Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Branding Brand Fashion Lokal

Perkembangan Teknologi Dari Waktu ke Waktu

Di zaman yang serba modern seperti ini, kecanggihan teknologi seperti sudah tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia. Manusia semakin berlomba-lomba untuk dapat menciptakan sesuatu yang baru dan dapat mempermudah pekerjaannya.  Perkembangan teknologi di zaman sekarang ini bisa dikatakan sangat canggih dan pesat. Hal tersebut dapat dibuktikan  dengan banyaknya inovasi baru dalam bidang teknologi yang hampir masuk ke seluruh aspek kehidupan seperti inovasi teknologi

platform online yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah sosial media. Dalam laporan berjudul Digital 2021 : The Latest Insight Into The State of Digital, disebutkan bahwa dari total 274,9 juta jiwa penduduk Indonesia, 170 juta jiwa diantaranya setelah menggunakan sosial media. Angka tersebut meningkat 10 juta atau sekitar 6,3% dibandingkan tahun 2020. Bahkan nama Indonesia sendiri tercatat dalam daftar 10 besar negara yang kecanduan sosial media.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang turut serta merasakan dan mengikuti perkembangan teknologi dunia yang luar biasa. Contoh indikator perkembangan teknologi di Indonesia yang bisa dilihat adalah dengan banyaknya jumlah pengguna internet di Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 175,4 juta jiwa. Jumlah tersebut merupakan angka yang sangat besar, sehingga tidak heran apabila Indonesia memasuki peringkat ke-8 pengguna internet terbanyak di dunia. Mudahnya akses internet di Indonesia, memberikan ruang bagi semua orang untuk melakukan kegiatan apapun melalui platform online. Perkembangan infrastruktur internet yang memadai seperti WiFi, jaringan fiber dan lain-lain memudahkan masyarakat dalam menggunakan internet. 

Merebaknya Pengguna Sosial Media di Indonesia

Beragam aplikasi sosial media bermunculan di Indonesia. Sosial media tersebut hadir dalam bentuk dan fitur yang berbeda-beda, sesuai dengan tujuan penggunaannya. Ada beberapa sosial media yang sangat populer di Indonesia. Diantaranya yaitu YouTube dengan pengguna sebanyak 93,8% dari jumlah populasi penduduk Indonesia, WhatsApp dengan pengguna sebanyak 87,7% dari jumlah populasi penduduk Indonesia, Instagram dengan jumlah pengguna sebanyak 86,6% dari jumlah populasi, Facebook dengan pengguna sebanyak 85,5% dari jumlah populasi di Indonesia, Twitter sebanyak 63,6% dari jumlah populasi penduduk Indonesia, dan Tik Tok dengan jumlah pengguna sebanyak 35,6% dari jumlah populasi penduduk di Indonesia . Aplikasi aplikasi tersebut, merupakan aplikasi sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia. Tujuan utama aplikasi tersebut adalah kemudahan dalam berkomunikasi dan berinteraksi secara virtual dengan pengguna yang lain . Sosial media juga dianggap sebagai media hiburan yang paling murah, sehingga banyak orang yang mengakses sosial media sebagai sarana hiburan untuk mengisi kejenuhan.

Fenomena Tiktok Viral di Indonesia

Salah satu aplikasi media sosial populer yang digunakan sebagai media hiburan adalah tiktok. Tiktok menjadi salah satu platform media sosial yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tiktok merupakan aplikasi jejaring sosial yang dilengkapi dengan fitur video music dan berbagi klip video pendek, music serta filter. Tujuan dari Aplikasi ini adalah memudahkan penggunanya untuk membuat video pendek yang unik dengan cepat dan mudah. Awal mulanya tiktok berasal dari negeri Tiongkok yang diluncurkan pada awal September 2016 oleh seorang pengusaha bernama Zhang Yiming. Di negara asal, aplikasi ini lebih dikenal dengan nama douyin.

Jika melihat dari kilas balik tahun 2018, aplikasi tiktok menjadi salah satu aplikasi yang viral di Indonesia. Aplikasi tersebut pernah di blokir oleh Kominfo karena dianggap memberikan konten yang tidak mendidik dan dikhawatirkan memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Namun jika melihat perkembangan nya sekarang ini, justru tiktok menjadi salah satu gudang informasi bermanfaat di dalamnya. Aplikasi tiktok tidak hanya digunakan untuk media hiburan saja dengan berjoget-joget, namun tiktok telah berevolusi menjadi platform sosial media yang memberi banyak sumber pengetahuan dan dijadikan ladang bisnis

Tiktok di masa sekarang ini banyak menghadirkan konten-konten yang berkualitas. Semua informasi hampir ada dalam sosial media tiktok, mulai dari informasi seputar kesehatan, keuangan, politik, bisnis, hingga teknologi sekalipun. Media sosial tiktok juga mulai di lirik oleh para pemilik usaha bisnis, khususnya pengusaha fashion. 

Pemilik brand fashion lokal tidak hanya mempromosikan produknya secara konvensional, namun juga merambah ke dunia digital.  Melihat data dari pengguna sosial media diatas, tentu menjadi peluang yang besar untuk brand fashion lokal bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat Indonesia..

Pelaku usaha di bidang fashion semakin melebarkan sayap branding di media sosial melalui berbagai konten yang sangat menarik. Bahkan beberapa perusahaan harus merekrut tim khusus untuk bisa mengelola konten branding brand tersebut. 

Menurut pemilik brand fashion lokal, tiktok terbilang sangat efektif untuk bisa memperkenalkan produk mereka, produk yang dikenal secara lebih luas akan memudahkan dalam penjualan. Beberapa pemilik brand fashion lokal mengakui bahwa tiktok turut memberikan dampak terhadap omset penjualan mereka.

Berikut ini adalah tutorial penggunaan aplikasi tiktok sebagai media branding untuk memperkenalkan produk.

Kecanggihan teknologi itu ibaratnya seperti pisau bermata dua, jika tidak berhati-hati dalam menggunakan, maka akan bisa memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Namun jika dapat dimanfaatkan secara baik, maka kecanggihan teknologi justru akan memberikan peluang yang besar bagi penggunanya

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.