Meningkatkan Minat Baca MenggunakanAplikasi IPusnas

“Buku adalah jendela ilmu”
Ya, itulah pepatah yang sering diucapkan untuk hal yang berkaitan dengan buku. Banyak hal akan kita dapat ketika kita membaca buku. Aku jadi ingat ungkapan salah satu tokoh penting di Indonesia, yaitu Bapak Mohammad Hatta. Kira-kira ungkapannya seperti ini “Aku rela dipenjara, asalkan dengan buku karena dengan buku aku bebas.” Dari ungkapan tersebut aku menyimpulkan bahwa memang buku memiliki peran penting. Segudang manfaat juga bisa kita dapat ketika kita membaca buku. Misal, ketika membaca buku fiksi tentu kita akan menjumpai permasalahan yang disajikan penulis dalam buku. Nah, penyelesaian masalah yang tertulis dalam buku fiksi tersebut akan mengajarkan kita untuk melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Selain itu, manfaat lain dari membaca adalah menambah wawasan, meningkatkan kepercayaan diri, dan merilekskan diri ketika sedang lelah.

Nah, buat kalian yang ngga suka baca buku atau kadang males kalau mau baca buku, aku punya beberapa tips yang bisa diterapin, lho! Apa aja sih tipsnya, yuk kita bahas!

1. Membaca 15 sampai 30 menit setiap hari

15 sampai 30 menit mungkin rasanya akan lama kalau membacanya ngga dinikmati, tapi hal ini harus dipaksakan. Coba deh lakuin hal itu selama 1 minggu, pasti lama kelamaan akan terbiasa. Nah, karena terbiasa itu nantinya akan kecanduan dan ngerasa ada yang berbeda kalau kamu ngga baca buku.

2. Membaca buku berdasarkan hal yang disukai

Nah, tips kedua ini aku pakai saat awal-awal menyukai kegiatan membaca. Jadi, misal kamu suka tentang desain, kamu bisa mencoba untuk membaca buku yang berkaitan dengan desain juga. Kalau aku karena menyukai fiksi, jadi aku lebih tertarik baca novel atau kumpulan cerpen. Selain bisa menambah wawasan kamu terhadap hal yang kamu sukai, tips ini juga akan menambah minat kamu dalam membaca buku, lho!

3. Mengisi waktu luang dengan membaca

Kadang tuh suka males kalau baca buku versi cetak karena, ya kurang efektif aja kalau mau di bawa pergi. Atau terkadang sering kelupaan kalau mau pergi-pergi. Udah disiapin nih bukanya, ehh ngga taunya ketinggalan. Buat yang ngga mau ribet tenang aja kalian ngga harus baca buku versi cetak karena bisa baca lewat ponsel android kalian. Hah, masa sih? gimana caranya? Nah, buat kalian yang suka lupa atau males bawa buku versi cetak, kalian wajib banget punya aplikasi IPusnas. IPusnas adalah aplikasi aplikasi yang dipersembahkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tentu saja salah satu tujuan dibuatnya aplikasi tersebut adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses buku. Jadi, kegiatan membaca akan lebih fleksibel karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Aplikasi ini bisa kalian download di Playstore ataupun Appstore. Oiya, untuk kalian yang belum tau gimana caranya memakai aplikasi IPusnas, kalian bisa klik link di bawah, ya!

4. Niatkan diri

Tips ini ngga kalah penting dari tips-tips sebelumnya. Karena segala sesuatu itu tergantung pada niat. Jadi, sebisa mungkin niatkan membaca buku itu untuk bisa menambah ilmu atau pengetahuan kita.

Nah, sekarang sudah tau tips untuk meningkatkan minat baca bukan? Setelah membaca artikel ini jangan lupa untuk dipraktikkan, ya! dan jangan lupa untuk melihat tutorial menggunakan aplikasi IPusnas yang sudah dibahas di atas.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *