Crimping Kabel Jaringan Untuk Membangun Sebuah Jaringan Komputer

Networking

Membangun Sebuah Jaringan

(Crimping)

Dalam membangun sebuah jaringan komputer, kita pasti memerlukan kabel untuk menghubungkan antara komputer dengan komputer lainnya, ataupun dengan device lainnya. Jadi untuk menghubungkan antara device dengan device yang lain, kita perlu membuat kabel yang dapat digunakan untuk menghubungkan device ataupun komputer yang ada.

Nah untuk itu, kita perlu melakukan crimping atau dapat dikatakan dengan sebuah proses menghubungkan kabel jaringan agar dapat menjadi sebuah kabel yang dapat digunakan untuk membangun sebuah jaringan.

Lalu bagaimana dengan kabel yang akan digunakan? Apakah bisa dengan sembarangan kabel yang kita beli di toko elektronik? Tentu saja tidak. Dalam mengkoneksikan atau membuat sebuah jaringan kita hanya bisa menggunakan beberapa jenis kabel saja, yaitu:

  • Kabel Coaxial
  • Kabel Fiber Optic
  • Kabel Twisted-Pair

Nah, untuk menghubungkan antara satu device dengan device lainnya dalam membangun sebuah jaringan, umumnya untuk jenis kabel yang digunakan adalah kabel Twisted-Pair, kabel Twisted-Pair sendiri terbagi menjadi 2 macam, yaitu Unshielded Twisted-Pair (UTP) dan Shielded Twisted-Pair (STP), perbedaan antara kedua kabel ini terletak pada pelindung yang ada di dalam kabelnya, untuk kabel UTP tidak memiliki pelindung, sedangkan untuk kabel STP memiliki pelindung.

Pada praktikum kali saya akan mengcrimping kabel dengan jenis UTP dengan susunan warna atau jenis pemasangan kabel menggunakan konfigurasi kabel straight, yaitu susunan warna kabel yang sama di kedua ujungnya. Dan terdapat 1 konfigurasi, yaitu kabel cross yang memiliki susunan warna kabel di kedua ujungnya berbeda.

Kemudian untuk melakukan praktikumnya kita akan membutuhkan alat dan bahan sebagai berikut:

  1. Kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair)
  2. Crimping Tool
  3. 2 buah Konektor RJ-45
  4. Lan Tester atau Cable Tester

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghubungkan kabel tersebut agar dapat digunakan dalam mengkoneksikan perangkat jaringan komputer atau crimping adalah sebagai berikut:

  1. Untuk langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang sudah dijelaskan diatas
alat dan bahan crimping kabel jaringan
  1. Kemudian kupas bagian luar kabel (jaket) menggunakan pisau pada crimping tool (sebuah mata pisau yang berhadapan dengan cekungan untuk tempat kabel), kira-kira sepanjang 2 cm.
jaket kabel sudah terkupas
  1. Jika jaketnya sudah terlepas, uraikan tiap kabel kecil-kecil didalamnya, rapikan dan luruskan untuk mempermudah pengurutan warna.
merapikan dan membedakan warna kabel jaringan
  1. Karena pada praktikum kali ini saya akan membuat kabel UTP Straight, maka tiap ujung kabel penyusunan warnanya akan sama yaitu : putih-oren, oren, putih-hijau, biru, putih-biru, biru, putih-coklat, coklat.
susunan warna crimping kabel straight
  1. Setelah itu rapikan kabel yang telah diurutkan tadi, kemudian dipotong sedikit menggunakan mata pisau pada crimping tool. Pemotongan dilakuan supaya dibagian ujungnya rata.
merapikan ujung kabel agar rata
  1. Jika sudah rata, masukkan kabel pada konektor RJ-45. Pastikan jarak antara ujung kabel sampai batas pengelupasan kabel tidak lebih dari 1 cm. Pemasanganya harus sesuai dengan urutan kabel, kabel pertama juga harus masuk ke lubang pertama.
memasukkan kabel ke rj-45
  1. Dengan tetap menekan perbatasan antara kabel yang terbungkus dan kabel yang tidak terbungkus, coba masukan kabel ke konektor RJ-45 sampai ujung-ujung kabel terlihat dibagian depan konektor RJ-45. Kalau masih belum terlihat, tekan terus kabel sambil dipastikan bahwa posisi kabel tidak berubah.
memasukkan dan menekan kabel ke konektor rj-45
  1. Setelah yakin posisi kabel tidak berubah dan kabel sudah masuk dengan baik pada konektor RJ-45, selanjutnya masukan konektor RJ-45 tersebut ke crimping tool untuk di pres. Ketika konektor dalam kondisi didalam crimping tool kita bisa memastikan kembali kabel sudah sepenuhnya menyentuh bagian dapet RJ-45 dengan cara mendorong kabel kedalam RJ-45. Pastikan juga bahwa bagian pembungkus kabel sebagian masuk kedalam konektor RJ-45.
mengpress konektor dengan crimping tool
  1. Jika semua kabel telah menyentuh ujung konektor, tekan crimping tool supaya konektor bisa mengunci kabel. Pastikan kabel tidak bisa bergoyang lagi
mengpress konektor dengan crimping tool
  1. Kemudian lakukan juga langkah-langkah tadi pada ujung kabel yang satunya.
kedua ujung kabel telah dicrimping
  1. Jika sudah ter-crimping dengan baik pada kedua ujung kabel, langkah berikutnya adalah mengecek apakah kabel yang kita crimping bisa berfungsi dengan baik. Caranya yaitu dengan menggunakan Cable Tester yang sudah kita siapkan, lalu masukkan kedua konektor RJ-45 pada kabel ke port yang ada pada Cable Tester dan menekan tombol ON. Lalu amati apa yang terjadi. Jika lampu menyala dari nomor 1 sampai dengan 8, maka kabel yang kita cramping telah benar. Namun jika tidak ada yang nyala kemungkinan pemasangan kita salah, kesalahan yang paling dominan dalam melakukan crimping yaitu terletak pada kurang menempelnya kabel di ujung konektor RJ-45.
mengetest kabel yang telah dicrimping

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat video dibawah ini. Semoga Membantu

Irzan Luthfi Al Khalid

Satu dari 7 miliar manusia bumi, "Jangan pernah berhenti bernafas". @irzannn25

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.