Peran Literasi Digital dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Hidup

Futuristic smart city with 5G global network technology

Dimasa sekarang ini dimana teknologi berkembang dengan sangat cepat berbagai terobosan baru terus bermunculan. infoasi teknologi yang ditemukan menawarkan kemudahan hidup bagi umat manusia. Perkembangan zaman yang semakin maju membawa kita ke era teknologi 4.0, dimasa ini perkembangan teknlogi sangatlah pesat, berbagai aspek kehidupan tidak dapat lepas dari sentuhan teknologi. Hal ini semakin didukung oleh adanya jaringan internet yang semakin memadai. Berbagai informasi dapat dengan mudah didapatkan melalui media internet. Bahkan melalui IOT (internet of things) berbagai unsur kehidupan mulai dikendalikan oleh teknologi itu sendiri.

Lantas bagaimanakah pengaruh perkembangan teknologi ini terhadap keadaan kesejahteraan masyarakat. akankah kemajuan teknologi dapat memberikan secercah cahaya terang atau justru memperburuk keadaan. Hal ini lah yang akan coba dibahas dalam artikel kali ini.

Image by freepik.con

Perkembangan teknologi telah merambah berbagai aspek kehidupan. termasuk dalam pekerjaan sehari hari, berbagai terobosan baru mulai dilakukan. Sebagai contoh, dulu orang memesan ojek secara konfensioanal dengan mendatangi langsung tukang ojek tersebut, namun berkat adanya kemajuan teknologi orang dapat dengan bebas memesan ojek dari mana saja. Hal tersebut merupakan bahwa teknologi memepermudah manusia. Namun setelah adanya teknologi ojek online jika seseorang tidak belajar teknologi terbaru maka ia akan termakan oleh zaman. Dewasa ini tukang ojek konfensional mulai kehilangan sebagian besar penumpangnya hal ini dikarenakan mayoritas orang memilik ojek online daripada ojek konfensional. Hingga pada akhirnya para tukan ojek konfensional mulai berhenti atupun beralih ke ojek online. Hal ini menjadi bukti bahwa kehadiran teknologi dapat mengancam keberadaan suatu pekerjaan.

Sebagai contoh, sekarang telah ditemukan robot pembersih hotel. Dengan adanya robot ini maka pekerjaan sebagai petugas kebersihan menjadi kurang relefan. Karena dapat digantikan oleh robot yang memiliki nilai efektifitas lebih tinggi. Penggeseran manusia oleh teknologi juga sudah sangat marak terjadi. Terutama pada pekerja pekerja kasar yang tidak memiliki kemampuan khusus. Misalnya seperti buruh pabrik, petugas pembersih bahkan hingga sopir bus. Lantas bagaimanakah cara bertahan diera gempuran oleh teknologi baru.

Image by: Kominfo.go.id

Solusinya adalah melalu literasi digital. Apa itu literasi digital bagaimana bisa literasi digital menyelamtkan manusia dari gempuran teknologi baru.

Literasi digtal adalah sebuah tindakan diamana seseorang melakukan literasi atau mempelajari teknologi tesrbut. Karena kita tidak bisa menghindari arus kemajuan teknologi, maka kita harus bisa menguasainya. LIterai digital merupakan kunci utama dalam upaya bertahan di era digital 4.0, literasi digital berfokus pada pengembangan kualitas diri manusia agar mampu menguasai teknologi yang ada. Literiasi digital mencakup tigas aspek utama yang menajdi fokus dalam literasi. Literasi digital juga sering dikatikan dengan literasi baru. Tiga literasi baru diantaranya adalah literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia.

Literasi data merupakan kemampuan untuk membaca suatu data, dengan cara melakukan analisis dan pemahaman terhadap suatu data. Perlunya literasi data dikarenakan saat ini dunia telah menggunakan big data. Diamana data tersebut dapat memberikan keuntungan jika dianalisis dengan baik. Contoh dalam kehidupan sehari hari : – melihat dam membaca data pasar untuk menentukan strategi bisnis, – membaca data peminat dan daya tampung SBMPTN untuk menentukan kemungkinan diterima.

literasi teknologi merupakan literasi yang ditujukan untuk memahami mekanisma kerja suatu teknologi. Sehingga kita dapat memanfaatkan dan menggunakan teknologi tersebut. Contoh dari literasi teknologi adalah: – belajar bahasa pemprograman untuk menciptakan suatu perangkat lunak. – memahami tata cara kerja mesin untuk membantu kegiatan sehari hari misalnya mempelajari cara menggunakan mesin atm. – belajar dan memahami cara kerja platform digital seperti media sosial.

Literasi manusia merupakan literasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, serta kreatif. Literasi manusia berfokus tentang peningkatakn kualitas manusia itu sendiri, agar tidak tergantikan oleh teknologi. Contoh dari literasi manusia adalah : – mendirikan usaha kreatif yang memiliki peluang pasar tinggi. – berkolaborasi dengan teman untuk mendirikan suatu startup. – berpikir kritis terhadap permasalahan yang sedang dihadapi.

image by: moka.com

Setelah membaca tiga aspek utama literasi digital di atas, kita tentunya telah memahami bahwa cara untuk dapat bertahan di era moderen seperti sekarang adalah dengan berpikir kreatif, inofatif serta kolaboratif. Kemudian kita juga harus bisa menguasai perkembangan teknologi dan dapat menganalisis data. Jika seseorang telah memiliki kemampuan seperti yang diharapkan oleh aspek literasi digital, maka kemungkinan besar orang tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Karena pada dasarnya jika kita memiliki kemampuan maka kita akan mendapat penghargaan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki

Cara lain untuk meingkatkan kesejahteraan hidup di era digital seperti sekarang ini adalah melalui eknomi kreatif. Dengan bermodalkan literasi digital yang telah dipelajari, kita dapat memanfaatkan teknologi seperti platform media sosial untuk melakukan promosi produk. Kemudian melalui analaisis data pasar kita dapat menentukan demand yang tinggi yang berpotensi dijadikan bisnis. Melalui analisis data tersebut kita dapat menenkuna bisnis mana yang kira kira dapat menguntungkan. Dalam menjalankan usahapun diperlukan kemampuan keratif, inofatif serta kolaboratif. Contoh dari bisnis ekonomi kreatif adalah membuat restoran tanpa restoraf fisik. artinya kita dapat menjual produk makanan kita melalaui platfrom media seperti grab food, ataupun shopee food.

Demikian artikel ini, pada intinya untuk dapat meningkatkan kesejahteraan hidup di era teknologi 4.0 diperlukan adanya literasi digital. literasi digital tesrbeut berguna sebagai modal awal dalam menghadapi era perkembangan teknologi.

Henry Zazin Afidin

UNNES Students

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 1 + 2 =