Fitur PayLater, Memberi Kemudahan atau Kerugian?

Kalau sudah mengenal yang namanya e-wallet atau e-money, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur bernama PayLater. Bagi yang belum tahu, PayLater atau bisa diartikan dengan ‘belanja sekarang, bayar nanti’ ini merupakan layanan cicilan modern tanpa kartu kredit dan perusahaan dari aplikasi yang menyediakan akan menalangi transaksi pengguna.

Layanan yang disediakan bisa dicari di bermacam-macam e-wallet, seperti OVO, Shopee, Gopay, Kredivo, dan lainnya.

Lalu, apa saja manfaat dari PayLater ini?

PayLater bisa digunakan untuk berbelanja di e-commerce hingga kebutuhan travelling, seperti memesan tiket alat transportasi, kamar hotel, dan lainnya. Bahkan, kita bisa menggunakan PayLater untuk keperluan yang mendesak misalnya membeli paket data atau isi pulsa.

PayLater sangat digemari karena ada banyak keuntungan! Berikut keuntungan yang bisa didapat ketika kita menggunakan fitur PayLater.

  1. Lebih Praktis

Calon pengguna cukup menginstal aplikasi penyedia layanan PayLater, mendaftarkan diri, kemudian dana sudah siap dipakai. Fitur PayLater bisa digunakan dalam keadaan mendesak seperti membeli token listrik, membeli obat, pulsa, hingga tiket alat transportasi. Fitur PayLater bisa digunakan dengan proses yang cepat dan lebih praktis.

2. Banyak Promo

Untuk tetap menjadi kepercayaan pengguna, perusahaan aplikasi tentunya berlomba-lomba memberikan promo khusus yang menarik agar ada banyak pengguna yang tergiur.

3. Masa Cicilan Bervariasi

Perusahaan aplikasi yang menyediakan layanan PayLater biasanya memberikan banyak pilihan cicilan yang bervariasi, mulai dari satu bulan hingga dua belas bulan. Pengguna bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar yang dimiliki.

Namun, di setiap keuntungan yang ditawarkan oleh PayLater, pastinya ada juga kerugian yang harus ditanggung. Nah, berikut ulasan mengenai kerugian yang meungkin aja terjadi ketika kita menggunakan layanan PayLater.

  1. Perilaku Boros

Konsep PayLater ‘beli sekarang, bayar nanti’ bisa merubah pengguna menjadi seseorang yang boros karena tidak berpikir panjang akan biaya barang yang dibeli. Pengguna bisa tidak menyadari tagihan yang tertumpuk berjumlah besar dan menambah hutang.

2. Bunga Cicilan

Pinjaman melalui PayLater memebrlakukan bunga cicilan yang harus dibayar juga. Bila terlambat, maka akan ada denda. Jadi sebelum benar-benar menggunakan layanan PayLater, calon pengguna harus memahami cara kerja PayLater terlebih dahulu.

3. Pengaturan Keuangan Terganggu

Jika pengguna terus-menerus menggunakan PayLater dan menjadi kecanduan bisa membuat alur keuangan berantakan. Kebutuhan-kebutuhan lain tidak bisa terpenuhi karena harus membayar cicilan PayLater.

4. Penunggakan yang Beresiko Reputasi

Jika pengguna terlambat atau tidak bisa membayar tagihan PayLater, maka akan berpengaruh pada catatan reputasi kerdit. Akibatnya, ketika pengguna mengajukan pinjaman untuk hal yang penting bisa terancam ditolak akrena reputasi yang buruk.

Dengan ulasan kerugian yang sudah dijelaskan diatas, sebagai calon pengguna PayLater, sebaiknya harus memahami syarat dan ketentuan dengan sangat baik terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan PayLater. Jika sudah memahami syarat dan ketentuan, alangkah lebih baik jika pengguna menggunakan layanan PayLater di saat keadaan darurat saja, sehingga akan mengurangi resiko terlilit hutang. Jangan lupa, pengguna harus disiplin dalam membayar cicilan! Jadilah pengguna yang cerdas dalam menggunakan uang.

Video mengenai PayLater bisa diakses disini ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 1 + 1 =