Kemajuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Teknologi informasi adalah sesuatu yang berhubungan dengan pengetahuan yang diperoleh manusia untuk memahami dan menyediakan informasi dengan menggunakan teknologi yang ada untuk membuat proses lebih cepat, lebih luas, dll. Selain itu, teknologi informasi adalah teknologi yang berkaitan dengan pengolahan data menjadi informasi dan proses penyebaran data/informasi  dalam batas-batas ruang dan waktu.

Perkembangan teknologi informasi dan multimedia yang begitu pesat sehingga perlu adanya peningkatan kualitas sumber daya penyuluhan. Misalnya, penyuluh perlu memiliki pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi selain ilmu pertanian. Oleh karena itu, penyuluh juga harus mampu menerapkan teknologi informasi sebelum  melakukan kegiatan penyuluhan pertanian.

Konsultasi atau Penyuluhan adalah proses pembelajaran bagi para pelaku utama dan pelaku usaha agar mereka mau dan mampu membantu dan mengatur diri mereka sendiri untuk mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumber daya lainnya, yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, kinerja usaha, pendapatan dan kesejahteraan , serta meningkatkan kesadaran akan produktivitas dalam rangka menjaga fungsi lingkungan.

Sebagai jalan keluar dari masalah, dukungan teknologi informasi dan komunikasi bagi peradaban dan kebahagiaan umat manusia memang tak terbantahkan. Seperti yang kita ketahui bahwa di era modern sekarang ini, peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat berpengaruh. ini tidak terlepas dari bisnis kami yang seringkali mengandalkan teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan yang bisa lebih cepat, mudah, murah dan menghemat waktu.

Kemajuan teknologi merupakan respon terhadap proses globalisasi yang semakin melingkupi dunia. Satu kemajuan yang tentu saja akan memberinya imbas untuk peradaban warga. Perubahan teknologi dan komunikasi yang demikian cepat, sudah munculkan ada sebuah media baru. Kehadiran media baru ini salah satunya ialah timbulnya internet. Internet sebagai sebuah produk teknologi komunikasi, walau telah berkembang semenjak beberapa puluh tahun lalu, tetapi sampai sekarang ini kehadirannya makin diperlukan oleh sebagian besar warga dunia.Warga bukan hanya rasakan kelebihan internet tapi juga rasakan imbas negatif ada internet.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memunculkan tren baru dalam industri  media massa di Indonesia, yaitu hadirnya banyak media yang menggabungkan teknologi media baru dengan teknologi komunikasi komunikasi tradisional. Konvergensi media telah menggantikan komunikasi pada saat layanan baru dan lebih luas dapat diwujudkan, karena telah mengubah tahap kehidupan, ucapan, pemahaman, dan keyakinan. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah teknologi digital dengan banyak karakteristik mendasar yang melekat padanya, dalam industri media, optimis mengubah sifat tugas sehingga efisiensi, lebih efisien dan inovatif.

Hartono (1990:7) jika informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh suatu organisasi, maka jika suatu sistem kekurangan informasi maka akan runtuh, menjadi kerdil dan  akhirnya mati. Tidak heran jika saat ini informatika (teknologi informasi) berkembang seperti badai. Berbagai jenis perangkat keras dan perangkat lunak telah dibuat dan tersedia dengan mode dan harga yang berbeda untuk permintaan akan informasi yang lengkap, akurat, cepat, relevan, murah, dan mudah dapat dilampaui, melintasi batas ruang dan cuaca.

Oleh karena itu, teknologi memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, misalnya dalam dunia pendidikan  sangat diperlukan saat ini. Sedangkan generasi muda harus mampu berkembang lebih jauh. Apalagi saat ini sedang terjadi, khususnya pandemi dimana  tidak bisa belajar secara langsung atau di kampus. Menggunakan teknologi modern akan memudahkan kita dalam keadaan darurat. Saat itu, teknologi akan terus berkembang secara terus menerus di bidang pendidikan. Kemajuan teknologi yang semakin canggih sangat mendorong bagi generasi muda dan generasi penerus dalam perkembangannya, dengan ini  sebagai generasi muda, kita menggunakan teknologi dengan cara yang bijak, baik dan hati-hati.

https://youtu.be/7rgQkgM94Mo

DAFTAR PUSTAKA

CREATIVIX. (2021). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Indonesia. Latest Articles.

Darwin, Y. (2014). Kemajuan Teknologi Informasi dan Perannya Dalam Penyuluhan Pertanian. Cybext: Cyber Extension.

Hartono, J. (1990). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.