MANFAAT DAN PENGARUH PENGGUNAAN GOAL-LINE TECHNOLOGY DAN VIDEO ASSISTANT REFEREE BAGI PERKEMBANGAN DUNIA SEPAKBOLA DI ERA DIGITAL

Seperti yang kita ketahui, masifnya perkembangan teknologi di era digital saat ini menyebabkan berbagai perubahan di semua bidang kehidupan manusia. Perkembangan teknologi mulai dari di bidang pendidikan, politik, ekonomi, sosial, gaya hidup, hingga olahraga saat ini berkembang begitu cepat. Olahraga adalah salah satu bidang yang tidak luput dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membantu pertandingan sepakbola sehingga menjadi daya tarik tersendiri karena disuguhkan oleh sebuah olahraga yang dikemas dengan penggunaan teknologi yang baik.

            Perkembangan teknologi di dunia olahraga khususnya sepakbola mulai terlihat di satu dekade terakhir, lebih tepatnya pada tahun 2012, dimana munculnya penggunaan teknologi garis gawang atau Goal-Line Techonology (GLT) dan Video Assistant Referee (VAR). Penggunaan kedua teknologi tersebut tidak serta merta dapat digunakan secara langsung, melainkan diujicobakan terlebih dahulu untuk menguji kelayakan dari teknologi tersebut pada kelangsungan pertandingan sepakbola. Penggunaan teknologi di dunia sepakbola dipicu oleh keterbatasan pengamatan pengadil lapangan yang sering melahirkan kontroversi terkait keabsahan terjadinya atau tidaknya sebuah gol. Tidak hanya itu, kontroversi seperti pelanggaran yang tidak diketahui wasit hingga proses gol yang tidak menjadi alasan lain untuk membuat sebuah teknologi guna membantu wasit agar berbuat lebih adil di dalam pertandingan.

            Teknologi Goal-Line Techonology dan Video Assistant Referee diperkenalkan pada tahun 2012, namun GLT terlebih dahulu digunakan di dalam pertandingan sepakbola yaitu pada tahun 2013, dibanding VAR yang mulai digunakan pada tahun 2016. Lebih dahulunya GLT digunakan dikarenakan sistem operasi yang lebih simpel dan lebih praktis dibanding VAR. Metode GLT yaitu untuk membantu wasit menentukan bola sudah melewati garis gawang atau belum. Alat dari teknologi GLT berbentuk seperti jam dengan indikator apabila bola sudah melewati garis gawang maka jam akan berbunyi maupun menampilkan tulisan “Goal”. Sedangkan, VAR menggunakan metode dan alat yang lebih rumit dan lebih banyak yaitu dengan menggunakan 33 kamera yang dikendalikan oleh beberapa wasit. Penggunaan kamera juga tidak main-main, dimana semua kamera ditempatkan di setiap sudut yang berguna untuk memantau pertandingan secara keseluruhan dari layar monitor. Tidak hanya itu, penggunaan VAR juga lebih menambah jumlah wasit tiap pertandingan guna mengoperasikan alat VAR tersebut. Oleh karena hal itu, GLT lebih dulu diterapkan dan dipakai, dan lambat laun kedua alat tersebut mendapat respon positif dari pelaku dan penikmat sepakbola walaupun respon negatif tetap dilayangkan dalam penggunaan teknologi tersebut.

            Dari adanya alat GLT dan VAR dapat berpengaruh sangat besar terhadap sebuah pertandingan sepakbola sekaligus memberikan manfaat yang besar untuk atlet maupun wasit di lapangan. Manfaat yang terasa signifikan dari penggunaan alat GLT yaitu tidak ada lagi gol yang tidak disahkan walau bola sudah melewati garis gawang, yang mana hal ini terjadi karena keterbatasan pandangan dari wasit utama untuk mengesahkan terjadinya gol. Selain itu, manfaat yang lebih besar dapat dirasakan dalam penggunaan teknologi VAR. Manfaatnya yang ditimbulkan yaitu dapat meminimalisir kesalahan wasit, dimana banyak kejadian kontroversial di pertandingan sepakbola akibat keputusan wasit yang dapat merugikan tim yang bertanding. Teknologi VAR juga dapat membuat pemain lebih berhati-hati lagi karena semua perbuatan yang dilakukan yang dapat merugikan tim dapat dipantau melalui kamera yang terhubung langsung ke ruang operator VAR. Manfaat lainnya dari penggunaan VAR yaitu dapat menciptakan pertandingan yang lebih terbuka dan adil, dimana wasit dapat melihat tayangan ulang apabila terjadi keraguan dalam pengambilan keputusan di lapangan.

            Oleh karena itu, pengaruh dan manfaat yang ditimbulkan oleh teknologi terhadap bidang olahraga khususnya sepakbola di era digital saat ini sangat signifikan bagi pelaku di lapangan maupun penikmat di luar lapangan. Olahraga sepakbola saat ini sudah dan akan terus menjadi olahraga nomor 1 di dunia dan semakin menarik minat masyarakat untuk menikmati pertandingan sepakbola di era digital yang sudah dilengkapi dengan peralatan atau teknologi yang canggih dan modern yang dapat menambah keseruan dalam tiap pertandingannya.

Link Youtube : https://youtu.be/LPOCEXBPt_s

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 44 + = 48