Penerapan AI dalam membantu komunikasi dua arah/Interaksi Bilingual

Penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari

Pada zaman modern saat ini, seringkali kita jumpai penerapan AI dalam segala kegiatan kehidupan sehari-hari. Baik dalam kegiatan berbelanja, konsultasi dengan dokter, maupun berkomunikasi dua arah.

Sebelumnya apa sih yang dimaksud dengan AI (Artificial Intelligence)?

AI (Artificial Intelligence)

Bagi orang yang hidup di zaman modern saat ini, istilah AI sangatlah tidak asing di telinga. Namun bagi orang yang hidupnya sebelum zaman modern, istilah ini tentu asing di telinga nya.

Jadi apa sih AI itu sebenarnya?

Artificial intelligence (AI) menurut John McCarthy merupakan suatu ilmu dan teknik dalam menciptakan mesin yang bersifat cerdas, terutama dalam menciptakan program atau aplikasi komputer cerdas. AI adalah suatu langkah untuk menciptakan komputer, robot, atau aplikasi atau program yang bekerja secara cerdas, layaknya seperti manusia (McCarthy, 2007).

Komunikasi dua arah

Komunikasi dua arah atau Interaksi Bilingual terjadi ketika penerima mengirimkan respons atau umpan balik ke pesan pengirim. Menurut Pipit Eko Priyono dalam buku Komunikasi dan Komunikasi Digital (2022), komunikasi dua arah adalah komunikasi yang bersifat timbal balik antara komunikator dan komunikan. Dalam proses komunikasi ini, komunikan diberi kesempatan untuk menanggapi atau memberi respons kepada komunikator.

Maka seiring berjalannya waktu, penerapan AI dalam bidang telekomunikasi mulai muncul dan berkembang. Bisa kita lihat contoh nya dengan kemunculan aplikasi WhatsApp, LINE, Telegram, dan lain-lain. Pengguna aplikasi tersebut pun semakin tahun selalu bertambah banyak. saat ini, WhatsApp dilaporkan memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan secara global dan menjadi tertinggi di dunia untuk aplikasi perpesanan. Penerapan AI dalam bidang telekomunikasi sangatlah membantu untuk berkomunikasi dengan sesama manusia. Misalnya saja saat keadaan kedua nya sedang berjauhan, entah antar negara, provinsi, daerah, desa, maupun tempat dan kedua nya ingin berkomunikasi, maka dibutuhkan sesuatu alat untuk saling bertukar respons. Maka penerapan AI seperti aplikasi WhatsApp, LINE, Telegram dan lain-lain lah yang akan membantu kegiatan berkomunikasi kita menjadi lancar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.