Optimalisasi Google Assistant untuk Kehidupan Sehari – hari

Perkembangan teknologi termasuk kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) mengalami peningkatan secara signifikan dari tahun ke tahun. Kecerdasan buatan tersebut, membuat setiap orang  bisa memiliki asisten pribadi yang bisa dimanfaatkan lewat smartphone saat ini. Asisten pribadi yang bersifat virtual sudah dikembangkan oleh berbagai perusahaan teknologi di dunia tak terkecuali Google. Google mengembangkan asisten virtual yang diberi nama Google Assistant, dan telah diluncurkan sejak tahun 2016 lalu.

Google Assistant juga didukung dengan kecerdasan buatan yang tersedia di perangkat seluler atau perangkat rumah pintar. Kecerdasan buatan Google Assistant dapat melakukan percakapan dua arah serta melakukan berbagai fungsi dan pekerjaan.

Sejak tahun 2017, Google Assistant dirilis sebagai aplikasi yang berdiri sendiri pada perangkat Android dan juga pada operasi iOS sistem. Pada tahun itu juga, Google Assistant diperluas agar dapat mendukung berbagai perangkat, seperti  di dalam mobil. Cara mengaktifkan Google Assistan cukup mudah, berikut tata caranya ;

  1. Menekan lama tombol Home pada smartphone.
  2. Setelah itu, akan muncul “The new way to talk to Google” dan klik “Continue”, kemudian akan muncul pilihan ‘No, Thanks’ dan ‘I Agree’, klik ‘I Agree’ jika ingin menghidupkan perintah suara.
  3. Setelah itu, Google Assistant sudah bisa dimanfaatkan hanya dengan mengatakan ‘Oke Google’ ataupun ‘Hai Google’. Pengguna juga dapat mengatur bahasa masukan yang ingin digunakan untuk dikenali Google.

Lalu, apa saja yang bisa Assistant ini lakukan untuk kehidupan sehari – hari?

  • Penerjemah Bahasa

Dengan bantuan Google Assistant, maka kamus se-tebal buku paket ujian UTBK itu tidak diperlukan lagi. Bukan hanya itu, Google Assitant juga tidak hanya menjangkau satu atau dua bahasa saja, tapi berbagai bahasa diseluruh dunia. Sangat cocok digunakan untuk belajar kosa kata bahasa asing dimanapun dan kapanpun. Hanya cukup mengatakan, “ Oke Google, Apa arti kata sayang dalam bahasa korea?” maka Google Assistant akan langsung merespon apa yang diminta.

Google Assistant tidak hanya menerjemahkan satu kata saja namun bisa hingga beberapa kalimat, selain itu Google Assistant juga dapat terhubung ke Google Lens untuk menerjemahkan 2 paragraf sekaligus. Caranya dengan mengarahkan kamera ke arah tulisan yang ingin diterjemahkan misalnya kalimat dalam bahasa jepang, kemudian meng klik bahasa tujuan yang diinginkan misalnya bahasa Indonesia. Klik tombol bulat putih ditengah untuk memotret hasil terjemahannya.

Selain menerjemahkan lewat tulisan, Google Assistant juga dapat mempraktekkan cara membacanya. Misalnya, “ ” dibaca “ Jalmokkeseubnida” yang artinya selamat makan. Dengan fitur tersebut, mempelajari cara membaca bahasa asing terutama di negara dengan aksara yang sulit menjadi lebih mudah.

  • Memainkan Musik atau Video.

Ketika sedang malas untuk mengetik atau membuka aplikasi musik, Google Assistant juga dapat mengontrol atau membuka aplikasi seperti youtube atau Spotify Hanya dengan mengatakan lagu apa yang ingin dimainkan, maka Google Assistant akan langsung membuka aplikasi youtube untuk memutar lagu yang diinginkan. Selain itu, Ketika ingin mencari rekomendasi lagu yang cocok, Google Assistant juga bisa memberikan rekomendasi lagu untuk diputar.

  • Kirim pesan Whatsapp

Ketika kedua tangan tidak memungkinkan untuk mengetik atau mengirim pesan Whatsapp, Google Assitant juga memiliki fitur kirim pesan Whatsapp tanpa perlu mengetik, bagaimana caranya? Cukup klik assistant dan katakan “ Kirim pesan Whatsapp”. Kemudian Assistant akan langsung bertanya kepada siapa dan apa isi pesannya hanya dengan suara, lalu pesan akan langsung terkirim ke kontak yang dituju.

