Penggunaan Platform Digital Bagi Perkembangan Anak SD

Perubahan zaman diiringi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Perubahan berdampak pada segala aspek kehidupan.Salah satu aspek tersebut adalah bidang Pendidikan yang menunjuk pada jenjang Pendidikan SD.Dengan perubahan tersebut,siswa harus mampu beradaptasi dengan pekembangan teknologi ini.Dengan Perubahan ini berdampak pada aspek Pendidikan,Teruama pada pembelajaran anak sd yang telah mengalami perubahan dengan menggunakan platform digital seperti pengguanaan media diantaranya; Whatshapp,zoom,youtoube,e-mail dan googleclasroom.

Semakin pesatnya teknologi,semua orang diperlukan untuk mengikuti perkembangan teknologi agar tidak Gaptek . Penggunan platform ini dimaksudkan untuk membantu para guru mempermudah mengajar dengan jarak jauh kepada peserta didik tanpa ada Batasan jarak. Tujuan  yang paling penting penggunaan media tersebut adalah meningkatkan motivasi belajar. Beragam bentuk, animasi,dan variasi platform sekiranya  baik  untuk  mening-katkan motivasi belajar siswa.

Perubahan yang memungkinkan belajar dari rumah tentu akan kurang efektif dibandingkan dengan kegiatan belajar langsung .Melalui pertemuan tatap muka antara guru dan siswa, membutuhkan peralatan yang diperlukan hal ini dapat digunakan sebagai upaya untuk mengefektifkan pembelajaran dari rumah. lembaga termasuk orang tua yang selalu siap dan mau memberi perhatian.lebih banyak dengan mendukung dan mempromosikan semua kebutuhan anak-anak dalam kegiatan belajar dari rumah; akses internet untuk mendukung proses belajar. berarti dengan keinginan yang kuat dari siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh  mencapai tujuan mereka. kerjasama antara guru, siswa dan orang tua, murid.

Media digital terapan teknologi pembelajaran. Media ini dapat memberikan motivasi belajar di masa pandemi Covid-19. Artinya teknologi akan berperan dalam proses pembelajaran online. Media Digital dapat digunakan sebagai jembatan  bagi guru dan siswa  untuk berinteraksi dengan selama pandemic.

Di era globalisasi ini, guru perlu memahami dampak teknologi terhadap dirinya dan siswanya. Masa pandemic menjadi tantangan bagi  guru. Guru perlu melakukan upaya untuk memenuhi tanggung jawab mereka dalam melakukan pendidikan dan pembelajaran online. Agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif,  guru perlu mengembangkan teknologi sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan  kondisi.

Aktivitas pembelajaran menggunakan platform digital belum begitu berjalan lancar hal ini masih diperlukan perbaikan. Anak SD masih mengalami kesulitan dalam penggunan platform digital. Dengan pembelajaran di rumah anak malah sering bermain dikarenakan denggan penggunan media digital tersebut sering dilakukan oleh orang tua bukan siswa . Hal tersebut membuat anak lebih sering banyak waktu bermain  ketimbang belajar. Maka Penggunaan platform tersebut diperlukan pernaikan agar pembelajaran dapat berjalan sesuai yang diinginkan.Dan berjalan dua arah antara siswa dan guru.

Penggunaan media membantu guru melakukan pembelajaran online sambil belajar online, khususnya di sekolah dasar.  Untuk memilih perangkat teknologi yang tepat untuk digunakan dan diterapkan di sekolah dasar, guru harus terlebih dahulu  mempertimbangkan teori perkembangan kognitif Piaget untuk memahami karakter dan kondisi.  Guru perlu berusaha untuk memenuhi tanggung jawab mereka dalam melakukan pendidikan dan pembelajaran online.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 2 + 5 =