Penggunaan Bahan Ajar Digital Berbasis PPT Interaktif untuk meningkatkan Literasi Baca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Bahan ajar adalah seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisikan materi  pembelajaran, metode, batasan batasan dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya (Widodo dan Jasmadi dalam Rosidah, 2013:4). Perkembangan teknologi dan informasi yang kian pesat menjadi salah satu potensi besar yang dapat dimanfaatkan pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang dapat memenuhi kebutuhan dan gaya belajar peserta didik. Teknologi digital dipercaya dapat meningkatkan ketertarikan dan semangat belajar bagi peserta didik terutama siswa sekolah dasar. Oleh karena itu teknologi sangat bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, salahsatunya yaitu penggunaan bahan ajar dalam bentuk digital.

Bahan ajar digital merupakan alat pembelajaran yang berisi materi pembelajaran dalam bentuk digital. Bahan ajar digital memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan lebih fleksibel waktunya. Dalam pengembangan bahan ajar berbasis digital yang perlu diperhatikan adalah bahan ajar digital bersifat individual yang tidak digabungkan dengan yang lain; pada saat mendesain, perancang memperhatikan objek pembelajaran yang dapat diakses oleh peserta didik; bahan ajar digital dikombinasikan oleh perangkat multimedia; mempresentasikan sesuatu dalam bentuk nyata dalam proses pembelajaran. Bentuk visual inilah yang akan menjadi pembelajaran menarik.

Bahan ajar digital dapat dibuat menggunakan aplikasi Powerpoint. Powerpoint yang biasa disebut PPT) merupakan salah satu program dalam aplikasi Microsoft Office yang dirancang secara khusus  untuk menampilkan multimedia yang digunakan untuk presentasi. Interaktif artinya terjadinya komunikasi dua arah dan mempunyai timbal balik satu dengan yang lainnya. Pembelajaran yang interaktif melibatkan siswa untuk ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Powerpoint interaktif merupakan tampilan media dalam bentuk presentasi yang didalamnya terdapat timbal balik antara siswa dan Powerpoint yang ditampilkan. Jadi dalam hal ini powerpoint yang ditampilkan bukan hanya sekedar menampilkan materi-materi dalam bentuk slide. Namun, dilengkapi dengan komponen-komponen lain seperti suara, animasi bergerak, gambar, serta latian soal yang bisa dikerjakan secara mandiri oleh siswa.

Pembuatan bahan ajar digital berbasis PPT interaktif sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran. Bahan ajar yang berisi materi pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran dikemas dalam bentuk PPT interaktif sangat bermanfaat untuk meningkatkan keaktifan siswa, kemampuan berfikir siswa, bahkan kemandirian siswa. Terutama bagi siswa kelas 1 sekolah dasar. PPT interaktif yang berisi materi pembelajaran bagi siswa kelas 1 SD didesain dengan lebih sederhana sesuai kemampuan usia siswa, dilengkapi dengan gambar-gambar dan animasi yang mudah dipahami siswa, terutama penyampaian materinya yang juga disesuaikan dengan peristiwa nyata yang dikenali siswa.

PPT Interaktif sangat cocok untuk kelas 1 SD karena anak-anak sangat menyukai hal-hal yang menarik misalnya benda yang bergerak, gambar yang bagus dengan berbagai macam warna, video, lagu-lagu anak yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan sehingga dapat mendorong anak untuk aktif, ekspresif, dan kreatif.

Secara etimologis istilah literasi berasal dari bahasa Latin “literatur” yang artinya adalah orang yang belajar. Literasi adalah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi “membaca, berbicara, menyimak dan menulis” dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Literasi baca merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca. Literasi baca sangat penting diterapkan untuk anak karena bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak. Literasi baca bagi anak berperan sebagai pondasi bagi mereka untuk memiliki kemampuan berfikir kritis dan logis ketika dihadapkan dengan berbagai situasi. Pola pikir kritis ini akan berguna saat anak mulai memasuki dunia masyarakat yang sebenarnya di masa mendatang. Oleh karena itu, kemampuan literasi sangat penting diajarkan bagi anak terutama siswa kelas 1 SD.  

