Tips Menulis Review Produk yang Menarik

Kalian pasti sudah tidak asing dengan kata reviewer dan review blogger. Di era digital saat ini berbagai macam aktivitas ekonomi atau transaksi dapat dilakukan secara online. Salah satunya dengan kehadiran E-commerce, sebelum membeli produk pasti kita akan mencari review produk terlebih dahulu. Dengan adanya review produk membantu pembeli mengambil keputusan produk apa yang akan dibeli.

Apa Sih Review ?

Review adalah ulasan atau testimoni pengguna mengenai kualitas suatu produk baik barang maupun jasa berdasarkan pengalaman faktual pengguna. Review bisa berupa ulasan tentang suatau produk, film, makanan, hotel, jasa dan lain-lain. Tujuan review untuk membagikan informasi yang bermanfaat, memperkenalkan suatu merek atau brand, dan memberikan dorongan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.

 Dengan berkembangnya teknologi dan akses internet dimana-mana, menulis review bukan hanya menjadi hobi semata namun bisa menambah penghasilan anda. Biasa disebut paid review atau review berbayar. Banyak brand yang bekerja sama dengan reviewer untuk memperkenalkan produknya melalui berbagai media digital. Karena review produk dapat menjadi sarana iklan untuk mempromosikan produk perusahaan tersebut.

Menulis review bukanlah sulit namun, memerlukan banyak hal agar tulisanmu menarik perhatian pembaca yaitu dengan mingkatkan skill copywriting kamu. Copywriting adalah aktivitas menulis teks dengan tujuan mempromosikan atau menawarkan produk baik jasa maupun barang.

Cara Menulis Copywriting Untuk Review Produk

  • Kenali Profil Brand

Sebelum menulis review kita harus melaukan riset brand tersebut. Apakah brand tersebut baru atau sudah terkenal. Kalau brand baru kita harus memperkenalkan brand dengan lebih detail dan baik agar pembaca ingat brand tersebut.

  • Riset Produk

Untuk menulis review pasti butuh data terkait produk tersebut. Data mengenai kemasan produk, klaim, manfaat, dan produk tersebut dikhususkan untuk usia berapa.

  • Buat Headline yang Menarik

Saat membaca sesuatu pasti dong kita membaca headline atau judulnya terlebih dahulu. Penulisan judul menarik dapat menggugah orang untuk mengklik dan membaca.

Contoh “Rekomendasi Serum 40 Ribuan Untuk Kulit Berjerawat.

  • Visualisasi yang Menarik

Selain membuat headline menarik penting juga menggunakan foto atau video produk yang menarik.

Contohnya :

  • Sebut Kelebihan dan Manfaat

Kita bisa menceritakan kelebihan produk seperti kandungan yang dimiliki, misalnya mengandung bahan alami atau vegan skincare. Tekstur produk, aroma, dan warna. Manfaat produk misalnya untuk jerawat atau mencerahkan kulit.

  • Membahas Problem Solved

Pembaca akan tertarik jika menjelaskan dahulu masalahnya dan memberikan solusi terkait masalah tersebut. Misalnya “Bedak Two Way Cake Untuk Menutupi Noda Hitam Diwajah Seketika!”

  • Testimoni

Kita harus memperkuat tulisan kita degan memberikan testimoni dan foto sebelum dan sesudah pemakaian untuk memperkuat narasi kita.

  • Menggunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Bahasa yang fleksibel dan mudah dipahami akan lebih menarik audience dibandingkan jika kita menggunakan istilah-istilah sulit. Contohnya : “Eyeliner smudge proof” diubah menjadi “Eyeliner anti bleber”

  • Call To Action

Nah, di akhir tulisan kalian bisa tambahkan Call To Action agar audience melakukan pembelian dengan mencantumkan link marketplace atau website pembelian produk. Atau call to action lainnya seperti like, comment, and share.

Kalian bisa menulis review di media social seperti Instagram, twitter, blog ataupun di e-commerce. Bahkan terdapat website khusus untuk menulis dan memposting review. Menjadi reviewer merupakan pekerjaan yang cocok bagi para pelajar karna bisa meningkatkan softskill seperti copywriting yang sangat diperlukan di era digital ini. Terlebih lagi copywriting sedang diminati anak-anak muda karena lapangan pekerjaan yang luas dan mudah untuk dipelajari. Selain mendapat uang kalian juga bisa mendapatkan produk secara gratis oleh brand, jadi bisa menghemat uang jajan. Oh iya, menjadi reviewer termasuk pekerjaan freelance loh.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 23 + = 33