Pemanfaatan Biovirtuallab sebagai Sarana Pembelajaran pada Life After Covid-19

Pada awal tahun 2020, dunia dikejutkan dengan virus varian baru yang
dikenal dengan Corona. Penyakit dari virus ini dikenal dengan covid-19. Virus ini
pertama kali menyebar di Wuhan, Cina tetapi karena penyebarannya yang begitu
cepat menjadikan virus ini sebagai wabah pandemi di berbagai negara termasuk
Indonesia. Hampir semua negara di dunia terkena dampak covid-19 dan berusaha
keras untuk menghadapi tantangan besar ini dengan membuat berbagai kebijakan
untuk membatasi akses kegiatan yang bersifat fisik ke layanan publik, terlebih lagi
bagi pengelola sekolah dalam menyeimbangkan hal-hal penting antara kesehatan
siswa, guru, dan pasien dengan perawatan lingkungan dan kebijakan berubah secara
lokal atau nasional. Pandemi covid-19 berdampak pada banyak
bidang, misalnya bidang ekonomi yang akan menurun, bidang sosiokultural, dan
bidang pendidikan. Kebijakan yang diambil dalam bidang pendidikan dengan cara
tidak melakukan kegiatan belajar dan mengajar sebagaimana harusnya yang
bertujuan untuk mengurangi dampak dari penyebaran covid-19

Pencegahan yang dilakukan untuk mengatasi pandemi covid-19, antara lain larangan untuk berkumpul dan beraktivitas di luar rumah, serta anjuran untuk tetap tinggal di dalam rumah sehingga semua kegiatan yang seharusnya dilakukan di luar rumah beralih menjadi di rumah, seperti beribadah di rumah, bekerja dari rumah, dan belajar dari rumah.

Kebijakan social distancing yang dilakukan oleh pemerintah ini juga berpengaruh pada banyak aspek, salah satunya yaitu pendidikan. Pemerintah
mengupayakan semua pendidikan agar tetap dilaksanakan dengan cara mengaktifkan kelas secara daring meskipun sekolah telah ditutup secara sementara. Penutupan sementara di sekolah sebagai salah satu langkah yang paling efektif untuk menghindari penyebaran virus pada anak-anak. Solusi yang dapat dilakukan dengan cara melakukan proses pembelajaran dari dalam rumah dengan memanfaatkan fasilitas pendukung yang mendukung proses pembelajaran ini

Pembelajaran daring untuk melakukan proses pembelajaran menggunakan aplikasi, seperti classroom, video converence, telepon atau live chat, zoom, google meet, ataupun whatsapp group. Kelebihan dari proses pembelajaran daring ini dapat mempermudah mahasiswa dalam mengakses berbagai macam materi menarik. Mahasiswa juga dapat mengakses materi tambahan melalui google scholar, jurnal, artikel, surat kabar, dan youtube. Kekurangan dari proses pembelajaran daring adalah kurangnya ketersediaan jaringan internet dan perangkat teknologi karena tidak semua orang mempunyai fasilitas ini. Siswa juga masih kurang menguasai perangkat teknologi selama proses pembelajaran daring,

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, biology virtual laboratorium yang telah dirancang tersebut perlu dikembangkan lagi dan diperbaiki khususnya di era life after covid-19. Oleh karenanya, solusi inovasi menggunakan teknologi digital untuk mengembangkan sarana pembelajaran bagi siswa karena praktikum yang selama ini membutuhkan laboratorium dapat digantikan dengan teknologi sehingga siswa tidak perlu datang langsung ke laboratorium melainkan cukup dengan mengakses akunnya di aplikasi Namun, walaupun praktikum dilakukan melalui virtual, proses pembelajarannya tetap sama aja dengan praktikum secara langsung justru lebih menguntungkan karena konsep materi dan video tutorial dapat ditonton secara berulang kali sebanyak yang kita inginkan.  

Biology virtual laboratorium ini juga dapat dipakai dalam jangka panjang sehingga tidak hanya dipakai selama pembelajaran daring melainkan juga dapat digunakan secara berkelanjutan sebagai pelengkap proses pembelajaran di sekolah. Melalui memanfaatan teknologi digital ini diharapkan sistem pendidikan di Indonesia dapat semakin maju dan terus berkembang.

Biovirtuallab merupakan aplikasi laboratorium virtual yang diperuntukkan sebagai penunjang mata pelajaran biologi. Aplikasi ini merupakan gagasan inovatif sebagai sebuah resolusi pendidikan daring di tengah pandemi covid-19 dan juga sebagai pelengkap praktikum baik dalam pembelajaran daring ataupun tatap muka. Aplikasi Biovirtuallab ini memiliki berbagai fitur yang dapat menunjang praktikum dalam pembelajaran biologi. Kelebihan dari Aplikasi Biovirtuallab, aplikasi ini memiliki desain yang menarik dengan fiturnya yang praktis, dan dapat diakses oleh berbagai perangkat mulai dari android, ios dan windows.

Dengan kelebihan tersebut tentunya memudahkan siswa dalam menggunakan aplikasi dalam proses praktikum atau pembelajaran. Biovirtuallab sebagai penunjang praktikum yang mampu memberikan materi biologi SMA mulai dari bab bioteknologi, pernafasan, sistem ekskresi, sistem pencernaan, dan sistem gerak. Dari masing-masing bab tersebut terdapat fitur materi , practical tools, video tutorial, dan quiz.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.