Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Platform Desain Grafis : Untuk Media promosi

Kemajuan teknologi media telah membuat komunikasi menjadi semakin mudah dan mampu menjangkau pengguna yang sangat luas dengan jumlah yang tidak terbatas. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi saat ini terdapat pada teknologi internet yang begitu pesat. Dengan kemajuan teknologi tentunya berimbas pada segala bidang, tak terkecuali bidang bisnis. Dalam dunia bisnis, teknologi digital dapat menjamin kelancaran dan optimisasi layanan ke pelanggan serta meningkatkan kinerja suatu perusahaan (Irnawati, 2015). Banyaknya pengguna media sosial tentunya membuka peluang bagi pelaku usaha dalam memasarkan produk.

Desain merupakan salah satu komponen sebagai tolak ukur kesuksesan campaign marketing. Salah satu platform yang mendukung dalam memasarkan produk usaha adalah Canva. Canva merupakan salah satu program Design Online yang menyediakan berbagai tools atau alat editing untuk membuat desain grafis seperti poster, flyer, infografik, presentasi Powerpoint, brosur, dan masih banyak lagi. canva bisa diakses secara gratis maupun berbayar atau lebih dikenal dengan sebutan Canva Pro. Canva dapat membantu Anda membuat desain tanpa perlu menginstal aplikasinya. Di dalamnya, tersedia contoh-contoh desain yang bisa digunakan dan dimodifikasi oleh penggunanya.

Canva menyediakan beragam foto yang dapat digunakan sebagai ilustrasi konten, konten dalam bentuk template, jenis huruf dan berbagai ilustrasi lainnya yang dapat menunjang kreativitas dalam membuat desain. Agar dapat menggunakan Canva, pengguna harus mendaftar sebagai anggota dan penggunaan Canva dilakukan secara online melalui laman www.canva.com.

Cara menggunakan Canva :

  1. Sign-Up ke Canva
  2. Pilih kebutuhan anda
  3. Demo dan Jenis Desain
  4. Pilih gambar yang akan digunakan
  5. Desain sesuai keinginan

Kelebihan Canva :

  1. Menghemat waktu dan biaya
  2. Ramah untuk segala spesifikasi
  3. Membantu desain online tetap konsisten
  4. Kolaborasi dengan anggota tim
  5. Bisa digunakan pada segala perangkat

Canva sangat cocok bagi pelaku bisnis online shop dalam membuat desain-desain untuk keperluan promosi. Dengan desain yang menarik, tentu para pengunjung akan tertarik juga dengan produk yang ditawarkan.

Berikut saya lampirkan link youtube : https://youtu.be/BHGoeW5jHRg

Daftar Pustaka :

Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis. Jurnal Ikraith Teknologi Volume 6 No 1 (hlm. 42-68)

Fahminnansih, Fenty dkk. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Dan Promosi Produk Pada Sekolah Islami berbasis kewirausahaan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 2 No 1(hlm. 51-58)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.