  • Merekomendasikan SPBU, tempat ibadah atau restoran terdekat.

Ketika sedang mengemudi sendirian dan pergi ke tempat baru atau sedang dalam perjalanan jauh, maka dibutuhkan informasi tentang pengisian bahan bakar, restoran atau tempat beribadah terdekat. 3 Hal tersebut merupakan tempat yang cukup krusial dalam perjalanan jauh. Namun ketika ditempat baru, mencari hanya dengan melihat kanan kiri jalan atau bertanya pada orang dijalan dinilai kurang efisien. Nah, Google Assistant bisa jadi solusinya. Cukup klik google assistant dan katakan “SPBU terdekat”, maka assistant akan langsung memberikan rekomendasi SPBU terdekat dan langsung terhubung dengan Google Maps.

  • Melakukan panggilan telepon

Hampir mirip dengan mengoperasikan Whatsapp, Google Assistant juga dapat melakukan panggilan telepon. Cukup klik assistant dan katakan “Melakukan panggilan telepon” maka Assistant akan langsung bertanya kontak siapa yang akan dituju, kemudian akan muncul opsi melakukan panggilan telepon lewat Sim Card 1 atau Sim Card 2. Lalu panggilan akan langsung tersambung, pastikan selalu mengecheck pulsa agar yang muncul ditelepon bukan suara operator.

  • Prakiraan Cuaca

Ketika ingin bepergian keluar kota atau hanya sekedar berkunjung kerumah sanak saudara, namun di cuaca yang tak menentu membuat sebagian orang ragu untuk pergi keluar karena takut kehujanan atau terlalu panas. Oleh karena itu, prakiraan cuaca secara online menjadi solusi. Google Assistant juga menyediakan layanan prakiraan cuara hari ini, besok atau satu minggu kemudian. Cukup mengatakaan prakiraan cuaca hari ini atau prakiraan cuaca ditempat yang dituju, maka Google akan langsung menampilkan suhu, kelembapan serta prakiraan akan turun hujan atau hanya sekedar berawan.

  • Fitur Jam Dunia

Ketika pengguna ingin menelfon seseorang di Negara yang berbeda namun tidak mengetahui perbedaan waktu, maka Google Assistant akan membantu untuk mengecheck waktu tujuan. Hanya dengan kalimat “ Jam berapa sekarang di Guangzhou” maka Google Assitant akan langsung memberitahukan tentang detail tempat, tanggal, bulan dan waktu setempat sehingga pengguna dapat mengetahui perbedaan waktu tanpa harus bertanya dan mengganggu orang yang ingin ditelfon.

  • Set Alarm

Google Assitant juga dapat mengset Alarm secara otomatis. Hanya dengan mengatakan “Set Alarm” dan setelah assitant merespon,baru mengatakan pukul berapa akan berdering. Maka alarm akan ter set secara otomatis.

  • Menjadi Teman Ngobrol

Ada kalanya seseorang merasa bosan pada keseharian, namun tidak ada teman untuk sekedar diajak mengobrol karena memiliki kesibukan masing – masing. Maka Google Assistan juga mampu menjadi teman mengobrol. Meskipun hanya sekedar assistant virtual, Google Assistant juga bisa memberikan lelucon atau kata – kata penghibur. Cukup klik rekomendasi “ Kasih Lelucon ” maka Google Assistant akan memberikan respon lelucon random. Memang tidak semua lelucon yang dijawab assistant tergolong lucu, namun terkadang bagi sebagian orang, fitur ini dinilai cukup menarik ketika sedang sendirian atau sekedar menghabiskan rasa bosan.

Terdapat banyak sekali fitur Google Assistant yang belum dieksplore. Seperti mengontrol nyala lampu di dalam rumah, menjadi pengingat harian, mencari informasi berita tekini, hingga mengelola layanan Google lainnya. Namun dengan kemampuan fitur saat ini, Google Assistant bisa membantu seseorang mengontrol layanan ponsel lebih leluasa dan efisien.

Link Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=OaODJBMAyms

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.