Pemanfaatan Literasi Digital Dalam Pelestarian Budaya

Novita Tri Nur’aini_6411421028_Kesehatan Masyarakat

Diera perkembangan teknologi yang semakin pesat sering kali kita mendengar istilah literasi digital. Apa sih yang dimaksud literasi digital itu? Jadi literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu manfaat literasi digital untuk saat ini yaitu upaya dalam pelestarian budaya. Kebudayaan ada karena gagasan, ide dan pemikiran yang dikembangkan oleh masyarakat dengan tujuan menguatkan ciri khas suatu kelompok masyarakat. Seperti yang kita tahu bahwa negara Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, budaya, dan adat istiadat. Pelestarian budaya dilakukan untuk mempertahankan nilai-nilai seni budaya baik tradisional atau yang dikembangkan sesuai dengan pola perkembangan zaman yang selalu berubah tanpa menghilangkan unsur asli budaya tersebut. Karena jika tidak dilestarikan ke generasi selanjutnya akan menjadi boomerang/ ancaman bagi masyarakat dan negara itu sendiri.

Dalam upaya pelestarian budaya melalui literasi digital masyarakat Indonesia sudah berperan dengan baik. Rata-rata mereka menggunakan media digital sebagai sarana. Peranan media digital dalam menyebarkan kebudayaan sangat penting untuk saat ini dengan penyebaran informasi yang mudah untuk diakses masyarakat terutama kaum muda. Pertumbuhan media digital yang sangat cepat dan mudah memberikan akses kepada masyarakat untuk melakukan pelestarian budaya melalui berbagai platfrom dan jejaring sosial.

Pertama melalui media sosial seperti facebook, twitter, Instagram, whattsap, youtube, tik tok dan lain sebagainya. Banyak masyarakat yang sudah menggunakan berbagai media ini untuk menyebarluaskan informasi mengenai kebudayaan dalam  bentuk gambar maupun video. Mereka juga memanfaatkan untuk menunjukkan minat dan bakat seperti tari tradisional, menyanyi lagu daerah ataupun karya lainnya yang mengandung unsur kebudayaan. Tersedia layanan grup yang digunakan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga warisan budaya kepada keterlibatan semua pihak bergabung didalamnya. Kedua melalui google dan website, disini kita dapat memperoleh banyak informasi mengenai berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia. Sehingga kita dapat mempelajari dan mengetahui aneka keragaman budaya yang ada.

Ketiga melalui game, yang dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dan pelestarian budaya. Game yang dimaksud adalah aplikasi game yang memberikan informasi seperti rumah adat, pakaian adat, tari tradisional dan lagu daerah. Contohnya game marbel budaya nusantara yang lengkap dengan berbagai macam kategori budaya untuk mengenal budaya yang ada di Indonesia. Keempat dibidang ekonomi yaitu online shop atau jual beli online, melalui berbagai aplikasi yang tersedia. Mereka memanfaatkan untuk menawarkan baju batik, wayang, angklung dan sebagainya. Dengan potensi ekonomi yang cukup tinggi membuat mereka mendapat keuntungan sehingga produsen akan terus memproduksi barang tersebut.

Negara Indonesia sangat terbuka dengan dunia media digital karena perkembangan teknologi yang memudahkan untuk menerima serta mengakses sesuatu. Dengan adanya media digital ini pelestarian budaya Indonesia semakin berkembang lebih baik sebagai sarana mempromosikan aset kebudayaan Indonesia. Semoga para generasi muda semakin cinta akan kebudayaan yang ada dan menjadi penggerak untuk agen pewaris budaya untuk generasi seterusnya.

https://youtu.be/Xg6XtnlYkN8

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 91 − = 82