Berkenalan dengan Teknologi Near Field Communication (NFC) Sebagai Fitur Smartphone di Era Digital

Near Field Communication (NFC)

Era digital seperti sekarang ini membuat semuanya menjadi lebih praktis, mulai dari transaksi keuangan seperti pembayaran belanja hanya dengan tap smartphone di kasir, bayar parkir tinggal tempelkan kartu lalu jalan, bahkan hanya dengan tempel kartu sudah bisa bayar makan

Tapi pernah ga sih kalian penasaran dan bertanya-tanya dengan layanan tap-and-go ini yang membuat dunia menjadi lebih praktis dan cepat, ‘kok bisa ya semua itu dilakukan hanya tap-and-go melalui smartphone?’

Jadi sederhananya, layanan tap-and-go ini memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC) yang menggunakan metode transfer data nirkabel serta memungkinkan penggunanya berkomunikasi dari jarak dekat tanpa membutuhkan koneksi internet sehingga semuanya bisa dilakukan lebih mudah dan praktis. Fitur NFC punya fungsi sangat penting di zaman serba digital seperti sekarang ini.

Lalu apa sih sebenarnya teknologi NFC itu? kemudian apa saja sih fugsi-fungsinya pada smartphone?

Yuk kita simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih banyak mengenai teknologi Near Field Communication (NFC) ini.

Berkenalan dengan teknologi NFC

Seperti pertanyaan diawal, apa sih teknologi NFC itu?

Sederhananya, NFC (Near field communication)  merupakan metode transfer data nirkabel yang mendeteksi dan kemudian memungkinkan teknologi di dekatnya dapat berkomunikasi tanpa perlu adanya koneksi internet. Sehingga ini membuat pengggunanya menjadi lebih mudah, cepat dan bekerja secara otomatis. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa teknologi ini sangat cocok digunakan pada konsep tap-and-go yang telah dijelaskan di awal.

Teknologi NFC ini memungkinkan pertukaran data antar gadget serta alat hanya menggunakan sentuhan jarak dekat, serta hanya membutuhkan kurang dari sepersepuluh detik. Tak perlu lagi setting manual koneksi mirip ketika masih menggunakan sinyal Bluetooth, NFC sudah secara otomatis mengkoneksikan kedua perangkat. Setalah mengetahui apa itu NFC, tentunya pembaca mulai penasaran bagaimana teknologi ini bekerja.

Bagaimana cara kerja dari perangkat NFC ini?

NFC (Near Field Communication) bekerja dan berkomunikasi dengan perangkat lain melalui gelombang radio sehingga ini memudahkan dalam mengirimkan dan menerima data. Karena itulah, perangkat yang menggunakan teknologi NFC tidak membutuhkan sumber daya mereka sendiri untuk dapat mengirimkan data ketika berdekatan dengan perangkat lain yang sesuai kriteria syarat.

Cara kerja teknologi NFC ini sangat sederhana, dimana ia tidak membutuhkan kabel dan beroperasi menggunakan chip dari perangkat NFC. Ketika chip ini diaktifkan oleh chip lain, maka kedua perangkat itu dapat mulai melakukan transfer data dalam jarak keduanya yang relatif dekat minimal 4 cm.

Pemakaian NFC ini juga tidak membutuhan kode untuk menghubungkan kedua perangkat, ini dikarenakan chip yang bekerja menggunakan daya yang sangat rendah. Sehingga jika dibandingkan dengan perangkat nirkabel lainnya, NFC ini merupakan perangkat yang menggunakan daya yang sangat kecil.

Perangkat NFC dibagi jadi dua, yaitu perangkat aktif dan pasif.

  • Perangkat aktif adalah perangkat yang mampu mengirim dan menerima data, contohnya adalah smartphone yang kita gunakan.
  • Perangkat pasif adalah perangkat yang hanya bisa mengirim data serta informasi tanpa bisa menerima data sehingga ia tidak membutuhkan daya. Contohnya adalah kartu e-money, e-tol, dan e-ktp.

