Dampak Bermain Game Online Bagi Siswa Sekolah Dasar

Saat ini teknologi semakin berkembang dengan pesat sehingga muncul game yang bisa dimainkan secara online menggunakan handphone maupun laptop. Kini banyak orang yang sering menggunakan game online daripada game yang dimainkan secara langsung, game online juga dijadikan kegemaran bagi orang-orang yang menggunakannya, rata-rata pengguna game online biasanya adalah siswa sekolah dasar karena biasanya mereka mempunyai waktu luang yang lebih banyak daripada remaja maupun orang dewasa. Usia anak sekolah dasar umumnya yaitu 6-12 tahun, pada usia tersebut anak SD kebanyakan ingin mencoba hal baru, mencari pengalaman, menirukan sesuatu yang ia lihat, dan anak SD harus ada perhatian dari guru serta orang tua dalam perkembangannya. Dengan berkembang pesatnya teknologi ini, segala informasi mudah diperoleh, sehingga pada masa perkembangan teknologi ini anak-anak dikatkan sebagai generasi yang paling memahami teknologi. Kemudahan dalam mengakses teknologi akan memberikan dampak buruk apabila tidak disikapi dengan baik, ada permasalahan yang terjadi pada berkembangnya teknologi, terutama permasalahan ketika bermain game online.

Game online merupakan suatu permainan yang dapat dimainkan oleh banyak orang pada waktu yang bersamaan melewati jaringan internet. Sejak munculnya game online  yang sangat populer dan mudah diakses, game ini dapat dimainkan berbagai platform seperti handphone, PC, laptop dan lainnya. Kini game online yang populer dimainkan yaitu Mobile Legends (ML), Arena of Valor (AOV), Clash of Clans (COC), Player Unknown’s Battle Ground (PUBG), Fortnite.

Pada masa ini juga game online telah menyediakan fitur komunitas online, game online memberi ruang interaksi serta komunikasi antar pemain yang berbeda jarak dan tempat. Jadi, game online tidak hanya bermain kemudian hasilnya menang atau kalah, namun akan muncul juga berbagai interaksi seperti komunikasi, kompetisi dan koalisi.

A. Dampak Positif Bermain Game Online

dampak positif yang diberikan oleh game online yaitu pergaulan siswa akan lebih mudah di awasi oleh orang tua, otak siswa akan lebih aktif dalam berfikir, reflek berfikir dari siswa akan lebih cepat merespon, emosional siswa dapat dilupakan dengan bermain game, siswa akan berfikir kreatif. Dampak positif lainnya dari game online yaitu untuk

  1. Mengurangi kejenuhan pada siswa sekolah dasar

Setiap siswa sekolah dasar pasti merasakan rasanya kejenuhan karena suatu hal, seperti lingkungannya yang tidak sesuai atau tidak memberikannya dukungan, bosan karena ingin melakukan suatu hal yang baru. Dengan bermain game online, siswa dapat menghilangkan rasa jenuh yang ada pada dirinya.

2. Mengisi waktu luang siswa ketika libur sekolah

Ketika libur sekolah telah tiba, pastinya siswa akan mendapat waktu luang yang banyak karena siswa tidak diberi tugas dan tidak datang ke sekolah, oleh karena itu game online dapat mengisi waktu luang siswa sekolah dasar.

3. Melatih siswa dalam kecepatan membaca

 Dalam game online, ada beberapa game yang setiap hero nya ada cerita nya contohnya seperti mobile legends, dengan adanya itu rasa ingin tahu anak sekolah dasar tentang hero favoritnya semakin tinggi sehingga ia akan belajar membaca serta tingkat kecepatan membacanya juga semakin meningkat.

4. Mengurangi stress karena tugas yang banyak dari sekolah

 Tugas sekolah yang diberikan oleh guru biasanya tidak hanya satu, namun bisa lebih dari satu, siswa sekolah dasar dapat stress karena kebanyakan tugas karena mereka bingung ingin mengerjakan yang mana terlebih dahulu atau tidak memahami materi tentang tugas yang diberikan oleh gurunya.

5. Dapat berpikir cepat

Game online umumnya memberi batasan waktu untuk para pemain dalam menyelesaikan suatu rintangan. Jadi, dampak ini dapat membantu membentuk karakter anak yang bisa berpikir cepat serta tepat untuk menyelesaikan masalah.

