PENIPUAN DALAM JUAL BELI ONLINE DAN PENCEGAHANNYA BAGI MASYARAKAT UMUM

Di era yang serba digital seperti sekarang ini menimbulkan perubahan juga dengan gaya belanja yang ada di dalam lingkungan masyarakat, di mulai dengan munculnya berbagai macam platfrom yang menyediakan terjadinya transaksi jual beli yang bisa di akses oleh banyak orang di seluruh dunia. Tetapi kemajuan teknologi ini tidak di barengi dengan berkembangnya pola pikir masyarakat, sehingga banyak memunculkan kejadi – kejadian penipuan jual beli online karena kurang nya pengetahuan masyarakat tentang dunia digital, atau pasar digital yang sudah marak. Berikut adalah sedikit banyak kejadian penipuan jual beli online yang sering terjadi :
1. Memakai platfrom yang kurang aman
Terkadang kita melakukan transaksi jual beli online hanya melalui media chatting yang dimana itu adalah sistem nya kepercayaan, dimana si penjual akan menawarkan jualannya di grup – grup media sosial dan melanjutkan transaksi nya pada chat pribadi. Banyak sekali yang mengalami kejadian ini, tertipu oleh orang dengan iming – iming barang yang lebih murah sehingga di anggapnya akan lebih untung untuk di jual lagi, tanpa memikirkan resiko yang ada jika itu dilakukan dengan chat saja dan mentransfer uang terlebih dahulu sebelum barang di kirim. Akhirnya banyak kejadian di mana setelah pembeli mentransferkan sejumlah uang, yang terjadi selanjutnya adalah pemblokiran kontak guna memutus komunikasi.
2. Mendapatkan barang yang tidak sesuai sehingga merasa tertipu
Kegiatan jual beli online tentukan kita menggunakan media foto untuk menawarkan barang yang akan kita jual, tetapi masih banyak penjual yang ingin mendapatkan untung banyak sehingga membuat barang tiruan yang kemiripannya hanya 70% dengan gambar yang di sampaikan kepada pembeli. Hal ini sering terjadi baik jual beli yang ada di grup – grup media sosial maupun marketplace yang bisa di bilang sebagai tempat yang aman.
3. Membeli barang apa, yang dikirim nya beda
Hal ini di awal awal kemunculan marketplace sering terjadi karena kurang pahamnya masyarakat dengan teknologi yang ada, sehingga penjual nakal memanfaatkan keadaan ini. Di mana masyarakat menginginkan barang A yang datang yaitu barang B yang nilai jualnya jauh dibawah barang yang di inginkan.
Diatas sudah disebutkan sedikit penipuan yang sering terjadi pada proses jual beli online, dalam proses nya tentu bisa dilihat tidak pasti mengenai uang yang hilang atau barang yang tak kunjung sampai, tetapi pada proses di dalam jual beli itu sendiri kadang ada terjadi penipuan kepercayaan sehingga banyak masyarakat yang kurang percaya dengan proses jual beli online dan lebih memilih proses konvensional. Tetapi ini tentu bisa di atasi dengan edukasi yang cukup kepada masyarakat sehingga dapat mengurangi resiko yang dapat merugikan pembeli dalam jual beli online
Berikut sedikit tips sebelum anda melakukan transaksi jual beli online :

1. Memilih platfrom yang sudah terpercaya dan banyak pengguna nya
2. Jangan pernah melakukan transaksi secara langsung jika itu dengan orang yang baru dikenal
3. Sebelum membeli ada baiknya melihat rating dan ulasan yang ada di dalam toko tersebut
4. Hindari toko yang mencurigakan sehingga membuat anda ragu untuk membeli di toko tersebut
5. Mengecek barang yang sudah sampai, ketika barang sudah sesuai maka uang dapat dilanjutkan ke penjual, tetapi jika ada yang salah anda bisa komplain dan mengurusnya dengan penjual.
Sekian sedikit tips yang mungkin bisa bermanfaat dalam menghindari anda dalam penipuan jual beli online yang semakin marak terjadi, tetap menggunakan platfrom yang terpercaya sehingga anda tetap nyaman dalam berbelanja.

Link Video :

mohamadsujai05

mahasiswa bimbingan dan konseling S1 - Universitas Negeri Semarang

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.