PEMANFAATAN FITUR SHOPEE AFFILIATE SEBAGAI CARA BARU MENGHASILKAN UANG MELALUI SOSIAL MEDIA

Media sosial kini menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat. Tidak hanya masyarakat perkotaan saja tetapi hingga masyarakat pedesaan juga sudah banyak yang menggunakan sosial media. Berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanayak 191 juta orang pada Januari 2022. Dikatakan jumlah tersebut telah meningkat sebanyak 12,35% jika dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 170 juta orang. Melihat tren tersebut, jumlah pengguna media sosial di Indonesia semakin meningkat di setiap tahunnya.

Pada data tersebut, Whatsapp menjadi media sosial pertama yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Dengan mencapai presentase 88,7%. Instagram dan Facebook menjadi urutan selanjutnya dengan presentase masing-masing 84,8% dan 81,3%. Dengan munculnya aplikasi TikTok juga turut menyumbang presentase yang cukup besar yaitu 63,1%.

Diantara media sosial tersebut, Instagram, TikTok dan Facebook telah mempunyai fitur video yang menarik. Adapun ketiganya sudah dilengkapi dengan fitur marketplace yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menjadi sarana penjualan online mereka.

Interaksi di sosial media yang dimanfaatkan masyarakat juga beragam. Mulai dari berkirim pesan/chatting, mengunggah konten kreatif, hingga akhir ini banyak yang sudah memanfaatkannya sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sumber: Shopee.co.id

Salah satu fitur yang saat ini populer di kalangan masyarakat adalah adanya program affiliate. Affiliate merupakan salah satu program kerja sama antar perusahaan atau perorangan dengan cara mempromosikan produk di platform media sosial.

Fitur affiliate ini telah banyak dijumpai di berbagai e-Commerce di Indonesia. Shopee merupakan e-Commerce yang paling banyak diminati masyarakat apalagi dengan fitur affiliate ini yang mudah dipahami oleh masyarakat. Shopee Affiliate Program merupakan sebuah program dari Shopee yang digunakan untuk mempromosikan produk Shopee di sosial media. Adapun sosial media yang dapat digunakan adalah Instagram, TikTok, Twitter, Facebook dan YouTube.

Adapun keuntungan jika bergabung di Shopee Affilates Program diantaranya yaitu:

  1. Pengguna akan mendapatkan komisi tetap dari 2,5% hingga 10% untuk produk Shopee Mall, Supermarket, Star+ dan Star*
  2. Pengguna akan mendapatkan komisi EKSTRA hingga 100% dari pihak Penjual yang dipromosikan produknya
  3. Pengguna akan mendapatkan produk dan voucher GRATIS dengan mengikuti campaign Shopee
  4. Pengguna kana mendapatkan bonus Rp1.850.000 untuk 1.200 pesanan pertama
  5. Pengguna akan mendapatkan komisi 20% dari Shopee Affiliates Team

Setelah melihat keuntungan bergabung di Shopee Affilates Program tersebut, maka tentunya kita harus mengetahui apa saja ketentuan untuk bergabung di Shopee Affilates Program, yaitu:

  1. Akun media sosial aktif, terbuka untuk umum, dan memiliki konten orisinal
  2. Akun Shopee dan media sosial adalah akun pribadi, bukan akun toko atau Penjual Shopee

Selain itu, terdapat syarat dan ketentuan lain untuk bergabung dalam Shopee Affilates Program, diantaranya:

  1. Produk yang akan menghasilkan komisi tetap adalah produk valid dari Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+ dan Star Seller
  2. Produk yang dilarang adalah produk seperti rokok, vape, ganja, obat-obatan terlarang, produk dewasa, dan produk tidak original atau palsu
  3. Komisi akan dibayarkan setiap 2 (dua) minggu sekali. Jika komisi masih di bawah Rp10.000, pembayaran komisi akan ditunda dan diakumulasikan untuk periode pembayaran berikutnya
  4. Shopee berhak untuk mengunggah ulang konten di media sosial dan aplikasi Shopee
  5. Untuk Syarat dan Ketentutan selengkapnya terdapat di aplikasi Shopee.

Adapun, langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran di Shopee Affiliates Program:

  1. Daftarkan diri sebagai affiliates berbayar dalam Program Afiliasi Shopee. Kamu bisa mendaftarkan diri di link https://shopee.co.id/m/gabungkol-affiliate-185
  2. Pastikan akun media sosial kamu aktif, memiliki konten orisinal, dan terbuka untuk umum. Akun media sosial kamu dan akun Shopee kamu merupakan akun pribadi, bukan akun toko atau penjual.
  3. Pilih produk yang ingin kamu review atau promosikan di akun media sosial. Pastikan agar produk yang kamu pilih merupakan produk dari toko Star, Star+, atau Shopee Mall.
  4. Dapatkan custom link produk yang bisa digunakan untuk produk ulasan. Link bisa didapatkan dari halaman produk di aplikasi Shopee setelah melakukan pendaftaran. Klik salin tautan untuk mendapatkan custom link (https://shp.ee)
  5. Sebarkan custom link melalui media sosialmu. Misalnya, melalui description box di YouTube, bio atau swipe up link Instagram, dalam postingan Facebook, thread Twitter, atau kolom komentar, floating text, bio, atau caption TikTok.
  6. Terima pembayaran komisi untuk setiap pembelian yang dibuat melalui custom link kamu. Pastikan kamu sudah mengaktifkan ShopeePay serta melengkapi detail pembayaran untuk menerima pembayaran komisi.

Nah, bagaimana? Menarik bukan? Ini merupakan peluang besar bagi para pengusaha online dan pengguna media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup menguntungkan.

Dengan memiliki fitur yang mudah digunakan, hanya dengan membagikan link produk yang sudah di-affiliate kan ke akun sosial media Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi yang menguntungkan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Good Luck!

Berikut video youtube penjelasannya

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.