Pengaruh dan Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Daring

Seperti yang kita ketahui di era globalisasi semakin maju juga globalisai di bidang teknologi. Dan tidak dipungkiri pula berkembang di bidang pendidikan. Berbagai dampak banyak kita rasakan terlebih pada saat memasuki era pandemi Covid-19 ini sendiri, yang memaksa kita sebagai murid bahkan guru maupun dosen harus melakukan pembelajaran jarak jauh tidak bertatapan muka secara langsung. Banyak penyesuaian yang semula kita melakukan pembelajaran dari sekolah atau kampus sekarang harus berubah total menggunakan aplikasi seperti Zoom. Baik pengajar maupun murid harus bisa menyesuaikan diri dengan adanya teknologi seperti Zoom ini, dan tidak banyak dari kita pasti malah sudah terbiasa dengan adanya aplikasi Zoom ini. Yang tadinya kita mungkin kurang melek akan perkembangan teknologi dipaksa dan didorong untuk berjalan beriringan dengan semua kemajuan teknologi ini.

Lalu bagaimana dampak yang dirasakan oleh siswa dan pengajar saat menggunakan aplikasi Zoom ini dalam pembelajaran? Apakah mereka menikmati atau malah menyusahkan mereka. Berikut ini akan saya paparkan mengenai dampak baik dan dampak buruk dari pembelajaran menggunakan aplikasi Zoom.

Dampak baik :

1. Fleksibel

Mengapa fleksibel? Karena dengan menggunakan aplikasi Zoom kita tidak terpaut dengan waktu dan tempat. Disaat kita berada di tempat yang berbeda dengan lawan bicara kita dan berada di zona waktu yang berbeda kita masih dapat melakukan pertemuan ataupun pembelajaran.

2. Tidak terbatas

Yang dimaksud tidak terbatas adalah, kita bisa melakukan pertemuan atau pembelajaran melalui dua perangkat atau bahkan lebih saat harus memaksakan kita hadir di dua atau lebih pembelajaran atau pertemuan. Contohnya seperti pada jam yang sama tidak disangka ada dua pertemuan yang harus dihadiri jadi kita bisa melakukan masing-masing dari setiap pertemuan menggunakan dua perangkat yang berbeda. Sekarang kita tidak perlu beralasan lagi tidak bisa menghadiri pertemuan karena bisa diakali menggunakan lebih dari satu perangkat.

Dampak buruk :

1. Tidak dapat bersosialisasi

Pasti ada dari kita yang merasa bosan dan jenuh karena terlalu lama berinteraksi hanya melalui perangkat saja tanpa bertatap muka secara langsung. Karena pada harfiahnya kita manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan sosialisasi. Meskipun banyak teknologi yang menggantikan tapi pasti akan beda sensasinya jika bertemu secara langsung.

2. Jaringan atau sinyal

Ini adalah masalah yang sering terjadi apalagi kita hidup di berbagai tempat yang pastinya memiliki kestabilan sinyal yang berbeda-beda. Ditambah lagi hampir setiap orang menggunakan jaringan internet juga menjadi faktor terkadang malah membuat koneksi sinyal menjadi buruk. Belum lagi mati listrik tiba-tiba bagi yang harus tersambung ke listrik juga pasti ini kendala besar.

3. Keterbatasan perangkat

Yang kita tahu bersama tidak dari kita semua memiliki kemampuan dan kesempatan untuk mendapatkan perangkat seperti gawai ataupun laptop, ini juga akan menjadi kendala bagi teman-teman kita.

4. Kesehatan

Pasti sudah banyak yang mengeluhkan terlalu banyak dari kita menatap layar gawai dan laptop membuat mata sakit. Tidak hanya kesehatan fisik saja yang dialami pasti kesehatan mental juga sedikit terganggu apalagi kita yang melakukan pembelajaran di rumah sering mendapatkan tekanan baik dari orang-orang rumah maupun guru atau dosen.

Mungkin masih banyak suka maupun duka yang dirasakan masing-masing dari kita terutama sebagai siswa maupun tenaga pengajar guru ataupun dosen mengenai penggunaan aplikasi Zoom dalam pembelajaran. Suka ataupun tidak suka dengan adanya perkembangan ini kita memang sudah diharuskan untuk berdampingan dengan kemajuan teknologi ini. Kembali lagi ini adalah pendapat dan argumen saya secara pribadi, mungkin masih banyak kekurangannya. Terima kasih. Tetap semangat teman-teman!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.