Perangkat aktif NFC mendukung tiga mode, antara lain :

  • Reader/writer yaitu melakukan kegiatan membaca infomasi.
  • Card emulation, yaitu melakukan pembayaran digital.
  • Peer-to-peer, yaitu melakukan transfer file.

Manfaat Teknologi NFC

Dengan semakin majunya teknologi dalam komunikasi data antar perangkat ini maka manfaat yang dihasilkan dari NFC makin beragam, bahkan beberapa diantaranya sudah mulai diterapkan diberbagai penjuru dunia. NFC sendiri menyederhanakan komunikasi data antar perangkat yang biasanya harus mengkoneksikan menggunakan Bluetooth maupun Wi-Fi yang memerlukan otentikasi dan penyamaan koneksi terlebih dahulu sebelum bisa digunakan dan biasanya memakan waktu yang cukup lama, berbeda dengan NFC otentikasi antar perangkat dilakukan hanya beberapa detik saja. Berbagai manfaat yang didapatkan dari NFC disesuaikan dengan teknologi yang semakin hari semakin maju.

Fungsi Teknologi NFC

  • Menyambungkan dua perangkat

Fitur NFC pada smartphone dapat menghubungkan antara satu smartphone dengan smartphone lain, smartphone dengan laptop, smartphone dengan kamera, dll. melihat sekarang ini smartphone sudah dilengkapi dengan chip NFC pada unitnya. Namun perlu diingat, NFC ini bukanlah alat mentransfer data, tetapi sebuah protokol untuk “menyambungkan” dua device kemudian untuk pemindahan datanya menggunakan bluetooth atau wifi

  • Melakukan pembayaran elektronik (cashless)

Di era digital seperti ini, sistem pembayaran cashless semakin diminati karena dapat menjadi alat pembayaran yang sangat praktis dan mudah digunakan. Sistem pembayaran elektronik (cashless) ini sudah memanfaatkan fitur NFC yang ada pada smartphone. Cara penggunaannya juga relatif mudah, hanya dengan menempelkan smartphone ke alat tertentu, nanti NFC akan memberikan data yang dibutuhkan sehingga proses pembayaran bisa diproses dengan cepat.

  • Mengakses informasi smart card

Selain untuk melakukan transaksi pembayaran, fitur NFC di smartphone juga dapat mengakses informasi smartcard yang banyak jenisnya sepeti e-ktp, e-toll maupun kartu elektronik lainnya hanya dengan menggunakan smartphone.

Dengan adanya fitur NFC ini, kita bisa langsung mengecek dan mengisi saldo untuk e-money maupun e-toll. Caranya hanya dengan menempelkan kartu ke bagian belakang smartphone, maka secara otomatis smartphone akan mendeteksi dan memberikan informasi yang sesuai.

  • Melakukan transfer file

Fungsi NFC yang selanjutnya adalah melakukan transfer file. Dengan adanya fitur NFC maka dapat dilakukan transfer file dari satu smartphone ke smartphone lain. Bisa trnasfer data yang meliputi nomor telepon, gambar, dokumen, dll. Meskipun NFC memiliki banyak keunggulan, namun transfer file menggunakan NFC akan lebih lambat jika dibandingkan dengan bluetooth. Selain itu juga, kedua smartphone yang akan melakukan transfer file masing-masing harus memiliki fitur NFC.

Apakah NFC aman digunakan?

Mungkin untuk saat ini fitur NFC belum terlalu dikenal dan digunakan masyarakat, namun diprediksi untuk kedepannya fitur ini akan semakin luas dikenal masyarakat. Dengan adanya prediksi seperti itu, kemudian muncul pertanyaan, apakah fitur NFC ini benar-benar aman digunakan? Mengingat semua transaksi dapat dilakukan hanya melaui smartphone saja.

Teknologi NFC ini berkomunikasi melalui udara sehingga sedikit kemungkinan untuk dapat terjadinya penyadapan ataupun pencurian data. Hal ini dikarenakan jika seseorang berniat untuk melalukan pencurian data, maka ia harus berada dalam jangkauan relatif dekat minimal 4cm dari kedua perangkat untuk membaca data dari perangkat NFC. Sehinggga itu kecil kemungkinan dapat terjadi.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan tonton video di bawah ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *