Perkembangan Literasi Digital Pada Fitur Instagram dari Masa ke Masa

Gambar by Selular.ID

Seiring perkembangan zaman, Instagram semakin melengkapi berbagai fitur unggulannya. Instagram merupakan media sosial yang awalnya memberikan fasilitas bagi para pengguna untuk mengunggah foto dan video. Fitur Reels dan beragam filter yang bisa digunakan untuk membuat foto dan video juga menjadi bagian yang menjadi ciri khas dari aplikasi ini. Fitur terbaru yang diluncurkan pada tahun 2016 yaitu InstagramStory atau yang biasa dikenal dengan Insta Story seiring dengan berkembangnya pengguna Instagram. Insta Story merupakan fitur yang diperuntukkan bagi pengguna untuk mengunggah foto dan video dengan durasi yang disediakan selama 15 detik selama 24 jam. Berikut dibawah ini fitur Instagram terbaru saat ini, di antaranya:

1. Toko Instagram (Instagram Shopping)

Fitur ini menjadi salah satu fitur terbaru Instagram karena dinilai dapat menghadirkan pengalaman belanja e-commerce di dalam media sosial Instagram tanpa harus berpindah aplikasi. Didalam fitur ini, pengguna di sediakan berbagai katalog produk dari berbagai akun instagram bisnis yang nantinya dapat secara langsung berbelanja di aplikasi tersebut atau lewat website toko yang bersangkutan.

2. Reels

Fitur ini mirip dengan aplikasi TikTok, dengan fitur terbaru ini kita bisa membuat video minimal 15 detik dengan pilihan audio, efek, dan tools kreatif lainnya. Fitur ini memfasilitasi bagi pengguna yang ingin berbagi video dengan bentuk portrait yang sebelumnya pengguna hanya bisa berbagai video dalam bentuk landscape melalui fitur Feed Instagram. Reels berbeda dengan Insta Story yang hanya bertahan selama 24 jam, tetapi fitur Reels akan permanen selama kita tidak menghapusnya dari akun kita.

3. Stiker Add Yours

Fitur Add Yours Instagram menjadi stiker interaktif dengan saling membalas sebuah topik yang dibagikan. Dengan stiker ini setiap followers yang melihat stiker Add Yours Instagram dapat langsung membalasnya atau juga dapat mengikuti tren dan berpartisipasi lewat stiker tersebut.

4. Live Room

Awalnya, Instagram Live hanya bisa dilakukan maksimal oleh 2 orang. Namun seiring dengan meningkatnya antusiasme pengguna selama Covid-19 untuk melakukan Live Streaming maka fitur ini semakin ditingkatkan sehingga dapat menampilkan 4 jendela dalam satu layar yang dapat diisi oleh 4 pengguna sekaligus untuk melakukan Live Streaming bersama.

5. Fitur On Off Kamera dan Audio Saat Live

Fitur ini lebih mirip dengan zoom yang dapat mematikan audio dan kamera saat Live Streaming. Sehingga dapat memudahkan pengguna agar tidak perlu mengakhiri Live Instagram apabila terdapat gangguan atau keperluan mendesak.

6. Reels Remix

Fitur ini mirip seperti TikTok Duet, pengguna Instagram dapat menjadikan satu antara konten pengguna lain dengan konten pribadi.

7. Swipe Up berubah menjadi Stiker Link

Fitur Stiker Link ini dapat digunakan oleh seluruh pengguna dengan menyematkan link atau tautan URL di Instagram Story. Fitur ini mempermudah bagi akun bisnis atau promosi yang membutuhkan koneksi ke website. Sebelumnya, fitur Swipe Up yang hanya dapat digunakan oleh akun yang memiliki followers 10.000 seperti Influencer, fitur ini dapat berjalan apabila pengguna mengusap layar dari bawah ke atas apabila dalam InstaStory tersebut terdapat tulisan “Swipe Up”.

Dengan adanya perkembangan digital yang memberikan banyak kemudahan terutama pada berbagai fitur Instagram, tetapi kita tetap harus selektif dan bijak dalam menggunakan media sosial.  

Untuk memperjelas pemahaman Anda, berikut link YouTube di bawah ini:

Ditulis oleh :

Anisa Dinanti

NIM : 6411421044

Rombel 2A – Kesehatan Masyarakat

Fakultas Ilmu Keolahragaan

Universitas Negeri Semarang

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.