Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Generasi Muda

Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Generasi Muda oleh Ika Rizqi Ariyani

https://www.youtube.com/watch?v=wwRH8pIiwS0 atau https://www.canva.com/design/DAE9pbjVlEc/gxpyhT5QIn3WpP_HrDZAyQ/edit?utm_content=DAE9pbjVlEc&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

Di zaman yang modern ini, semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang. Kemudahan dalam menyelesaikan segala hal dengan cara-cara yang praktis. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan manusia. Dunia informasi saat ini seakan tidak dapat terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih.

Salah satunya dalam bidang teknologi komunikasi seperti adanya smartphone dan internet, membuat manusia semakin meningkatkan cara komunikasinya. Berbagai macam media untuk berkomunikasi pun hadir untuk memudahkan manusia berinteraksi. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi internet menjadi kebutuhan bagi masyarakat, hal inilah yang melahirkan media sosial. Media sosial merupakan media online (daring), yaitu media yang hanya ada dengan menggunakan internet dimana para penggunanya bisa menuangkan ide, mengekspresikan diri, dan menggunakan sesuai dengan kebutuhannya. Kehadiran media sosial memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Salah satu aplikasi di media sosial yang saat ini masih tetap booming dikalangan anak-anak, remaja bahkan orang dewasa yaitu TikTok. Tentu pernah mendengar kata “TikTok” bukan? Ya, tidak asing ketika kita mendengar kata “TikTok”. TikTok merupakan aplikasi buatan dari negeri Tirai Bambu lebih tepatnya Tiongkok, aplikasi yang platformnya sebuah media audio visual. Media ini berupa video dan foto yang di buat dengan disandingkan berbagai musik. Media ini adalah sebuah media yang menyebarluaskan berbagai kreativitas dan keunikan setiap penggunanya. Media sosial TikToK ini merupakan media sosial yang memberikan efek spesial yang unik dan menarik yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Dengan menggunakan media tersebut setiap penggunanya pun tidak bisa hanya sekali dua kali karena begitu senangnya mereka menggunakan media sosial TikTok.

Sebagai salah satu aplikasi yang dapat mendorong kreativitas seseorang dalam membuat suatu karya, khususnya dalam pembuatan video, Aplikasi TikTok sendiri merupakan platform untuk membuat video dengan efek spesial dan unik dengan mudah. TikTok juga menyuguhkan berbagai macam musik untuk latar video, filter sehingga penggunanya dapat menciptakan video yang lebih menarik. Aplikasi TikTok dapat melatih diri remaja atau anak-anak dalam mengasah skill editing video, untuk konten-konten yang lebih bermanfaat.

Namun disisi lain TikTok juga memberikan pengaruh negatif terhadap penggunanya terutama kaum remaja. Dan secara tidak langsung, TikTok juga menjadi penyebab generasi remaja untuk suka bergoyang ria. Mereka yang haus followers dan like akan melakukan apapun agar mendapatkan jumlah followers dan like yang diharapkan. Bahkan ada beberapa remaja dan anak-anak bergoyang ria yang tidak wajar dengan pakaian yang sangat tidak sopan. Membuat video yang tidak sewajarnya, bahkan tidak hanya remaja saja mereka melibatkan anak-anak kecil dalam pembuatan video TikTok demi respon yang banyak dari netizen, berani bernyanyi lagu dan berakting orang dewasa. Bahkan di TikTok tidak terdapat Batasan umur, sehingga anak usia belia pun sudah dapat mengakses situs-situs porno.

Sudah banyak dijumpai hal semacam diatas terjadi di aplikasi TikTok, maka dari itu sangat penting diperlukannya pengawasan dari orang tua. Orang tua harus bisa menjaga anak-anaknya atau mendampingi anak-anak mereka, atau setidaknya memberi arahan dan pemahaman yang jelas dan mendidik dalam menggunakan media sosial. Gunakanlah teknologi dengan sebaik-baiknya dan bijaklah dalam memilah untuk lebih mengerti mana yang baik dan mana yang buruk.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 45 − 39 =