Peran Internet Dalam Industri Kreatif

Pada masa sekarang ini Industri kreatif banyak digaungkan dimana-mana, ditambah keterbukaanakses informasi yang semakin luas yang diakibatkan oleh internet. Maka dari itu, peran internet disini begitu penting dalam perkembangan didalam bidang industri kreatif. Namun, sebelum membahas mengenai keseluruhan topik, mari kita ketahui dulu apa itu Industri kreatif.
Seacara umum, Industri kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkit dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Industri kreatif juga dikenal dengan Industri Budaya atau Ekonomi kreatif. Menurut Kementrian Perdagangan Indonesia, Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaataan kreativitas, keterampilan. Dalam hal ini, Departemen Perdagangan Republik Indonesia menyatakan, Industri kreatif meliputi ; Periklanan, arsitektur, pasar barang dan seni, kerajianan, desain, mode fashion, video, film, fotografi, dsb.
Jika kita korelasikan dengan Internet. Teknologi saat ini melahrikan suatu jaringan internet yang memudahkan untuk melakukan segalanya. Jaringan internet semakin dikembangkan tidak haya sebatas telepon melalui smartphone, laptop, maupun desktop. Namun juga hadir dengan memberikan kemudahan akses internet yang lebih fleksibel yakni bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Akses inilah yang kemudian menjadikan industri kreatif semakin berkembang. Sebagai contohnnya, pasti kalian pernah melihat iklan, sekarang ini iklan tidak hanya berorientasi pada iklan televisi namun juga iklan bisa diaplikasikan dimedia yang lain. Seperti yang kalian temui diberbagai platform antara lain; youtube, tiktok, google ads, dll. Tidak hanya itu, internet juga memberikan kesempatan pekerja kreatif lebih luas untuk mendistribusikan produk atau jasa. Jika kita melihat kasus “Ghozali” kemarin peran NFT dalam menjembatani para pekerja kreatif, itu merupakan contoh nyata peran internet dalam bidang industri kreatif.


Youtube :
https://www.youtube.com/watch?v=ycm4GU3-aQY


Referensi :
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/sosio_ekons/article/view/3102
https://economy.okezone.com/read/2012/06/23/450/652409/peran-internet-dalam-pertumbuhan-ekonomi-kreatif
https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_kreatif

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

68 − = 64