Penerapan Artificial Intelligence Sebagai Automatic Assesment

Bagaimana Perkembangan Teknologi Saat Ini?

Perkembangan teknologi saat ini berjalan begitu cepat, hal ini terjadi salah satu nya disebabkan oleh munculnya konsep masyarakakat 5.0 atau smart society yang bertujuan menciptakan keseimbangan antara manusia, alam, dan juga teknologi. Dengan adanya perkembangan teknologi ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, masyarakat harus beradaptasi dalam menghadapi perkembangan teknologi yang begitu cepat ini. 

Salah satu perkembangan teknologi saat ini adalah Artificial Intelligence (AI) terutama peranannya dalam dunia pendidikan.  

Jadi apa itu Artificial Intelligence?

Artificial Intelligense (AI) adalah sistem komputer (mesin) yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Dalam hal ini, AI mampu melakukan pembelajaran (perolehan informasi dan aturan untuk menggunakan informasi), penalaran (menggunakan aturan untuk mencapai kesimpulan), dan mengoreksi diri secara mandiri.

Secara sadar atau tidak sadar kita telah menerapkan kecerdasan buatan pada kehidupan sehari-hari, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya aplikasi yang sering kita gunakan berbasis kecerdasan buatan. Misalnya streaming video atau musik, mesin pencarian (search engine), GPS (Global Positioning System), media sosial, video game, serta fitur selfi pada smartphone.

Penerapan Artificial Intelligence dalam Pendidikan

Dalam bidang pendidikan Artifical Intelligence (AI) dapat digunakan untuk mempermudah kinerja guru terutama dalam urusan administratif seperti menentukan nilai akhir berdasarkan bobot penilaian. AI juga dapat mempermudah guru dalam melangsungkan KBM dan berbagai aktivitas pembelajaran lainnya.

AI diyakini dapat membantu manusia untuk belajar dengan lebih baik dan mencapai tujuan pendidikan dengan lebih efektif. Sehingga tidak heran saat ini banyak inovasi dan terobosan berbasis AI yang sedang dan akan diterapkan dalam menunjang proses pembelajaran agar lebih praktis dan efektif.

Di zaman sekarang ini, Artificial Intelligence (AI) banyak digunakan untuk keperluan asesmen dan untuk mengoreksi soal otomatis secara online. Dengan adanya penggunaan fitur tersebut guru dan tutor menjadi semakin mudah untuk menyiapkan dan mengadakan kuis maupun ulangan dengan mudah dan praktis.

Sistem AI akan bekerja dengan sendirinya sesuai instruksi yang sudah diprogramkan dan bisa belajar sesuai dengan kebiasaan yang dilakukan oleh pengguna atau murid. Selain itu, AI dapat memberikan rekomendasi materi yang perlu dipelajari kembali dan lainnya berdasarkan hasil yang sudah anda peroleh.  

Penerapan Automatic Assesment

Penerapan Automatic Assesment ini contohnya digunakan dalam pembuatan kuis dan koreksi secara otomatis seperti yang disediakan pada platform kejarcita.

Dengan fitur tersebut guru dapat membuat kuis dan ulangan dengan mudah dan praktis. Guru hanya perlu memilih mata pelajaran, jenjang, jumlah soal, tingkat kesulitan, serta beberapa pilihan lainnya. selanjutnya guru hanya perlu membagikan link kuis kepada murid untuk bisa dikerjakan secara daring.

Kuis yang dikerjakan oleh siswa akan langsung diterima secara otomatis pada akun guru. Hasil kuis tersebut juga langsung menampilkan skor, daftar soal yang salah, soal yang benar, serta pembahasan. Dengan begitu, guru tidak perlu untuk mengoreksi dan menilai secara manual hasil kuis dan ulangan siswa. Semuanya sudah dikerjakan oleh sistem AI yang terlah diprogramkan.

Penerapan AI ini tentunya mampu membantu murid maupun pengajar. Namun satu hal perlu diingat juga, Artificial Intelligence dalam pendidikan tidak mampu menggantikan peran pengajar seutuhnya. Keseimbangan tetap diperlukan dalam aplikasinya.

Penerapan Artificial Intelligence Sebagai Automatic Assesment

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 65 + = 75