Membuat Sertifikat Online Otomatis Terkirim ke Email dengan Google Form

Langkah-Langkah Membuat Sertfikat Online

Di masa pandemi covid menyebabkan beberapa pihak harus berpikir kreatif dalam menyelenggarakan kegiatan. Semua kegiatan di masa pandemi dibatasi sehingga tidak banyak orang yang dapat menghadiri kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut adalah seminar, webinar, workshop, lomba-lomba yang berskala lokal, nasional, maupun internasional. Kegiatan tersebut agar tetap terlaksana harus dialihkan menjadi kegiatan yang dilaksanakan secara virtual atau online. Tentunya kegiatan tersebut selain mendapat ilmu tentunya akan mendapat sertifikat.

Bentuk sertifikat yang sesuai dengan kondisi pandemi ini adalah bentuk digital berupa sertifikat online. Dengan banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan, maka kita harus membuat sertifikat dengan jumlah yang banyak. Oleh karena itu dalam pembuatan sertifikat online seyogianya perlu diotomatisasi supaya panitia penyelenggara kegiatan tidak memiliki beban lagi. Untuk memudahkan proses mencetak sertifikat online, kita harus membuat sistem pada perangkat supaya kita tidak perlu mengetik satu per satu secara manual.

Dalam membuat sertifikat online kita dapat memanfaatkan google form untuk memudahkan pengisian data dan Autocrat untuk membuat sistem yang memudahkan dalam pembuatan sertifikat online. Sertifikat online akan terkirim langsung kepada peserta kegiatan melalui email mereka secara otomatis setelah mengisi google form. Sertifikat nantinya  berupa pdf dan dapat didownload melalui email peserta. Dengan teknologi yang semakin berkembang dan maju penyelenggara kegiatan akan lebih dimudahkan dalam pelaksanaan kegiatan.

Pada video di atas akan menjelaskan langkah-langkah bagaimana cara membuat sertifikat online dengan menggunakan Google form dan Autocrat.

Author : Farkhan Nur Mahdi

Referensi :

Kompasiana.com. (2020). Mudahnya Membuat Sertifikat Online dengan Google Form. KOMPASIANA. https://video.kompasiana.com/budysiswanto1234/5f7040e1d541df7ba72ce914/mudahnya-membuat-sertifikat-online-dengan-google-form

Yulianto, A. (2022). e-Sertifikat Otomatis pada Masa Pandemi – Jurusan Informatika – Fakultas Teknologi Industri – Universitas Islam Indonesia. Jurusan Informatika – Fakultas Teknologi Industri – Universitas Islam Indonesia. https://informatics.uii.ac.id/2022/01/11/e-sertifikat-otomatis-pada-masa-pandemi/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.