Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap Lonjakan Pengunaan Aplikasi E-Learning

Lonjakan penggunaan aplikasi E-Learning atau belajar berbasis daring diperkirakan telah sampai di angka 100 persen dibandingkan sebelum pandemi terjadi. Hal ini dikarenakan aplikasi belajar daring telah menjadi alat penting yang turut serta menjaga keberlangsungan pendidikan di seluruh dunia.

Semenjak terjadinya pandemi COVID-19, sekolah di penjuru dunia serentak menutup akses kegiatan belajar mengajar secara tatap muka guna mengurangi penyebaran virus corona yang kian merebak.

Aplikasi-aplkasi tersebut meliputi aplikasi konferensi video seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams. Disebutkan bahwa kenaikan penggunaan aplikasi tersebut melonjak drastis semenjak adanya imbauan pemerintah untuk melakukan kegiatan sekolah di rumah atau daring.

Selain itu, aplikasi E-Learning lain yang mengalami kelonjakan pemakaian adalah platform-platform belajar atau bimbel online seperti Zenius Education, Pahamify, Ruang Guru, dan Kelas Pintar. 

Pada umumnya, platform-platform bimbel online tersebut menyediakan beragam materi sekolah dari kategori SD sampai jenjang SMA. Tak jarang mereka pun juga menawarkan akses belajar gratis dan berbagai macam diskon paket belajar yang bisa dipilih. Hal ini tentunya dapat membantu pelajar dalam mengejar ketertinggalan materi akibat sekolah daring. 

Selain materi sekolah biasa, platform-platform bimbel online tersebut juga umumnya menyediakan layanan Tryout UTBK gratis atau dengan harga yang terjangkau untuk membantu siswa-siswi SMA/SMK yang hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Sedangkan aplikasi konferensi video seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams menyediakan layanan meeting berbasis dalam jaringan di mana kita bisa melakukan video call atau mengadakan pertemuan dengan membagikan layar atau yang kerap disebut share screen.Beberapa penyedia layanan atau provider seperti Telkomsel dan Tri juga menyebutkan bahwa ada lonjakan trafik yang drastis dari E-Learning. Mereka mengungkapkan bahwa mulai dari bulan Maret tahun 2020 terjadi lonjakan trafik yang sangat signifikan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 26 − 16 =