CRIMPING KABEL LAN UNTUK PEMAKAIAN VPN SERVER DAN WIFI MIKROTIK AWAL

Abstrak

Di dalam sebuah jaringan computer terdapat pembahasan mengenai vpn server ,dimana vpn server sendiri telah menjadi bagian jaringan computer yang sangat berguna untuk keamanan jaringan dan juga bisa menjadi salah satu fungi untuk remote sebuah device dalam satu jaringan yang dihubungkan melalui sebuah ip public ,selain itu juga vpn server bisa mengamankan jaringan antar perusahaan perusahaan atau instansi instansi saat mengirimkan data data dengan aman . Dengan menggunakan vpn server seseorang dapat me remote juga device device seperti mikrotik, salah satu penggunaannya digunakan dalam praktikum kami yakitu percobaan menggunakan mikrotik untuk  pembuatan wifi awal untuk digunakan agar dapat terhubung ke internet, wifi mikrotik tersebut membutuhkan koneksi internet juga ,disini kami menggunakan jaringan internet yang terhubung dengan jaringan komputer UNNES. Dengan adanya wifi mikrotik tersebut dan adanya vpn server yang telah dibuat akan memberikan keamanan pada jaringan dan koneksi internet yang sesuai dengan jaringan komputer unnes dimana wifi mikrotik tersebut dapat digunakan untuk berbagai device mulai dari smarthphone sampai laptop.

Kata Kunci : vpn server, wifi mikrotik, jaringan komputer, remote device.

Abstract

In a computer network there is a discussion about VPN server, where the VPN server itself has become a part of the computer network that is very useful for network security and can also be one of the fungi for remote devices in a network connected through a public IP, in addition to VPN servers can secure networks between corporate companies or agency agencies when sending data data safely. By using a VPN server one can remotely also device devices such as microtics, one of its uses is used in our practicum that experiments use microtics for the creation of early wifi to be used in order to connect to the internet, the microtic wifi requires an internet connection as well, here we use an internet network connected to the UNNES computer network. With the microtic wifi and the existence of a VPN server that has been created will provide security on the network and internet connection that is in accordance with the computer network unnes where the microtic wifi can be used for various devices ranging from smarthphone to laptop.

Keywords: VPN server, microtic wifi, computer network, remote device.

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Pengertian

VPN atau Virtual Private Network merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi yang dilakukan melalui jaringan internet. Secara umum, VPN juga dapat berarti sebagai sebuah jaringan virtual pribadi. Maksudnya adalah, user nantinya akan memiliki sebuah jaringan pribadi tersendiri untuk melakukan akses terhadap internet, akan tetapi jaringan pribadi tersebut dibuat secara virtual oleh fitur yang dimiliki oleh PC desktop ataupun program lainnya. Mikrotik merupakan sistem operasi Linux base yang digunakan untuk network router. Mikrotik didesain untuk memberi kemudahan bagi para penggunanya.Sistem administrasinya bisa diterapkan dengan menggunakan Windows Application (Winbox). Selain itu, proses instalasi juga bisa dilakukan dengan mengunakan Standard Computer. PC yang digunakan untuk router mikrotik juga tidak membutuhkan resource yang besar untuk penggunaannya. Karena digunakan untuk satu fungsi saja, misalnya gateway dan sebagainya. Tentu untuk router mikrotiknya juga harus dipilih yang paling memadai agar kinerja tidak terganggu. Anda yang ingin belajar mikrotik lebih jauh, simak saja ulasan berikut.

  1. Manfaat
  2. VPN Server
  3. Keamanan

Saat Anda terhubung ke jaringan melalui VPN, data disimpan dan dienkripsi.  Dengan cara ini, informasi berada jauh dari mata para peretas.

  • Remote Control

Dalam kasus perusahaan, keuntungan besar memiliki VPN adalah bahwa informasi dapat diakses dari jarak jauh bahkan dari rumah atau dari tempat lain.  Itu sebabnya VPN dapat meningkatkan produktivitas dalam perusahaan.

  • Membagikan File

Layanan VPN dapat digunakan jika Anda memiliki grup yang perlu berbagi data untuk waktu yang lama.

  • Anonimitas Daring

Melalui VPN, Anda dapat menjelajahi web dengan anonimitas lengkap.  Dibandingkan menyembunyikan perangkat lunak IP atau proksi website, keuntungan dari layanan VPN adalah memungkinkan Anda mengakses aplikasi web dan situs web secara anonimitas.

  • WIFI Mikrotik
  • Untuk memblokir situs-situs yang mengandung konten terlarang menggunakan proxy di mikrotik sehingga mendukung program pemerintah berupa penggunaan internet positif,
  • Mikrotik berfungsi untuk pengaturan dan konfigurasi LAN menggunakan PC Mikrotik Router OS beserta perangkat keras yang sangat rendah,
  • Pengaturan jaringan internet yang dapat dilakukan secara terpusat sehingga memudahkan admin dalam mengelola.
  • Dapat digunakan sebagai billing hotspot yang mempermudah konfigurasi dan pembagian bandwidth pada jaringan,
  • Dapat digunakan untuk pembuatan PPPoE Server,
  • Mampu memisahkan bandwidth traffic internasional dan lokal
  1. Kekurangan
  2. VPN Server
  3. Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita hanya “nebeng” koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.
  4. Perhatian lebih terhadap keamanan. Lagi-lagi karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN.
  5. Rawan Penyadapan
  6. Tidak ada Kendali Utama Pengguna
  7. Perangkat Tidak Sesuai
  8. Tidak Adanya Standar Yang Memenuhi
  9. Wifi Mikrotik
  10. Spek hardwarenya terbatas (CPU, Main Storage/NAND,RAM)
  11. Kurang bagus bila digunakan sebagai Web Proxy Internal
  12. Bila ada kerusakan di hardware yang tidak parah masih bisa di perbaiki tapi kalau parah terpaksa beli yang baru dan Tidak bisa upgarde hardware.
  1. Alat dan Bahan (Crimping)
  2. Kabel LAN
  • Rj45
  • Crimping Tool
  • LAN Tester

