MANFAAT PENGGUNAAN E-LEARNING SELAMA PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA

Sumber: https://elearningindustry.com/

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada awal tahun 2020 lalu, tepatnya pada tanggal 2 maret 2020 kasus positif corona ditemukan pertama kalinya, yang berdampak pada seluruh kehidupan masyarakat Indonesia mulai dari bidang kesehatan, ekonomi hingga pendidikan. Dampak pandemi pada berbagai sektor ini dikarenakan sejumlah kebijakan yang ditetapkan pemerintah guna mencegah virus mematikan ini. Mulai dari diterapkannya protokol kesehatan, sosial distancing, physical distancing, pembatasan sosial berskala besar yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus berbahaya ini. Dengan adanya kebijakan-kebijakan tersebut mengharuskan sebagian besar orang untuk tetap berada dirumah tak terkecuali mahasiswa.

Dalam dunia pendidikan khususnya di Perguruan Tinggi, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta agar seluruh perguruan tinggi memberi kemudahan pembelajaran di masa darurat covid-19. Hal ini dilakukan tak lain untuk membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), juga mengimbau agar perguruan tinggi memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa darurat Covid-19. Salah satunya dengan menerapkan sistem Home Learning atau belajar dirumah. Beragam metode dapat dijadikan pilihan, seperti dalam penugasan, esai, kajian pustaka, analisa data, proyek mandiri, dan lain-lain dengan memanfaatkan berbagai macam media pembelajaran seperti e-learning, google zoom dan aplikasi lainnya. Media pembelajaran elektronik (E-learning) adalah bukti kemajuan luar biasa dari peradaban manusia.

Apa itu E-Learning?

E-Learning adalah sebuah sarana pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi komputer yang memiliki berbagai menu penunjang untuk dapat melaksanakan proses belajar mengajar. E-Learning atau yang dikenal juga dengan kelas virtual adalah salah satu bentuk pembelajaran melalui internet yang dapat meningkatkan peran mahasiswa dalam pembelajaran. E-Learning hanya berperan sebagai pelengkap dari pembelajaran tatap muka buka untuk menggantikan kelas secara tatap muka. Penggunaan E-Learning dapat meningkatkan interaktivitas dan efektivitas pembelajaran, karena mahasiswa berpotensi lebih tinggi untuk berinteraksi langsung dengan lebih banyak dengan dosen, rekan, dan mengakses lebih banyak materi pembelajaran.

Apa saja manfaat E-Learning bagi mahasiswa?

  • Memudahkan mahasiswa untuk mengakses materi

E- Learning memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengakses materi yang diberikan oleh dosen di mana pun mereka berada dengan menggunakan berbagai jenis gadget yang mereka miliki. Mereka dapat mengulang materi apa pun sesuka hati jika mereka belum benar-benar memahaminya. Mahasiswa juga dapat memilih materi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

  • Memudahkan mahasiswa mencari referensi tanpa harus ke perpustakaan

Semakin berkembangnya teknologi banyak institusi pendidikan memanfaatkan teknologi tersebut untuk kemudahan berlangsungnya pembelajaran. Salah satunya adalah dengan mengembangkan perpustakaan digital. Perpustakaan digital ini akan menunjang kelancaran dalam pembelajaran elektronik (e-learning). Dengan adanya perpustakaan digital ini dapat memudahkan para mahasiswa untuk mengakses referensi yang dibutuhkan untuk tugas-tugas mahasiswa tanpa harus datang ke perpustakaan.

  • Mempermudah dalam penugasan

Manfaat e-learning bagi mahasiswa yang selanjutnya adalah adalah memudahkan mahasiswa dalam penugasan. Dengan adanya E-Learning ini, tugas bisa langsung didownload,disimpan didalam laptop, dan pengumpulan lebih mudah pun jauh lebih mudah serta dapat menghemat kertas.

  • Fleksibilitas belajar yang tinggi

Belajar di kelas terkadang membuat mahasiswa bosan sehingga materi pembelajaran yang diberikan oleh dosen menjadi tidak efektif. Dengan  menggunakan E-Learning, proses belajar menjadi lebih fleksibel dan nyaman sehingga meningkatkan motivasi mahasiswa untuk belajar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 44 = 47