AI : PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENT DALAM KAITANYA DENGAN DUNIA ISLAM

Muhammad Nur Fuad


[email protected]

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini memberikan dampak yang sangat signifikan bagi masyarakat Indonesia khususnya dalam agama islam, tidak hanya dampak negative yang ditimbulkan, namun juga banyak dampak positif yang dapat dimanfaatkan. Dengan teknologi masa kini manusi lebih dimudahkan dalam segala hal, dalam artian segala sesuatu pekerjaan dapat dilakukan hanya dalam handphone. Beberapa hal yang dapat digunakan adalah seperti transaksi, informasi, komunikasi, dan lain sebagainya. Selain dalam dunia umum, pekembangan teknologi juga dimanfaatkan umat islma dalam kaitanya untuk beribadah.

Salah satu contoh teknologi yang dimanfaatkan dalam islam adalah penggunaan Al quran digital, dimana umat islam dapat belajar, membaca dan memaknai alquran hanya dengan menggukan handphone, tanpa harus membuka alquran, aplikasi alquran digital dalam telepon gengngam telah diresmikan dan dibuat langsung oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Balitbang dan diklat kementrian agama. Namun pertama kali dalam pengadaanya ada beberapa orang yang menentang teknologi ini karena dianggap bi’ah, karena teknologi tersebut tidak ada pada zaman nabi. Namun pemerintah dan beberapa ulama menyampaikan bahwa hal itu tidak benar karena alquran digital merupakan penerapan dari manfaat teknologi masa kini.

Sebagai umat islam tidak hanya alquran dan hadits yg digunakan namun masih ada hukum lain yakni ijma’ dan qiyas. Dalam hal ini alquran digital masuk kedalam hukum qiyas karena penetapan suatu hukum dan perkara alquran digital belum ada pada masa sebelumnya namun memiliki kesamaan dalam sebab, maanfaat dan berbagai aspek dengan perkara terdahulu sehingga dihukumi sama, serta para ulama juga sudah menetapkan kesepakatan yang sama. Pada dasarnya alquran digital selain memanfaatkan teknologi baru yang ada juga untuk mempermudah umat islam dalam beribadah.

Dapat diibaratkan Ketika seseorang berpergian jauh tetap bisa membaca alquran tanpa harus membawa alquran yang dalalm bentuk buku, hanya dengan membuka aplikasi digital yang ada dihandpone, selain itu dalam alquran digital juga diimbangi dengan bergai fitur-fitur sebagai bahan belajar. Maksud dari fitur sebagai bahan belajar disini adalah fitur voice of text, dimana telepon akan membaca text yang kita tanyakan, hal ini merupakan menerapan dari konsep artificial intelligent atau biasa yang disebut AI karena voice of text dalam aplikasi alquran digital merupakan kecerdasan buatan yang ditambahkan dalam suatu system dalam konteks ilmiah. Dalam penerapanya hal ini dapat membantu umat islam untuk belajar alquran tanpa adanya guru mengaji, tetapi hal ini tidak disarankan karena hanya orang-orang yang jauh atau berkesibukan yang diperbolehkan, apabila ada guru mengaji kita tatap diwajibkan untuk belajar kepada guru atau ustad tersebut. Selain untuk saran belajar, voice of text ini digunakan juga untuk mendengarkan tadarus dengan mudah, dan dapat didengarkan dimana saja apalagi pada saat berpergian dan berkendara.

Bagi umat islam, alquran digunakan sebagai pedoman untuk menjalankan kehidupan sehari-hari, baik itu hubungan antar manusia dengan manusia, ataupun menusia dengan tuhan. Adanya teknologi alquran digital ini memberikan manfaat tersendiri terutama dalam hal kemudahan untuk dibaca dan dibawa kemana-mana. Selain itu masih banyak manfaat lain yang didapatkan, beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

  • Dapat digunakan dimana saja

Alquran digital merupakan sebuah aplikasi dalam smartphone, sehingga dapat dibukan dan digunakan dimana saja, hal ini dapat mempermudah kita untuk membaca dan beribadah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  • Lebih praktis

Alquran digital bentuknya lebih praktis dan kecil sehingga dapat dibawa dalam saku tas dan tempat-tepat lainya, alquran digital dapat didownlaod dalam bentuk teks maupun audio untuk kita dengarkan sewaktu-waktu.

  • Mudah dipahami

Dalam alquran digital ini dilengkapi dengan tajwid yang berwarna warni sehingga pengguna dapat lebih mudah memahami makna kata dalam alquran, dan juga lebih fasih dalam membaca karena tajwidnya jelas.

  • Terdapat terjemahan

Selain mudah dibaca pengguna juga dapat mengetahui terjemahan dari kalimat alquran, sehingga dapat diimplementasikan sehari-hari.

Dengan demikian manusia khususnya umat islam diharapkan dapat memanftaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya. Sehingga teknologi tersebut dapat memeberikan dampak positif dan dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Khususnya dalam penerapan menggunakan alquran digital ini, sehingga umat islam dapat selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Untuk lebih lanjut dapat menyimak video dibawah ini :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.