Teknologi Digital Sebagai Sarana Penunjang Produktivitas Mahasiswa

Keberadaan teknologi digital membantu manusia dapat melakukan pekerjaan secara efisien. Hal tersebut mendorong pada peningkatan produktivitas. Pada kalangan mahasiswa produktivitas sangat diperlukan untuk dapat melakukan hal yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Dalam era digital seperti saat ini, keberadaan teknologi digital dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sarana yang menunjang peningkatan produktivitas mahasiswa.

Produktivitas secara sederhana dipahami sebagai kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien. Suatu hal dikatakan produktif saat keluaran atau hasil lebih besar dibandingkan masukan. Produktivitas berkaitan erat dengan waktu, oleh karena itu produktivitas seringkali berkaitan dengan keterampilan pengelolaan waktu dalam memperoleh hasil.

Dalam perkembangan teknologi tidak lepas dari dampak negatif yang menyertainya, salah satunya pada kualitas hidup manusia khususnya dalam produktivitas kerja. Dampak negatif dapat terjadi saat individu tidak dapat fokus dalam melaksanakan pekerjaan karena banyaknya distraksi akibat dari perkembangan teknologi. Namun, terlepas dari hal tersebut ketika ada kemauan dan kesadaran individu untuk mengubah dampak negatif menjadi positif maka hal tersebut dapat diatasi, salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas.

Mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi digital yang telah berkembang saat ini untuk meningkatkan produktivitas. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pendukung produktivitas yang telah tersedia di smartphone dan mudah diakses. Berikut beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan mahasiswa dikelompokan berdasarkan kegunaanya:

Aplikasi Meningkatkan Fokus

Kemampuan untuk fokus dalam melakukan sesuatu merupakan hal yang sangat dibutuhkan mahasiswa untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya secara efisien. Tantangan terbesar dari internet adalah banyak distraksi. Keinginan untuk memeriksa smartphone secara berulang dapat menurunkan tingkat fokus. Salah satu solusi yang dapat dilakukan dengan mengurangi distraksi dengan aplikasi, sehingga dapat belajar secara produktif. Contoh aplikasinya adalah:

Forest: Stay focused

Merupakan aplikasi untuk meningkatkan produktivitas dengan berbentuk misi menumbuhkan pohon virtual. Aplikasi ini menggunakan teknik belajar Pomodoro yaitu memecah waktu untuk fokus belajar dan beristirahat. Selama timer berjalan maka pohon virtual akan bertumbuh semakin besar. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store.

Aplikasi Catatan

Keseharian mahasiswa tidak terlepas dengan catatan. Dalam era digital, kita dapat membuat catatan secara digital tanpa memerlukan kertas atau paperless. Catatan digital memiliki keunggulan seperti mudah digunakan, dicadangkan, dan disinkronkan. Terdapat banyak pilihan aplikasi untuk membuat catatan digital, salah satunya:

One Note

Merupakan aplikasi buku catatan digital dari Microsoft. Dalam aplikasi ini dapat membuat buku catatan terpisah dan membaginya menjadi beberapa bagian layaknya catatan konvensional. Selain itu, dapat menambahkan video dan gambar, membuat checklist atau to-do list, dan dapat dibagikan ke orang lain untuk berkolaborasi. Untuk membuat catatan di OneNote dapat mengaksesnya secara gratis dengan mengunduh melalui Google Play Store, App Store, atau situs resmi Microsoft.

Aplikasi Pengingat dan Pengatur Jadwal

Mahasiswa memiliki banyak kegiatan, sehingga dibutuhkan alat bantu untuk pengingat agar semua kegiatan dapat dilaksanakan dan tidak ada yang terlewat. Keterampilan mengatur waktu dapat dilakukan dengan cara menyusun jadwal, dalam era digital kegiatan menyusun jadwal dapat dilakukan secara mudah melalui aplikasi. Penggunaan aplikasi digital memudahkan akses dimanapun dan kapanpun. Salah satu contoh aplikasi di smartphone yang dapat digunakan untuk mengatur jadwal yaitu:

Google Calendar

Merupakan alat untuk manajemen waktu dan penjadwalan yang dikeluarkan oleh Google. Google calendar membantu mengatur jadwal harian didasarkan pada kategori tugas, pengingat, dan acara. Dalam mengatur tugas diurutkan berdasarkan waktu sehingga memudahkan dalam menentukan tugas yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Selain itu, Google Calendar terhubung dengan email Google sehingga jadwal acara dapat tersinkron di kalender secara otomatis.

Aplikasi Olahraga

Mahasiswa membutuhkan tubuh yang sehat untuk dapat melakukan pekerjaan secara produktif. Dengan perkembangan teknologi kita dapat mengatur pola dan jadwal olahraga dengan mudah menggunakan bantuan aplikasi olahraga yang tersedia di smartphone. Aplikasi olahraga membantu untuk lebih konsisten berolahraga. Berikut merupakan salah satu contoh aplikasi yang dapat digunakan adalah:

Freeletics: Fitness Workouts

Merupakan aplikasi workout yang menyediakan banyak jenis olah raga tanpa harus menggunakan alat, dengan banyaknya jenis akan menghindarkan dari rasa bosan. Melalui aplikasi Freeletics membantu untuk merencanakan program pelatihan dengan jadwal, tingkat kebugaran, dan tujuan akhir seperti menurunkan berat badan atau mengencangkan tubuh. Di sini juga dapat bergabung dengan komunitas olahraga yang akan memotivasi lebih rajin berolahraga.

Perkembangan teknologi digital akan berdampak positif jika dimanfaatkan secara bijak. Pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan produktivitas mahasiswa dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang mendukung mahasiswa untuk tetap fokus dalam melakukan pekerjaan, membuat catatan digital, mengatur jadwal, dan mengatur kegiatan lain di luar hal akademik agar tetap seimbang. Kemudahan akses terhadap teknologi diharapkan dapat membantu kehidupan mahasiswa agar selalu produktif dengan hasil yang maksimal.

Video Penjelasan

Daftar Pustaka:

Hanafi, M. I., Kharisma, I., Rizkia, A., Setiawati, S., Fathoni, S., & Mariani, Y. (2021). Upaya meningkatkan kreativitas dan produktivitas dengan penerapan manajemen waktu di masa pandemi covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 1(2), 130-136.

Penulis

Novia Fariqothul Qudsyiah

6411421023

Kesehatan Masyarakat

11 Mei 2022

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 69 − 67 =