Edukasi Penjual Cara Mengatur Pengiriman Pesanan di Shopee

Apa Itu Shopee? Shopee adalah platform belanja online terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Diluncurkan tahun 2015, Shopee merupakan sebuah platform yang disesuaikan untuk tiap wilayah dan menyediakan pengalaman berbelanja online yang mudah, aman, dan cepat bagi pelanggan melalui dukungan pembayaran dan logistik yang kuat.

Sebagai penjual di marketplace khususnya shopee penjual perlu untuk mengirim orderan dari pembeli melalui Jasa Kirim. Jika anda adalah penjual di marketplace Shopee artikel ini cocok untuk dibaca sebagai edukasi penjual.

Shopee mempunyai banyak jasa kirim yang tersedia untuk mengirim barang. Penjual dapat memilih jasa kirim mana yang mau dipakai. Jika sudah selesai memilih jasa kirim, penjual tinggal menunggu pembeli. Setelah memiliki pembeli, sebagai penjual harus mengurus produk yang akan kirim, misalkan dikemas dengan baik dan aman. Setelah dikemas penjual membutuhkan resi untuk mengirimkan barang. Shopee menyediakan sistem Resi Otomatis yang memudahkan para penjual untuk membuat resi secara otomatis.

Resi Otomatis Shopee merupakan sistem pembelian yang langsung terdapat resinya setelah customer membayar orderan mereka. Keunggulan Resi Otomatis adalah penjual tidak perlu lagi membayar biaya kirim karena biaya kirim dari pembeli akan langsung diteruskan ke jasa kirim oleh Shopee. Jasa kirim yang didukung oleh Shopee sudah hampir semuanya menggunakan resi otomatis, yang diantaranya adalah:

  1. JNE Express (Reguler, YES, dan JTR).
  2. J&T Express (J&T Express, J&T Economy, dan J&T Jemari).
  3. SiCepat Express (REG dan HALU).
  4. Ninja Xpress.
  5. Shopee Express (Instant, Sameday, dan StAndard).
  6. Anteraja.
  7. ID Express.
  8. GrabExpress (Same Day and Instant).
  9. GoSend (Sameday dan Instant).

Cara memproses pesanan di Shopee dengan resi otomatis melalui aplikasi, yaitu:

  1. Pilih Dikemas.
  • Pilih Atur Pengiriman.
  • Pilih Metode Pengiriman.

Setelah itu akan muncul menu untuk memilih cara pengiriman ke kurir. Terdapat beberapa cara mengirim orderan ke pihak pengiriman. Pertama, dengan antar ke jasa kirim secara langsung, tergantung jasa kirim apa yang diminta oleh pembeli. Kedua, kurir yang meng-pick up orderan melalui titik penjemputan toko. Tetapi opsi kedua tergantung pihak pengiriman, ada juga pihak pengiriman yang tidak menyediakan pick up harus mengantar ke kios jasa kirim. Jadi, penjual bisa memilih untuk mengantar paket ke counter jasa kirim terdekat, atau meminta kurir jasa kirim menjemput paket.

  • Pilih Konfirmasi.

Pesanan yang telah dikonfirmasi pengaturan dan metode pengirimannya, secara otomatis pesanan tersebut akan mempunyai nomor resi pada label pengiriman, tetapi masih dengan status Perlu Dikirim. Status pesanan akan berubah saat paket sudah diserahkan ke pihak jasa kirim. Setelah mendapatkan nomor resi, cantumkan nomor resi tersebut di paket yang telah kita siapkan.

Jika penjual memilih mengantar paket, bawa paket tersebut ke jasa kirim yang telah di tentukan yang paling terdekat untuk dikirimkan. Tempelkan resi yang telah diprint ataupun yang ditulis. Pastikan packing sudah aman dan rapi. Berikan paket tersebut kepada kasir/petugas dan beritahu bahwa ini pesanan dari Shopee. Tunggu sampai mendapatkan nomor resi dari petugas/kasir. Jika penjual memilih pick up maka penjual tidak perlu mengantar paket ke jasa kirim. Nanti paket tersebut akan di ambil oleh jasa kirim sesuai waktu yang di tentukan. Setelah paket tersebut di antar/di pick up maka otomatis akan berpindah ke menu sedang dikirim.

Memproses pesanan dan Mencetak Pesanan dengan Resi Manual biasanya dipakai untuk jasa kirim pos. Cara memproses pesanan dengan Resi Manual pada Aplikasi, yaitu:

  1. Kemas dahulu paket, kemudian serahkan ke pihak jasa kirim dulu. Penjual tidak dapat melakukan cetak label pengiriman jika memproses pesanan melalui aplikasi.
  2. Setelah menyerahkan paket, penjual akan mendapatkan nomor resi.
  3. Pada aplikasi, pilihlah Dikemas.
  4. Lalu pilih Buat no. pelacakan.
  5. Masukkan atau Scan nomor resi.
  6. Klik kirim.

Untuk lebih jelas mengenai penjelasan cara mengirim pesanan shopee, anda bisa melihat tutorial dalam video berikut!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 43 = 52