Peran E-Commerce di Tengah Pandemi terhadap Gaya Hidup Masyarakat

Pandemi covid-19 berdampak ke seluruh aspek kehidupan manusia, seperti menurunnya  ekonomi  negara. Dengan adanya platform e-commerce merupakan salah satu terobosan kemajuan teknologi pada saat ini  yang  menjadi  barisan  terdepan  untuk  menumbuhkan  ekonomi  negara,  salah satunya yaitu sebagai tempat dalam melakukan transaksi jual beli Online. Adanya kebijakan tetap di rumah semakin membuat masyarakat mulai terbiasa menggunakan jasa e-commerce.

Dengan adanya kemajuan teknologi dan era modernisasi seperti saat ini, telah memberikan pengaruh dalam kehidupan manusia di seluruh dunia dalam segala aspek kehidupan. Salah satu aspek yang mendapatkan pengaruh adalah aspek ekonomi khususnya pada bidang perdagangan dan jual beli. Kebutuhan masyarakat akan semakin bertambah dengan didukung oleh mudahnya bertransaksi. Kebutuhan masyarakat yang semakin bertambah juga memunculkan ide baru oleh masyarakat untuk menciptakan berbagai macam inovasi guna memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya salah satunya adalah inovasi transaksi jual beli menggunakan internet yang kemudian disebut sebagai e-commerce.

Keberadaan e-commerce dianggap sangat mempermudah masyarakat untuk memperoleh kebutuhan mereka dan juga disisi lain memudahkan seller/penjual dalam menjangkau pembeli dengan jarak yang jauh. E-commerce tidak hanya menghubungkan antara penjual dan pembeli dalam bertransaksi, tetapi juga bertanggungjawab atas proses pemasaran, penjualan, pengiriman, serta pelayanan bagi para pembeli. Dapat dipastikan dalam menjalankan proses transaksi tersebut perusahaan sangat mengandalkan internet sebagai unsur penting agar semua pihak dapat berinteraksi dengan mudah. Ditambah lagi meningkatnya pertumbuhan pengguna internet dari tahun ke tahun semakin memudahkan perusahaan e-commerce dalam memeroleh pelanggannya. Di Indonesia, e-commerce sudah ada sejak tahun 2000-an. Akan tetapi, baru pada 2014 penggunaan e-commerce mulai diminati masyarakat. Dibuktikan dari munculnya banyak perusahaan start-up di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Blibli.com, dan lain sebagainya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi semakin majunya e-commerce di Indonesia seperti, yang pertama yaitu perkembangan smartphone yang semakin cepat karena pada jaman sekarang sebagaian besar masyarakat dari yang muda sampai yang tua memiliki smartphone. Kedua, daya beli masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun semakin tinggi. Ketiga, masyarakat yang semakin melek teknologi sehingga mudah menyesuaikan diri dengan teknologi baru. Selain itu, hal ini juga diakibatkan oleh adanya pandemi Covid-19 setahun belakangan ini. Pandemi berdampak pada masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya karena mengharuskan masyarakat untuk mengurangi transaksi secara langsung dan beralih menggunakan platform e-commerce sebagai suatu pencegahan dalam penularan virus Covid-19.

Video Penjelasan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 85 − 79 =