Pemanfaatan E-Mail Sebagai Media Pembelajaran Sebagai Solusi Untuk Mempermudah Akumulasi Tugas

Electronic mail, atau yang biasa dikenal dengan e-mail, memiliki arti surat elektronik dalam bahasa Indonesia. E-mail atau surat elektronik adalah suatu sistem yang memungkinkan pesan berbasis teks dikirim dan diterima secara elektronik melalui komputer atau telepon genggam dengan menggunakan jaringan internet. Tidak hanya berbasis teks, e-mail juga dapat mengirimkan data berupa gambar, video, dan audio. Tentu saja, membandingkan e-mail dengan surat biasa sangat berbeda jika surat biasa membutuhkan waktu berhari-hari untuk sampai ke tujuannya. Dengan e-mail ini lebih mudah dan hemat waktu karena data langsung terkirim ke alamat e-mail yang dituju. Kami tidak hanya dapat mentransfer data di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Banyak peserta didik (baik siswa maupun mahasiswa) yang menggunakan e-mail sebagai salah satu  media atau perantara mengirimkan tugas kepada pendidik (guru atau dosennya) maupun antar peserta didik itu sendiri.

Adapun kelebihan dengan menggunakan e-mail, yaitu:

  1. mudah, karena hanya menggunakan jaringan internet untuk mengirim datanya;
  2. cepat, tidak membutuhkan waktu yang lama;
  3. biaya pengiriman relatif murah, jika dibandingkan penggunaan telepon atau mengirim surat ke luar daerah ataupun luar negeri;
  4. Global, siapapun, kapanpun, dimanapun dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam skala global;
  5. reliabel, dapat menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang, kecuali di hapus;
  6. sebagai pesan multimedia, yang dapat mengirim data bukan hanya teks saja, tetapi dapat berupa gambar, audio, dan video.

Selain itu, adapun kekurangan dari penggunaan e-mail, yaitu:

  1. salah kirim alamat e-mail, jika data yang dikirim merupakan data rahasia bisa saja disalahgunakan;
  2. pemalsuan identitas, karena tidak bisa memastikan keaslian identitas hanya dari alamat e-mail saja;
  3. banyak sampah e-mail, berupa iklan komersil;
  4. respon terlambat, tidak semua orang membaca e-mail setiap hari, sehingga ada kemungkinan balasan e-mail mengalami keterlambatan.

Mengirimkan tugas melalui email juga dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Contoh: Siswa diberi pekerjaan rumah, tetapi diberi batasan waktu untuk mengumpulkannya, maka di sini disiplin mengacu pada batas waktu pengumpulan pekerjaan rumah. Dalam hal ini mahasiswa tidak bisa berbohong karena email menjelaskan kapan file atau dokumen tersebut dikirim atau diterima. Selain itu, jika tugas yang diberikan adalah tugas pribadi, setiap siswa dapat mengembangkan rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas dalam waktu yang ditentukan.

Namun, adapun hambatan dalam mengirim tugas melalui e-mail, misalnya: apabila data yang dikirim dengan kapasitas yang besar dan akses jaringan internet atau sinyal saat itu  kurang bagus, maka akan menghambat pengiriman yang menyebabkan keterlambatan pengiriman data. Tetapi, hambatan ini bukanlah rintangan yang besar. Karena, hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakan email untuk mengirim data yang praktis dan mudah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan email, Anda juga dapat mengurangi penggunaan kertas. Jika dokumen berupa kertas, maka kertas bisa berserakan kemana-mana dan hilang, namun berbeda dengan email terpercaya karena dapat menyimpan email dalam satu server dan tidak akan hilang kecuali dihapus. Data dapat dibuka kapan saja dan di mana saja jika diperlukan.

Tentunya tidak hanya dirasakan di dunia kerja melalui penggunaan email. Siswa yang masih sekolah harus membiasakan diri menggunakan email. Ini karena email mulai digunakan sebagai lamaran kerja. Cara menulis email yang baik harus diajarkan sejak dini, misalnya kalimat yth harus digunakan di awal setiap email. Menulis email sifatnya formal, jadi menulis email bisa dikatakan sama dengan mengirim surat resmi ke suatu instansi. Pemberian tugas melalui email berdampak pada pembelajaran langsung hasil belajar, dan memberikan perintah kepada siswa melalui email dapat berdampak pada hasil belajar siswa. Tentu saja, siswa dapat dengan mudah mengirim tugas tanpa biaya pencetakan yang tinggi. Siswa dapat mengirimkan tugas dalam format pdf, yang tentunya dapat diterima oleh guru.

Link Youtube: https://youtu.be/n3tUNtXqsQM

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.