Pentingnya Literasi Digital Guna Mendukung Pengembangan Produktivitas UMKM

Dimasa sekarang dimana Revolusi Industri 4.0 adalah era dimana cara kerja berpindah atau berubah dari cara kerja yang konvensional menjadi modern, dengan pendekatan digital atau dengan pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang. Adapun beberapa negara lain yang sudah memasuki Revolusi Industri 5.0 dimana pengembangan Internet of Things, Big data, dan Artifical Intelligence diorientasikan untuk kehidupan manusia yang lebih baik seperti penggunaan robot untuk menggantikan manusia. Di Indonesia sendiri, Revolusi Industri 4.0 ini sudah berjalan dan akan mendorong untuk beralih ke Revolusi Industri 5.0.

Disamping itu semua maka sangat penting adanya pemahaman setiap orang mengenai literasi digital. Literasi digital merupakan kemampuan memahami dan menggunakan berbagai informasi dari piranti digital secara efektif dan efisien dalam berbagai konteks seperti akademik, karier,dan kehidupan sehari-hari (Paul Glister dalam Indah Kurnianingsih dkk, 2017: 62). Literasi digital dapat diartikan juga sebagai bentuk ketertarikan, sikap dan kemampuan individu menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan, menganalisis dan mengevaluasi informasi, membangun pengetahuan baru, membuat dan berkomunikasi dengan orang lain agar dapat berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat.

Pada artikel kali ini akan dikaji mengenai ”Pentingnya Literasi Digital Guna Mendukung Pengembangan Produktivitas UMKM”. Literasi digital ini sangat penting untuk semua orang baik generasi muda maupun tua karena diera sekarang ini semua menggunakan teknologi sehingga pentingnya pemahaman mengenai bagaimana cara mengelola, menanggapi, beradaptasi mengenai dunia digital. Semua orang pasti mempunyai smartphone dan menggunakannya untuk mencari informasi sehingga pasti banyak dampak yang ditimbulkan baik itu dampak positif maupun negative. Sehingga literasi digital ini memberikan ilmu kepada kita untuk bisa mengetahui secara baik menggunakan teknologi informasi dan mengenai dampak terhadap teknologi digital.

Dimasa pandemi banyak sekali para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang mengalami kendala karena adanya pembatasan sosial untuk menanggulangi penyebaran virus corona ini. Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia mendorong transformasi digital di Indonesia, tak terkecuali dengan UMKM Indonesia. Kondisi pandemi Covid-19 yang membatasi pertemuan fisik masyarakat membuat penjual termasuk UMKM baik produk maupun jasa berpikir kreatif agar tetap eksis. Kegiatan interaksi jual beli yang biasanya dilakukan tatap muka langsung, sekarang dibatasi dan memaksa untuk dilakukan secara daring ataupun kegiatan fisik terbatas. Kebanyakan UMKM yang semula masih melakukan transaksi secara fisik dan kesulitan untuk bertransformasi ke digital. Karena dengan adanya pandemi mendorong masayarakat untuk melakukan jual beli online maka sangatlah penting literasi digital yaitu pemahaman mengenai digitalisasi ini sebagai salah satu solusi untuk mendukung produktivitas sebagai upaya untuk mengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Sebagai generasi muda seharusnya kita bisa membantu para pelaku UMKM ini dengan memberikan pemahaman mengenai digitalisasi. Hal tersebut bisa dimulai dengan hal kecil seperti memberikan pengetahuan umum mengenai berjualan dengan media sosial, memperkenalkan dan bisa memberikan sedikit gambaran secara umum. Adapun upaya lain sebagai cara dalam memberikan literasi digital untuk mendukung pengembangan produktivitas UMKM yaitu :

  • Peningkatan Fasilitas Publik yang Mendukung Literasi Digital

Salah satu upaya yaitu dengan adanya fasilitas publik yang mendukung literasi digital. Fasilitas publik ini bisa seperti perpustakaan yang menyediakan berbagai informasi mengenai digitalisasi pemasaran atau yang lainnya. Selain itu juga bisa dengan menyediakan WIFI sebagai penunjang dalam melakukan literasi digital dengan mencari informasi melalui internet.

  • Pengadaan Pelatihan dan Kegiatan Literasi Digital di Masyarakat

Upaya yang selanjutnya yaitu pelatihan literasi digital yang berguna sebagai bentuk sosialisasi dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman digitalisasi. Dengan adanya pemahaman ini nantinya akan mendorong para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya seperti dengan adanya sosialisasi ini mereka jadi paham mengenai pemasaran secara online, media sosial dalam penyebarluasan produknya dengan WhatApp, Facebook, Instagram, atau bisa juga dengan memberikan pelatihan mengenai E-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya.

  • Sosialisasi Penggunaan Internet yang Benar dan Keberadaan UU ITE

Upaya yang selanjutnya yaitu mengenai penggunaan internet yang benar seperti kita memberikan sosialisasi mengenai dampak positif dan negative terhadap digitalisasi ini dan kita memberikan sosialisasi atau pekenalan mengenai adanya aturan hukum yang berlaku juga bisa sebagai pedoman ketika ada tindak kejahatan di dalam penggunaan internet yaitu dengan memperkenalkan keberadaan UU ITE atau Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Itulah beberapa bahasan mengenai pentingnya literasi digital dalam upaya untuk mendukung pengembangan produktivitas UMKM. Untuk itu sebagai warga negara yang bijak maka pergunakanlah teknologi dengan sebaik mungkin dan bisa beradaptasi mengenai digialisasi yang semakin berkembang pesat.

Berikut saya lampirkan link YouTube : https://youtu.be/5HxyYDv-zlc

Daftar Pustaka

Bakri Soamole, Y. D. (2022). PELATIHAN LITERASI DIGITAL KEPADA PEMUDA KARANG TARUNA DAN IBU-IBU PENJUAL UMKM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROMOSI KUNJUNGAN KEOBJEK WISATA DI DESA LAKO AKELAMO KEC. SAHU KAB. HALMAHERA BARAT. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(November 2021), 1–17. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/barifola/article/view/4174

Rachmawati, D., Afrianti, R., & Lianardo, S. (2021). Komunikasi Pemasaran Digital bagi UMKM Desa Tridaya Sakti sebagai wujud literasi digital UMKM di Kabupaten Bekasi. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 30–38. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1304

Winarsih, E., & Furinawati, Y. (2018). Literasi Teknologi Dan Literasi Digital Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berwirausaha Bagi Kelompok Pemuda Di Kota Madiun. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1), 23–29. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4181/3878

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 27 = 32