Bahan ajar digital berbasis PPT Interaktif dimanfaatkan untuk mengajarkan materi pada siswa Kelas 1 SD Tema 4 Subtema 1 Anggota Keluargaku tentang belajar mengenal anggota keluarga. Dalam PPT interaktif tersebut berisi bahan ajar mengenal anggota keluargaku yang terdiri dari peta konsep, Kompetensi Dasar, Indikator dan Tujuan, Materi, Uji Kompetensi, Quis, dan daftar Pustaka. Semua komponen dalam PPT ini mulai dari peta konsep sampai daftar Pustaka dapat diakses sendiri oleh siswa. Bahan ajar ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan literasi baca bagi siswa kelas 1 SD karena penyajian materinya yang tidak hanya siswa tinggal membaca, namun siswa diperlukan kemampuan berpikir, membaca pohon keluarga, serangkaian aturan bermain kuis, dan tidak lupa penyajian materinya yang juga lengkap. Siswa akan tertarik belajar materi anggota keluarga melalui PPT. PPT ini juga sesuai dengan kehidupan dalam sehari-hari siswa. Bahkan PPT ini di setiap slide nya ada pilihan agar siswa bisa kembali atau lanjut ke slide selanjutnya, maupun kembali ke menu. Pada PPT ini memanfaatkan fitur hyperlink sehingga bisa memilih berada pada file yang sudah dimasukkan pada fitur yang sudah ditentukan. Berikut adalah tampilan awal Bahan Ajar Digital berbasis PPT Interaktif materi Mengenal Anggota keluarga Bagi siswa Kelas 1 Sekolah Dasar :

Halaman slide pertama berisi judul PPT berupa pengenalan animasi anggota keluarga. Setelah itu slide kedua berisi menu yang bisa diakes dalam bahan ajar digital. Slide ketiga PPT penjelasan peta konsep anggota keluarga yang ditampilkan dalam bentuk peta pohon keluarga. Pohon keluarga mengurutkan susunan anggota keluarga mulai dari yang tertua hingga yang termuda. Setelah itu pada slide keempat dan kelima berisi kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran yang harus dilakukan siswa. Selanjutnya slide 6 sampai 15 berisi materi anggota keluarga. Materi anggota keluarga dilengkapi dengan penjelasan deskriptif masing-masing anggota keluarga dan juga gambar masing-masing anggota keluarga. Bahkan juga dijelaskan cara membuat pohon keluarga. Slide 16 berisi daftar pustaka materi tersebut dibuat.

Slide 17 sampai 21 berisi quis anggota keluarga. Setiap pertanyaan diberikan waktu secara otomatis sehingga dibatasi waktunya. Selanjutnya slide 22 sampai 38 berisi uji kompetensi dalam bentuk pilihan ganda. Setiap pilihan jawaban akan menunjukkan apakah siswa menjawab salah atau benar. Jadi siswa dapat belajar secara mandiri.

Rangkaian PPT interaktif yang berisi bahan ajar anggota keluarga ini akan meningkatkan kemampuan literasi baca bagi siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Siswa tertantang untuk menyelesaikan PPT sampai selesai dikarenakan setiap komponen yang sangat menarik untuk dipelajari. Penggunaan bahan ajar digital berbasis PPT interaktif ini meningkatkan kemampuan berpikir, kemampuan mengolah, dan kemampuan memahami proses membaca bagi kelas 1 SD materi mengenal anggota keluarga.

Daftar Pustaka :

Fitri Farhana, dkk. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smk Atlantis Plus Depok. Jurnal Instruksional Vol 3 (1)

Lilis. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Tahun 6 (2)

Wahidah, Miftahul. 2017. Penerapan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 1 SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang. Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

video dapat dilihat di youtube :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.