa password, bahkan Microsoft sendiri telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mewujudkannya. Microsoft sekarang ini pun telah mengizinkan konsumen masuk ke akun microsoft dengan aplikasi Microsoft Authenticator, Windows Hello, kunci keamanan, atau kode verifikasi SMS/email tanpa perlu password lagi. Pada tahun 2018 Google telah mengaktifkan kunci keamanan dan membuat Windows 10 tanpa kata sandi pada 2019. Dengan meluncurkan akun tanpa kata sandi di Microsoft maka  hampir 100 persen Microsft sekarang tanpa kata sandi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 74 = 84