PEMANFAATAN VAR DALAM SEPAK BOLA

Olahraga merupakan kegiatan fisik atau psikis yang sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia dari mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. Kemudian ada beberapa jenis olahraga yang digemari di masyarakat, salah satu cabang olahraga yang banyak diminati adalah sepak bola.

Sepak bola sendiri adalah permainan dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain atau tim. Dalam rangka meningkatkan implementasi penuh dalam sepakbola, pemanfaatan teknologi dalam sepakbola juga semakin sempurna, seperti penggunaan Video Assistant Referee (VAR) pada pertandingan sepakbola kelas dunia.

Video Assistant Referee atau VAR adalah teknologi perekaman video instan yang digunakan untuk meninjau keputusan wasit. VAR dibuat karena banyak keputusan wasit yang dianggap tidak tepat karena ketidaktahuan mereka saat kejadian atau hal lain yang luput dari perhatian.

Sistem kerja VAR menggunakan 33 kamera, dikendalikan oleh 13 anggota wasit dan  4 operator. Dari 33 kamera tersebut, 12 kamera mampu menangkap super slow motion, sedangkan 4 lainnya bahkan ada yang ultra slow motion. VAR diposisikan sedemikian rupa sehingga hampir tidak ada celah di lapangan yang bisa lolos dari pengawasan VAR. Kemudian ada dua kamera ultra- slow motion di belakang gawang. Dua kamera lainnya ditempatkan dalam posisi offside. Di sela-sela itu, terdapat monitor VAR yang bisa digunakan wasit untuk melihat cuplikan video jika diperlukan.

MOSCOW, RUSSIA – JUNE 21: Video Assistant Refereeing (VAR) Room at the Internatinal Broadcasting Centre on June 21, 2018 in Moscow, Russia. (Photo by Joosep Martinson – FIFA/FIFA via Getty Images)

Manfaat VAR sendiri dalam sepakbola seperti berikut :

  • Meminimalisir Kesalahan Wasit

Keberadaan VAR bermula dari sejumlah isu keputusan wasit yang dianggap kontroversial. Sebagai manusia, wasit bisa ceroboh dan membuat keputusan yang buruk. Selain itu, ada beberapa pelanggaran, seperti offside kecil, yang sulit dideteksi wasit di lapangan, dan biasanya wasit menanyakan pendapat hakim garis atas suatu kejadian tertentu. Namun, ini juga sering tidak memuaskan. Dengan adanya rekaman melalui VAR diharapkan kesalahan dalam pengambilan keputusan akibat ketidaksengajaan dapat diminimalisir.

  • Menciptakan Pertandingan Yang Lebih Terbuka dan Adil

Teknologi VAR dapat memberikan solusi untuk membuat keputusan wasit lebih transparan. Keputusan wasit tidak lagi sangat subjektif, tetapi didukung oleh bukti-bukti yang sah. Beberapa percaya VAR bisa menjadi teknologi yang membuat sepakbola masa depan lebih terbuka dan adil.

  • Membuat Pemain Lebih Berhati-Hati

Kehadiran VAR membuat pemain memikirkan kembali apakah akan melakukan pelanggaran. Terkadang, jika pemain tidak merasa seperti tidak terlihat oleh wasit, mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan. Karena itu, ada beberapa pelanggaran yang tidak terpantau wasit atau terlalu jauh dari bola.

Insiden Yang Dapat Diinterupsi VAR

Tidak semua peristiwa yang terjadi di lapangan sepak bola dapat diputuskan dengan bantuan VAR. Ada empat jenis pelanggaran khusus yang memungkinkan wasit melihat rekaman. Berikut empat halnya.

  1. Keputusan tersebut memberikan kualifikasi sanksi. Apakah pelanggaran itu harus dihukum atau tidaknya.
  2. Keputusan mengenai gol, terutama ketika ada potensi pelanggaran di depan gawang. Misalnya, ada handball yang sulit dilihat wasit dari jarak jauh.
  3. Keputusan terkait kartu merah pemain.
  4. Keputusan status terkait dengan kemungkinan kesalahan yang dilakukan wasit karena kesalahan memberikan hukuman kepada pemain.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 9 = 11