MEMBANGUN KARAKTER GENERASI PENERUS BANGSA MELALUI LITERASI DIGITAL

Era Digital membawa perubahan yang sangat tinggi di dalam kehidupan manusia. Perkembangan ini pastinya tidak lepas dari arus globalisasi yang terjadi. Hal itu pastinya akan membawa dan mendorong dampak besar bagi kehidupan sehari – hari. Dengan adanya kecanggihan teknologi yang terus berkembang hingga saat ini, tentunya akan memudahkan seseorang berinteraksi dan mencari informasi dengan jangkauan luas atau jarak jauh. Para pengguna media digital ini mampu memanfaatkan teknologi dengan baik, hal ini tentunya di dukung dengan kemampuan literasi digital yang baik juga.

            Paul Gilster pertama kali mengemukakan istilah literasi digital (digital literacy) di bukunya yang berjudul sama (Gilster, 1997 dalam Riel, et. al. 2012:3). Ia mengemukakan literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi dan informasi dari piranti digital secara efektif dan efisien dalam berbagai konteks seperti akademik, karir dan kehidupan sehari – hari (Riel, et. al. 2012:3). Literasi pada umumnya diartikan sebagai kegiatan membaca, padahal literasi digital disini diartikan bukan hanya sekedar membaca tetapi juga menulis, menemukan, menyimak, memahami, mengolah, dan menganalisis.

            Di era sekarang, informasi – informasi semakin mudah disebarluaskan dan diakses oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Begitu pula dengan teknologi yang semakin canggih dan berkembang, sehingga hal ini akan memudahkan para pengguna untuk mengakses berbagai hal. Kemajuan informasi dan teknologi ini harus diimbangi dengan literasi digital untuk menghindari hal negatif yang nantinya mungkin akan turut serta masuk dalam informasi yang disebarkan. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwasanya di era digital seperti sekarang ini informasi yang disebarluaskan bukan hanya hal yang positif saja, tetapi banyak hal negatif yang nantinya akan terbawa masuk.

            Generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang nantinya akan membawa negara Indonesia menjadi lebih baik lagi. Negara Indonesia pastinya membutuhkan generasi muda yang berkualitas, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Oleh sebab itu, sangat diperlukan membangun karakter generasi penerus bangsa melalui literasi digital. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwasanya pengguna digital yang tergolong generasi muda sangat banyak, oleh karena itu agar karakter generasi muda dapat terbentuk dengan baik serta seimbang dan selaras maka perlu membangun literasi digital sejak dini. Hal ini nantinya akan meningkatkan kemampuan generasi muda dalam mengakses dan menggunakan media sosial dengan bijak.

            Banyaknya media sosial yang beredar saat ini seperti contohnya WhatsApp, Instagram, Twitter, dan Telegram membuka ruang yang luas tanpa batasan bagi para penggunanya. Dengan adanya kemampuan literasi digital yang baik, maka generasi muda akan dapat mengelola informasi – informasi yang ada dengan baik dan bijak. Dalam artian, generasi muda dapat memilah – milah informasi yang beredar dan mencari kebenaran dari informasi tersebut. Sehingga, para generasi muda tidak akan menerima secara mentah – mentah informasi tersebut. Hal ini nantinya akan mengindarkan kita dari penyebaran berita hoax dari pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab.

            Kemajuan teknologi digital yang saat ini diimbangi dengan pembentukan karakter berliterasi digital yang baik maka akan menciptakan generasi yang cakap dan berintelektual. Sehingga akan menimbulkan dampak positif terhadap penggunya dalam mencari berbagai macam informasi. Seperti halnya yang saat ini telah banyak dilakukan anak – anak muda generasi penerus bangsa yaitu membuat karya – karya atau konten kreatif yang sangat bermanfaat dan di upload di youtube yang membawa informasi positif bagi orang lain. Dengan demikian, literasi digital mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter generasi muda penerus bangsa. Dengan karakter berliterasi digital yang baik akan memudahkan dalam pemilihan informasi yang baik, terhindar dari berita hoax, dan membawa dampak positif yang nantinya dapat membawa Indonesia ini ke arah yang lebih baik.

DAFTAR PUSTAKA

Palupi, Muncar Tyas. (2020). “HOAX: PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN        EDUKASI DI ERA LITERASI DIGITAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER   GENERASI MUDA”. Universitas PGRI Yogyakarta.

https://perpustakaan.kemendagri.go.id/literasi-digital-pembentuk-karakter-generasi-muda/ (di akses 11 April 2022)

Link Youtube :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.