Berbudaya Melalui Media Digital

Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia merupakan salah satu kebanggaan warisan kebudayaan yang diturunkan secara turun temurum oleh berbagai suku dan etnis. Hal ini merupakan kekayaan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena kebudayaan bisa tercipta atas latar belakang budaya yang ada di masyrakat. Kebudayaan bisa diwarisi jika dipelajari dan disosialisasikan dengan baik ke masyarakat, baik yang berhubungan langsung dengan kebudayaan itu maupun masyarakat diluar kebudayaan setempat. Mewariskan dan menurunkan adat istiadat budaya ke generasi muda sangat penting karena mereka yang akan menyampaikan ke generasi berikutnya. Apa yang akan terjadi jika suatu hari kebudayaan kita musnah? Kebudayaan yang beraneka ragam hilang begitu saja dari bumi pertiwi? Sehingga menjadi bangsa yang tidak beridentitas, tanpa jati diri. Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai ragam seni dan budaya. Dalam melestarikan budaya, peran serta masyarakat sudah sepatutnya dikembangkan dan tidak hanya mengandalkan pemerintah. Generasi muda yang masih sadar dan paham akan kebudayaan yang kaya sudah seharusnya melakukan berbagai usaha untuk mewarisi ke generasi penerima.

Melestarikan kebudayaan adalah upaya atau wujud untuk mempertahankan nilai-nilai seni budaya baik secara tradisional ataupun megembangkannya dengan perwujudan yang lebih dinamis dan luwes menyesuaikan dengan kondisi pola perkembangan zaman yang selalu berubah. Tujuan mengadakan pelestarian ini tidak lain untuk melakukan revitalisasi/penguatan budaya. Jika kita menilik semakin jauh, kebudayaan di Indonesia saat ini semakin berkurang yang tidak hanya terjadi di daerah perkotaan, tetapi juga di daerah pedalaman. Contoh dari kebudayaan Kalimantan Barat suku Dayak yang mempunyai budaya tradisi memanjangkan cuping telinga sehingga sebahu untuk pria, dan sedada untuk kaum wanita. Karna di nilai sudah tidak memenuhi kualifikasi perubahan zaman sekarang, tradisi ini mulai di tinggalkan. Masyarakat Indonesia semakin terpengaruh oleh kebudayaan luar melalui perkembangan teknologi modern yang semakin canggih. Melalui media-media yang berkembang dengan pesat, semua informasi dan budaya dari luar terserap sempurna tanpa ada filterisasi dan pembedaan budaya. Kebudayaan dari luar diserap sedemikian rupa sehingga, tradisi lama yang dianggap kuno atau ketinggalan zaman mulai dilupakan. Bagaimanapun manusia selalu melakukan perubahan dan menjalani kehidupan yang penuh dinamika, kegiatan bekerja di perkantoran elit dan bertemu dengan klien sulit untuk dilakukan jika masih memegang tradisi yang tidak sesuai dengan budaya sekarang, seperti tato ataupun cuping panjang.

Saat ini media digital sudah diadaptasi dalam kurikulum di perguruan tinggi dengan program studi yang bervariasi. Website, mobile applications, mobile game dan lain sebagainya bisa dijadikan dasar pendekatan untuk menyebarkan kebudayaan Indonesia melalui jaringan internet dengan penekanan penyebarannya melalui blog maupun social media. Walau tidak banyak, namun beberapa instasi pemerintah sudah mulai menggunakan website untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia. Ada yang menggunakan untuk promosi pariwisata, ada yang menggunakannya untuk mengenalkan kebudayaan setempat ke dunia.

Indonesia saat ini sangat terbuka dengan dunia media digital, kemudahan akses yang diimbangi oleh perkembangan teknologi. Pertumbuhan media digital bahkan mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan baik dari sisi pengguna atau masyarakat juga untuk kegunaan bisnis maupun organisasi non profit. Kebudayaan ada karena budaya yang gagasan, ide atau pemikiran yang dikembangkan oleh manusia hadir untuk menguatkan ciri khas atau kebudayaan suatu kelompok masyrakat. Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, budaya, dan adat istiadat. Jika kita tidak mewariskan ke generasi penerima, hambatan budaya akan berkembang dan hal itu akan menjadi boomerang buat kita.

Memahami dan mengetahui arti budaya yang membentuk kebudayaan suatu bangsa merupakan langkah awal. Indonesia sebagai negara yang memiliki beragam corak kebudayaan yang berbeda dari sabang sampai merauke, keberagaman corak budaya merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang patut dilestarikan dan diwariskan kepada generasi penerima sehingga keberadaannya bisa dipertahankan. Jangan sampai kebudayaan Indonesia, justru diakui oleh negara lain hanya karena ketidaktahuan dan ketidakpedulian pada warisan budaya Indonesia. Berbagai cara sudah ditempuh untuk mensosialisasikan kebudayaan nusantara dalam media konvensional seperti majalah, buku dan bahkan artikel. Generasi yang telah hidup dalam kelimpahan dunia teknologi media digital merupakan sasaran pewarisan berikutnya. Jadi alangkah baiknya jika langkah besar mulai diambil untuk lebih fokus dalam penyebaran budaya serta mewariskannya sejalan perkembangan zaman dan tentu saja tanpa menghilangkan identitas bangsa.

Video penjelasan :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 74 = 81