STRAVA : Aplikasi Monitoring Kegiatan Olahraga

Salah satu aplikasi olahraga yang paling populer dan berkembang pesat saat ini yang banyak dipakai oleh olahragawan adalah Strava. Aplikasi Strava merupakan sebuah aplikasi yang menggabungkan teknologi modern, big data analysis, cloud computer, komunitas dan media sosial dalam satu platform yang bisa kita pakai dengan gratis yang mana aplikasi ini biasanya digunakan saat kegiatan sepeda, berlari, berenang, jalan, hiking dan olah raga lainnya.

Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dan lakukan dengan Strava untuk kegiatan olahraga:

  • Tracking (Pantau)

Pengguna aplikasi Strava bisa merekam dan melihat jejak, memplot di peta, termasuk data jarak, waktu, kecepatan, ketinggian (elevasi) dan lainnya dari kegiatan olahraganya, seperti sepeda, lari, jalan, kano/perahu, sepeda listrik, hiking, olahraga bergerak lainnya.

  • Connecting (Jaringan)

Tidak hanya sebagai data pribadi, kita juga memiliki opsi jika mau membagikan nilai, jadwal, hasil, rute dan lainnya kepada orang lain. Termasuk juga melihat atau memfollow teman, orang lain atau orang di sekitar kita, untuk melihat kegiatan apa, bagaimana, kemana saja mereka berolahraga.

  • Competiting (Kompetisi)

Ada fitur “explore” di Strava, yang akan menginformasikan tantangan lokal, seperti marathon, berkompetisi dan mengalahkan catatan waktu atau kecepatan orang lain, sehingga kita bisa menemukan tantangan baru dan tidak hanya melakukan olahraga yang sama terus menerus (monoton).

Cara Menggunakan Strava

  • Download dan install aplikasi: Strava: Track Running, Cycling & Swimming
  • Daftar / Sign up Strava

Mendaftar memakai akun media sosial seperti facebook, gmail, atau apple ID.

  • Setting Profile

Selanjutnya edit dan isi profile, nama, foto profile, kota, pilij jenis olahraga utama (lari atau sepeda), tanggal lahir, umur dan berat badan, dan sebagainya. Lalu Klik Save/Done.

  • Ubah Satuan yang digunakan

Biar ketika menggunakannya tidak kebingungan dengan satuan yang digunakan oleh Strava, maka perlu disetting untuk mengubah dari Imperial ke Metric. Biar nanti ketika digunakan untuk berlari/bersepeda akan melihat unit satuan pace dalam km/minutes dan kecepatan dalam km/hours, bukan mile/minutes atau mile/hour

  • Record

Jika semua sudah diatur, maka Strava sudah siap untuk dipakai. Sebelum memulai kegiatan olahraga, pilih menu record, jika GPS berfungsi, maka akan muncul posisi kita di dalam peta, dan ada notifikasi berwarna hijua untuk “GPS signal acquired”. Pilih olahraga yang akan kita lakukan, apakah berlari, jalan, bersepeda, hiking, berenang, dan ada banyak pilihan lain.

  • Jika Sudah selesai, klik tombol stop

Tombol “Stop” berfungsi untuk menghentikan proses perekaman olahraga. Ketika tombol Stop ditekan maka Strava akan memberi dua pilihan. Pilihan pertama adalah Resume bila kita akan beristirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan berolahraga. Tombol Finish berguna untuk mengakhiri olahraga.

Bila menekan tombol Finish Strava akan membawa kita ke halaman untuk menyimpan olahraga lari kita untuk kita akses suatu saat nanti untuk mengevaluasi kemajuan latihan kita.

  • Save/simpan

Jika sudah selesai atau tiba di tujuan, tekan finish, dan kita bisa memasukkan informasi tambahan untuk rute yang baru saja kita tempuh. Seperti judul, foto, jenis aktivitas (workout atau race), dll. Kemudian klik Save.

Link Video : https://youtu.be/VSOViC0z8es

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 37 = 40