Manfaat Virtual Assistant Berbasis AI Untuk Mempermudah Aktivitas Sehari-Hari

Pada zaman sekarang, era global digital sudah sangat berkembang pesat. Kehadiran AI pada kehidupan sehari-hari mempunyai banyak pengaruh yang positif. AI dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih simpel. Orang-orang sering kali menggunakan bantuan AI ketika akan memutuskan suatu hal atau tugas-tugas tertentu, dengan begitu AI akan menjadi Assistant dari orang tersebut yang dapat dianggap sebagai AI-Powered Virtual Assistant atau Intelligent Virtual Assistant (IVA).

Bicara mengenai Virtual Assistant berbasis AI, teknologi ini akan bekerja ketika pengguna memasukkan input berupa teks atau suara. Jika memakai suara, Virtual Assistant tersebut akan membarui bahasa verbal dari pengguna menjadi data yang bisa dianalisis oleh sistem. Sesudah itu, hasilnya akan dibandingkan menggunakan histori permintaan pengguna sebelumnya, lalu sistem akan merumuskan respons yang paling sesuai pada database. Banyak orang menjadi kan Virtual Assistant untuk membantu kegiatan sehari-hari.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari Virtual Assistant berbasis AI untuk mempermudah aktivitas sehari-hari

1. Mengirim pesan

Ketika kamu sedang sibuk mengejar deadline pekerjaan namun harus mengirimkan pesan ke rekan kerja atau atasan, Virtual Assistant bisa menjadi solusi. Hal ini yang disebut dengan multitasking dan menghemat waktu secara optimal. Contohnya seperti Google Assistant cukup dengan mengatakan “oke google kirim pesan ke…” maka pesan yang ingin kamu sampaikan akan dibuat dan dapat diedit sebelum benar-benar dikirim.

2. Memberi tahu kondisi lalu lintas

Bagi kamu yang tinggal dan bekerja di Indonesia terutama di kota besar, kemacetan adalah hal yang umum dan sering ditemukan sehari-hari. Apalagi pada waktu berangkat dan pulang kerja.

Virtual Assistant dapat digunakan untuk memberi tahu kondisi lalu lintas. Contohnya pada Google Assistant, Kamu bisa meminta Google Assistant untuk menemukan rute terbaik ketika ingin pergi ke suatu tempat, termasuk pulang ke rumah. Produk Google yang satu ini terkoneksi dengan Google Maps dan Waze.

Tentunya dengan mengetahui kondisi lalu lintas sebelum bepergian dapat menjadikan perjalanan lebih efektif karena dapat memilih rute yang lebih cepat.

3. Memutar musik dan vidio

Memutar musik dan video dari layanan Virtual Assistant juga dapat dilakukan dengan mudah. Pada Google Assistant misalnya cukup dengan mengucapkan “oke google putar lagu taylor swift di spotify” Google Assistant pun akan langsung menjalankan perintah tersebut. Jadi tidak perlu membuka aplikasi pemutar lagu.

4. Menemukan file yang dicari

Daripada ribet mencari file satu per satu, gunakan saja Virtual Assistant untuk menemukan file yang sedang dicari. Asisten virtual ini bisa mencari file yang terintegrasi. Tentu ini sangat diperlukan bagi pengguna yang memiliki banyak file yang sudah menumpuk, tapi kesulitan mencari file yang dimaksud. Mudahnya, manfaatkan saja layanan ini.

5. Menerjemahkan kalimat

Sebenarnya, kamu juga bisa menggunakan Google Search yang mampu menerjemahkan kalimat seperti Google Translate. Namun, Virtual Assistant ternyata juga bisa melakukan pekerjaan serupa. Hasil terjemahannya pun nanti akan ditampilkan pada layar, bersamaan dengan pengucapan hasil terjemahannya.

So, buat kamu yang ingin belajar bahasa asing, bisa banget memanfaatkan fitur yang satu ini.

Nah itu tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Virtual Assistant untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 77 − 70 =