BAB II

HASIL dan PEMBAHASAN

  • Langkah Crimping Kabel LAN
  1. Meemotong kabel LAN dengan Crimping tool, sehingga bagian luar atau kulit kabel terlepas, sekitar sepanjang 2 cm , lakukan pemotongan melingkar dan hati hati agar kabel tidak ikut putus (berwarna)
  • Kemudian potong bagian yang tidak digunakan dalam kabel LAN seperti bagian putih sama serabut, dengan memperhatikan kabel agar tidak terpotong. Agar memudahkan dalam pemasangan ke rj45
  • Kemudian pisahkan lilitan kabel agar menjadi bagian bagian warna tersendiri untuk mempermudah penggolongannya.
  • Luruskan kabel hingga gelombang pada kabel berkurang atau bisa sampai hilang agar dalam memasangkan ke RJ45 menjadi mudah dan sesuai, disini saya menggunakan bantuan spidol untuk mebuat lurus kabel
  • Setelah itu urutkan warna kabel sesuai dengan tipe kabel yang diingin kan, disini saya menggunakan type straight dimana kedua ujung kabel mempunyai urutan warna sama .
  • Setelah memastikan urutan warna kabel sesuai potong kabel dengan ukuran sesuai dengan RJ45 kurang lebih 2cm ,pemotongan menggunakan crimping tool.
  • Masukkan kabel yang telah dipotong sesuai tadi ke dalam RJ45 dan pastikan warna sudah diurutkan sesuai type kabel, jika tidak maka kabel tidak akan berfungsi, masukan kabel sampai ke ujung rj45 dan pastikan bahwa ujung tembaga kabel menyentuh ujung rj45.
  • Setelah dipastikan kabel masuk dan sesuai dengan ketentuan type kemudian press dengan crimping tool agar kabel terpasang dengan benar agar tidak terlepas saat penguunaan. Dan pastikan lagi sebelum press untuk mengecek apakah kabel sudah sesuai,bisa disesuaikan terlebih dahulu agar tidak mengulang.
  • Kemudian lakukan hal yang sama kepada ujung yang satunya, pastikan dikarenakan ini straight maka warna antara satu ujung dengan ujung satunya sama
  1. Setelah dirasa sesuai dan pas kemudian lakukan pengujian kepada kabel, disini saya menguji kabel dengan menggunakan LAN Tester.

Video Praktikum saya dapat dilihat di youtube :

Link : https://youtu.be/pHm1AhfVdS0

BAB III

KESIMPULAN

           Dari percobaan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa dengan adanya vpn server maka kita dapat meremote sebuah device yang ingin kita kontrol ,vpn server juga sangat berguna dalam pengamanan jaringan komputer, selain itu wifi mikrotik merupakan pembuatan wifi secara simple yang memudahkan orang orang untuk dapat terhubung dalam satu gateway sehingga lalu lintas jaringan internet dapat terpantau. Dalam praktikum crimping dibutuhkan kehati hatian dalam pembuatan kabel lan agar terpasang RJ45 jika gagal maka kabel yang telah di set up tidak dapat digunakan.

           VPN atau Virtual Private Network merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi yang dilakukan melalui jaringan internet. Dengan gabungan antara vpn server dan wifi mikrotik yang tehubung kedalam ip public maka jaringan akan menjadi lebih aman .

WIFI Mikrotik

  • Untuk memblokir situs-situs yang mengandung konten terlarang menggunakan proxy di mikrotik sehingga mendukung program pemerintah berupa penggunaan internet positif,
  • Mikrotik berfungsi untuk pengaturan dan konfigurasi LAN menggunakan PC Mikrotik Router OS beserta perangkat keras yang sangat rendah,

VPN Server

  • Keamanan

Saat Anda terhubung ke jaringan melalui VPN, data disimpan dan dienkripsi.  Dengan cara ini, informasi berada jauh dari mata para peretas.

  • Remote Control

Dalam kasus perusahaan, keuntungan besar memiliki VPN adalah bahwa informasi dapat diakses dari jarak jauh bahkan dari rumah atau dari tempat lain.  Itu sebabnya VPN dapat meningkatkan produktivitas dalam perusahaan.

BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

Statistik Pemakaian VPN dan Privasi Data untuk 2018, (https://id.vpnmentor.com/blog/statistik-penggunaan-vpn-dan-privasi-data/) diakses pada 10 Desember 2018

Mason, Andrew G. (2002). Cisco secure virtual private networks. Internet Archive. Indianapolis, IN : Cisco Press.istik-penggunaan-vpn-dan-privasi-data/) diakses pada 10 Desember 2021

https://raharja.ac.id/2020/04/30/14793/ / diakses pada 10 Dsember 2021

https://www.ekrut.com/media/vpn-adalah diakses pada 10 Desember 2021

https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-vpn/ diakses pada 10 Desember 2021

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.