Administrasi Jaringan Komputer (Konfigurasi router dan Keamanan Standar)

ADMINISTRASI JARINGAN


1.1 Topik :
1) Mengkonfigurasi Router
2) Mengkonfigurasi Keamanan Standar


Link Youtube : https://youtu.be/IIf3eCjdfCI


1.2 Pengertian

Jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung atau terkoneksi antara satu dengan yang lain dan digunakan untuk berbagai sumber data. Administrasi jaringan komputer adalah sebuah pekerjaan dari para administrator jaringan yang bertugas untuk mengatur sebuah jaringan komputer baik dalam skala kecil maupun skala besar. Dalam sebuah pembuatan administrasi jaringan komputer terdapat beberapa yang diperlukan agar terkoneksi satu sama lain, yaitu router, switch, kabel LAN, kabel Console, dan LAN tester. Administrasi Jaringan Komputer memiliki beberapa langkah – langkah agar dapat terkoneksi pada konfigurasi pada router, mengset VLAN, konfigurasi DHCP, Routing EIGRP, konfigurasi SSH, konfigurasi switch port, konfigurasi NAT, konfigurasi ACL, dan Konfigurasi keamanan standar. Pada administrasi jaringan memiliki beberapa fungsi, yaitu untuk membuat server, mengelola jaringan yang tersambung dengan server, memonitor jaringan, mengamankan transfer data dalam jaringan tersebut. Dalam hal ini router adalah sebuah alat (Hardware) yang berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan yang berbeda. Routing adalah suatu protokol yang digunakan untuk mendapatkan rute dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Rute ini, disebut dengan route dan informasi route secara dinamis dapat diberikan ke router yang lain ataupun dapat diberikan secara statis ke router lain. Routing adalah proses dimana suatu router mem-forward paket ke jaringan yang dituju. Suatu router membuat keputusan berdasarkan IP address yang dituju oleh paket. Semua router menggunakan IP address tujuan untuk mengirim paket. Agar keputusan routing tersebut benar, router harus belajar bagaimana untuk mencapai tujuan. Ketika router menggunakan routing dinamis, informasi ini dipelajari dari router yang lain. Konfigurasi keamanan standar adalah membuat suatu keamanan pada router dengan memberi password.


1.3 Langkah – langkah


A. KONFIGURASI ROUTER (IP DHCP)


1) Siapkan alat yang diperlukan untuk routing (laptop, router, dan kabel LAN)

Kabel LAN
Router Cisco


2) Kemudian hubungkan kabel LAN dan router pada port g0/0, tetapi sebelum itu install software putty terlebih dahulu untuk menjalankan routing tersebut.


3) Setelah berhasil menginstall putty, selanjutnya download driverinstaller yang berfungsi untuk menjadi buku panduanya komputer agar bisa mengenali dan menjalankan hardware yang terpasang.

4) Kemudian cek terlebih dahulu untuk mengetahui kita berada pada COM berapa, setelahnya masuk ke putty kemudian setting menjadi line COM5 dengan type serial.


5) Selanjutnya akan berada pada cmd putty com5, kemudian menuliskan konfigurasi pada router tersebut dengan masing – masing nama dhcp-nya seperti contoh dibawah ini.


6) Lakukan hal yang sama seperti diatas hingga penamaan ip dhcp hingga yang terakhir.


7) Setelah melakukan konfigursi ip pada masing – masing router, selanjutnya kita cek apakah ip tersebut sudah terkoneksi.
8) Untuk cek apakah ip tersebut sudah terkoneksi, langkah pertama yaitu masuk ke wifi yaitu pada “Network & Internet Settings”.


9) Selanjutnya masuk ke “change adapter options”.


10) Kemudian untuk tampilan selanjutnya seperti dibawah ini, kita masuk ke bagian “Ethernet”.


11) Setelah itu, kita masuk ke “properties” kemudian cari “Internet Protocol Version 4(TCP/Ipv4)”.


12) Kemudian pilih “Use the following IP address” terlebih dahulu, setelah itu klik “obtain an IP address automatically” lagi kemudian kita “OK”. Karena disini kita mengkonfigurasi router secara dinamis, dimana sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing secara otomatis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan antara router lainnya.


13) Tunggu beberapa detik, kemudian masuk lagi ke “Ethernet” dengan mengecek pada “details”. Setelah itu akan muncul “IPv4 address dan Subnet Mask ” pada konfigurasi router tersebut.


B. MENGKONFIGURASI KEAMANAN STANDAR

  1. Untuk mengkonfigurasi keamanan standar pada router cisco, langkah pertama masuk ke com5 pada putty kemudian konfigurasi dengan password yag akan digunakan, seperti pada gambar dibawah ini

2. Kemudian setelah mengkonfigurasi keamanan standar, setelah itu kita membuat banner pada router tersebut

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 20 − = 10