Jual Beli Karya Digital NFT di Marketplace Opensea

Sebelum masuk ke cara cara penjualan karya digital di NFT perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu NFT. Pengertian NFT sendiri adalah token yang dapat digunakan untuk mempresentasikan kepemilikan item unik. Semua bentuk item yang unik dan tidak bisa ditukarkan dengan ditandai di dunia NFT. Contohnya adalah karya seni, barang koleksi, hingga property. Benda benda tersebut unik karena tidak dapat tergantikan dengan apapun. Item item yang ditukarkan dengan barang unik tersebut bisa berupa mata uang rupiah, mata uang dolar, bitcoin, ETH, dan sebagainnya.

Didalam NFT satu item hanya dapat menjadi kepunyaan satu pihak pada suatu waktu, yang kemudian akan diamankan oleh blokchain Ethereum. Jika NFT sudah tersegel dijaringan itu maka tidak aka nada yang bisa merubah riwayat kepemilikannya. Seseorang yang menggunakan NFT juga tidak akan bisa menggandakan NFT yang telah dibeli oleh seseorang.

Contoh NFT :

Seseorang bernama Ghozali yang mendadak viral karena berhasil menjual foto foto selfie miliknya dengan format NFT dengan nilai miliaran rupiah. Dia menjual Karya seni berupa foto selfie unik dirinya di marketplace bernama OPENSEA. Foto foto ghozali di platform marketplace yang biasa digunakan penjual, pembeli, dan creator asset digital untuk bertransaksi dengan mata uang kripto Ethereum (ETH).

Setelah mengetahui apa itu NFT, NFT yang akan dijual di marketplace seperti OpenSea atau marketplace lainnya setidaknya harus memliki tiga opsi syarat utama agar cepat laku di pasar digital yaitu : Pertama, NFT harus memiliki unsur kelangkaan atau keunikan agar barang yang dijual tidak umum. Kedua, NFT harus memiliki nilai tambah atau additional value yang ditawarkan kepada calon pembeli. Ketiga, Karya digital NFT akan sukses jika dibangun atas interest yang sama dari banyak individu agar memliki value yang besar.

Sebelum mencoba menjual Karya digital NFT sebelumnya kita harus membuat akun terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut :

  1. Buka tautan Opensea.io lewat browser atau google chrome di laptop.
  2. Untuk mulai daftar akun OpenSea, klik ikon dompet atau foto profil, kemudian pilih opsi ConnectWallet
  3. Pilih dompet digital yang akan digunakan, misalnya metamask
  4. Buka extension metamask yang telah diinstal, dengan klik ikon puzzle yang ada di samping kolom pencarian.
  5. Klik connect wallet kemudia dompet Metamask anda akan terhubung ke Opensea
  6. Klik opsi account kemudia klik opsi profile untuk melakukan setting profile di OpenSea
  7. Masukan username dan alamat email kemudian klik save
  8. Opensea akan mengirimkan email ke alamat email anda dan buka untuk memverifikasi permintaan pembuatan akun
  9. Anda kini telah memiliki akun opensea yang siap untuk menjual/membeli NFT dimarketplace Opensea.

Setelah kita tahu cara membuat akun dimarketplace Opensea kemudian kita akan mencoba membuat NFT di Opensea dengan cara sebagai berikut :

  1. Pada halaman awal klik opsi Create masukan atau unggah file yang akan dijadikan NFT, bisa berupa gambar, foto, video, dan sebagainya.
  2. Masukan nama NFT dan beberapa pengaturan lainnya.
  3. Apabila telah selesai mengaturklik opsi create yang berada di bagian bawah halaman Opensea.
  4. Setelah itu NFT sudah siap untuk dijual.

Kemudian kita akan mencoba menjual NFT yang telah dibuat diOpensea caranya yaitu :

  1. Buka opsi My collection dengan ketuk ikon foto profil
  2. Pilih NFT, kemudian klik opsi sell
  3. Pilih skema penjualan, jika menjual langsung klik Fixed Price, dan jika menggunakan sistem lelang klik opsi Time Auction
  4. Masukan harga NFT dengan mata uang kripto Ethereum
  5. Kemudia atur durasi berapa lama penjualan di bagian Duration
  6. Setelah selesai mengatur kemudian klik opsi complete Listing
  7. Opensea bakal membuka extension metamask anda untuk melakukan konfirmasi pendaftaran penjualan NFT.

Untuk mengkonfirmasi penjualan NFT anda harus mempunyai saldo minimal 0,05 ETH dimetamask untuk setiap transaksi di Opensea bakal ada biaya sebesar 2,5% yang diambil dari hasil penjualan NFT. Itulah beberapa cara penjualan karya digital NFT melalui Marketplace Opensea.

LINK VIDEO YOUTUBE :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 4 + 4 =