6. Meningkatkan konsentrasi

Game online dapat melatih siswa untuk berkonsentrasi pada suatu hal. Bagian yang detailnya lebih kompleks akan membuatnya terbiasa ketika memahami suatu hal secara teliti.

7. Meningkatkan kinerja otak

Pada game online membutuhkan sebuah konsentrasi tinggi agar bisa menang dan mendapatkan skor tinggi. Selain itu juga, ketika menyelesaikan suatu misi juga membutuhkan strategi yang tepat sehingga membuat otak siswa sekolah dasar mencari sebuah inovasi agar bisa memenangkan pertandingan dalam game online.

8. Melatih rasa kesportifan

Game online dapat membuat siswa sekolah dasar siap dalam menerima kekalahan tanpa rasa putus asa dan menerima kemenangan dengan rendah hati. Cara tersebut dapat membuat bermain mereka dengan lebih jujur serta mengikuti aturan yang berlaku dalam game online.

B. Dampak Negatif Bermain Game Online

Dampak negatif yang diberikan oleh game online pada siswa sekolah dasar umumnya yaitu pada perilakunya di kehidupan sehari-hari yang tidak baik dan masih banyak lagi seperti :

  1. Cenderung bermain game online atau kecanduan

Siswa sering bermain game online daripada bermain langsung dengan temannya di dunia nyata, mereka cenderung menyendiri untuk bermain game online nya tanpa memperhatikan teman atau orang-orang yang ada di sekitarnya, bahkan ketika bermain pun dia tidak akan mengajak mengobrol dengan seseorang di sebelahnya.

2. Mengurangi sosialisasi dan interaksi di masyarakat

Sering bermain game online akan membuat siswa sekolah dasar malas untuk berinteraksi dengan masyarakat di sekitarnya, mereka cenderung bermain di rumah saja dan tidak keluar, sehingga masyarakat sekitar tidak tahu jika siswa tersebut ada atau masyarakat mengiranya siswa sekolah dasar tersebut sedang berada di luar desa atau dusun atau bahkan mengiranya sudah pindah sekolah.

3. Melakukan penipuan

Siswa sekolah dasar yang membutuhkan uang jajan lebih, mereka melakukan penipuan melalui jual beli akun game online atau bentuk transaksi lain yang masih berhubungan dengan game online tersebut.

4. Sikapnya menjadi pendiam, cuek dan egois

Menurut Elly Risman (2010) mengatakan bahwa generasi net boleh dibilang sebagai generasi yang cuek dan egois, interaksi sosialnya dapat mengalami hambatan karena terlalu banyak terekpose dunia maya. Akibatnya, terdapat jarak yang lebar antara orang tua dan anak, guru dan siswanya, dan anak sekolah dasar juga tidak terlalu peduli dengan dunia sekitar.

5. Berbicara kasar

Kata-kata kasar didapatkan oleh siswa sekolah dasar dari pemain game online yang lain dan tersebar di dunia maya. Kata-kata akan mudah masuk ke dalam otak dan ditiru oleh siswa sekolah dasar yang memainkan game online tersebut.

6. Berperilaku agresif

Game online yang menampilkan kekerasan seperti membunuh, menendang, melukai orang lain untuk mencapai suatu kemenangan. Hal tersebut dapat membuat siswa sekolah dasar meniru perilaku tersebut di dunia nyata. Kekerasan yang ditampilkan tersebut akan dianggap sebagai hal yang biasa.

7. Depresi dan selalu cemas

Melansir penelitian University of Utah, anak yang kecanduan bermain game online lebih mudah merasa depresi dan cemas dalam kehidupan sehari-hari.

C. Solusi untuk dampak negatif yang diberikan oleh game online

Dampak negatif dari game online sangat mempengaruhi psikis dan fisik pada siswa sekolah dasar. Ada beberapa solusi cara mengatasi dampak negatifnya yang paling sering yaitu kecanduan game online, solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan mempunyai pikiran hemat terhadap jaringan internet karena setiap bulannya jika sering bermain game online akan membutuhkan kuota internet yang banyak dan uang untuk membeli kuota atau membayar wifi, mencari aktivitas lain bersama teman ataupun keluarga, membatasi waktu bermain game online dengan bermain ketika ada waktu luang saja dan tidak bermain setiap hari, tidak berteman dengan siswa lain yang terobsesi oleh game online.

Berikut penjelasan singkat mengenai “Dampak Bermain Game Online Bagi Siswa Sekolah Dasar”. Semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.