Bijak Menyikapi Perkembangan Teknologi Dalam Lingkup Sekolah Dasar

Tentu kita tahu akibat dari gobalisasi yang salah satunya ditandai dengan perkembangan teknologi yang pesat. Semua orang berlomba-lomba untuk dapat menemukan hal baru yang dapat mempermudah dirinya. Misalnya saja, perkembangan IT yang sangat pesat dan mempengaruhi seluruh elemen individu dan berbagai sektor, tak terkecuali negara kita Indonesia.

Mengenal lebih jauh apa yang dimaksud dengan teknologi informasi. Teknologi informasi merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah  data  dengan memproses, memindahkan, dan penyampaian informasi antar sarana atau media. Contohnya, computer, internet, handphone, TV, dan peralatan elektronik lainnya.

Telah disebutkan di awal bahwa perkembangan teknologi, salah satunya adalah IT mempengaruhi seluruh elemen individu, salah satunya bagi siswa sekolah dasar atau dalam bidang Pendidikan. Maka dari itu, kita tidak dapat menolak akibat dari perkembangan tersebut, tetapi masih dapat menerima dan memanfaatkannya secara bijak, salah satunya teknologi menjadi media pembelajaran. Siswa sekolah dasar zaman sekarang umumnya sudah tahu bagaimana mengoperasikan handphone dengan fitur canggih. Terutama akibat penerapan dari PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) ketika pandemic berlangsung. Siswa diharuskan mengikuti seluruh kegiatan akademik berbasis online.  Maka dari itu perlu pendampingan lebih terhadap siswa apalagi berkaitan langsung dengan perkembangan teknologi tersebut.

Kita tidak dapat mencegah perkembangan teknologi tersebut, tetapi masih dapat menyikapinya dengan cara yang cerdas. Jangan sampai dampak buruk yang ditimbulkan dari teknologi informasi tersebut dapat mempengaruhi anak-anak, misalnya yang sering terjadi anak cenderung malas bersosiaisasi dan ebih mementingkan handphone, contoh yang ain anak ebih suka mengandakan internet dibanding dengan belajar mandiri. Maka dari itu diperlukan dukungan khusus baik di sekolah ataupun di rumah. 

Ketika di sekolah seorang pendidik harus lebih bijak untuk mengkondisikan siswanya. Pendidik harus menjadi teladan bagi peserta didiknya sehingga memimalkan terjadinya penyalahgunaan teknologi bagi siswa sekolah dasar. Teknologi sebagai media pembelajaran dapat dimanfaatkan dengan cara guru membuat video interaktif bagi siswa sehingga dapat menarik perhatian siswa tersebut dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah di dalam kelas. Hal ini diterapkan ketika kita mengalami atau menjalani masa pandemic, seluruh siswa diharuskan untuk mengikuti kegiatan akademi secara online atau daring. Maka dari itu diperukan juga dukungan atau peran dari orang tua untuk mendampingi putranya ketika belajar di rumah. Sebagai orang tua harus melakukan pendekatan dan memberikan pemahaman terhadap anak terkait pemanfaatan teknologi. Contoh kecil dengan memperhatikan tayangan yang ditonton oeh anak-anaknya dan selektif terhadap media yang dilihat anak.

Link Video:

https://youtu.be/71OKovU9Vec

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 48 = 57