Pemanfaataan Word-Cloud Maker untuk Membuat Grafik yang Menarik

Di tahun 2022 ini, perkembangan teknologi sudah terlihat sangat jelas. Terlebih lagi, kita dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk membantu kita dalam mengerjakan sesuatu.

Salah satu manfaatnya adalah dalam pembuatan Word-cloud. Mungkin ada yang memiliki pertanyaan; Apa itu Word-cloud? Gampangnya, Word-cloud merupakan sebuah visualisasi yang berisi kumpulan/daftar kata-kata yang dipakai dalam teks, biasanya semakin besar ukuran sebuah kata maka semakin sering pula kata itu digunakan dalam embuatan teks.

Word-cloud juga memiliki pengertian, yaitu sebagai cara visual dalam menampilkan data teks sesuai frekuensinya dalam penggunaan kata. Sehingga, tidak jarang pula Word-cloud disebut sebagai grafik karena penggunaan ukuran font-nya berbanding lurus frekuensi dari kata yang dipakai.

Dewasa ini, terdapat sebuah website yang memiliki fungsi unik, yaitu website yang dapat membuat Word-cloud. Sekarang, kita dapat membuat Word-cloud dengan mudah tanpa harus memahami bahasa dan penggunaan Phyton. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua orang terbiasa menggunakan Phyton, bahkan termasuk saya sendiri.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyajikan cara praktis dalam pembuatan grafik Word-cloud yang menarik dengan memanfaatkan Word-cloud maker.

Cara membuat Word-Cloud:

(Bisa menggunakan teks mana saja, tidak harus dari sumber di atas!)

  • Langkah ketiga, yaitu salin URL yang teksnya akan dimuat ke dalam Word-cloud.
Gambar 1

Karena disini saya memakai URL sebagai bahan word-cloud. Maka klik pada “Extract words from web page (URL)”. Jika ingin memakai teks langsung bisa paste-kan teks dengan menekan pada “Extract words from Text”.

  • Langkah keempat, yaitu kita bisa mengatur bentuk Word-cloud dengan memanfaatkan menu: shape, fonts, direction, colors, mask, dan ukuran font.
Gambar 2

Pada bagian ini, kalian dapat mengkreasikan sesuai keinginan.

  • Jika sudah selesai, Langkah terakhirnya adalah menyimpan hasil word-cloud dengan cara klik File>kemudian pilih Save as image
Gambar 3
  • Kemudian tentukan jenis tipe file yang akan disimpan. Lalu, klik save dan download.
Gambar 4
  • Dan inilah hasil akhirnya.
Hasil Wordcloud

Jika masih belum paham, berikut saya berikan video tutorial dalam membuat wordcloud:

Seperti itulah cara membuat grafik yang menarik dengan memanfaatkan Word-cloud maker. Semoga artikel ini bermanfaat. Good luck 😊💕👍

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 64 = 72