Digital marketing untuk bisnis di era digital

Digital marketing kini semakin menjadi favorit dalam beriklan. dimana Digital marketing merupakan suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Apa itu digital marketing? Sama halnya dengan jenis iklan lainnya, konsep digital marketing adalah untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Dimana Digital marketing itu sendiri merupakan metode pemasaran yang kini diutamakan banyak perusahaan maupun organisasi seiring kemutakhiran teknologi. Strategi bisnis pun tak lagi konvensional seperti beriklan di media cetak maupun pemasangan reklame.


Dikutip dari Investopedia, istilah digital marketing adalah mengacu pada penggunaan saluran digital untuk memasarkan produk dan layanan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Jenis pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran serupa lainnya. Pemasaran digital menjadi populer dengan munculnya internet pada era 1990-an. Digital marketing melibatkan beberapa prinsip yang sama dengan pemasaran konvensional dan sering dianggap sebagai cara baru bagi perusahaan untuk mendekati konsumen dan memahami perilaku mereka. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kerap kali perusahaan sering menggabungkan teknik pemasaran konvensional dan digital dalam strategi mereka.


Kelebihan jasa digital marketing

Banyaknya jasa digital marketing yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa metode ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh. Jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional, digital marketing memiliki kelebihan di sektor jangkauan dan teknologi artificial intelligence yang dapat mempelajari perilaku calon konsumen di dunia maya. Berikut merupakan kelebihan dari digital marketing :

  1. Lebih murah Umumnya kelebihan digital marketing adalah biayanya yang notabene lebih murah daripada teknik pemasaran konvensional. Meski terkadang bisa saja digital marketing bisa lebih mahal, terutama pada awal proses branding. Selain itu dengan digital marketing, pembiayaan bisa menyesuaikan target dari iklan yang diinginkan. Dengan kata lain iklan menyasar secara lebih spesifik kepada calon konsumen potensial.
  2. Branding cepat dan luas Kelebihan digital marketing adalah proses branding jauh lebih mudah dan cepat. Salah satu kelemahan terbesar pemasaran konvensional adalah jangkauan promosinya yang sangat terbatas. Dalam strategi konvensional, perusahaan perlu mengeluarkan uang lebih banyak jika ingin melakukan branding ke lebih banyak konsumen.
  3. Lebih mudah Salah satu kelebihan dalam digital marketing adalah pengaplikasiannya yang mudah. Dengan digital marketing, pengusaha memiliki kemudahan dalam menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Adapun Beberapa platform yang dapat kita gunakan untuk melakukan digital marketing, di antaranya adalah media sosial (Facebook, Instagram, Twitter) dan marketplace (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lain-lainnya). Karena bersifat digital, maka iklan akan lebih mudah diakses oleh calon konsumen. Jangkauan calon konsumen yang lebih besar akan berdampak pada meningkatnya volume penjualan barang dan jasa yang ditawarkan.
  4. Tepat sasaran Konsep digital marketing adalah dinilai lebih efektif bagi pengusaha atau produsen suatu produk. Hal ini dikarenakan pada digital marketing perusahaan dapat lebih memfokuskan periklanan kepada calon konsumen yang lebih potensial sehingga iklan lebih tepat sasaran. Dengan pemasaran yang lebih efektif, sasaran konsumen yang potensial lebih terarah dan tentunya memaksimalkan penjualan produk atau jasa yang perusahaan miliki. Pemasaran menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.
  5. Pengumpulan data Penerapan digital marketing adalah memberikan keuntungan tersendiri, selain memasarkan produk yang ditawarkan. Keuntungan lainnya adalah kemudahan yang perusahaan dapatkan dalam mengumpulkan data konsumen. Dalam semua aspek iklan digital, baik sebelum maupun sesudah melakukan iklan khususya dengan Google Ads dan Facebook Ads, keuntungan terbesarnya adalah data. Data ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan strategi pemasaran berikutnya. Data konsumen dapat berupa jenis kelamin, usia, minat, lokasi konsumen, serta preferensi pembelian.

Contoh digital marketing

Dalam praktiknya, digital marketing adalah dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik untuk penyampaian pesan promosi hingga evaluasinya. Alat elektronik ini mengacu pada perangkat yang umumnya terhubung dengan internet dengan berbagai bentuk promosi. Bentuk dari digital marketing umumnya adalah video, iklan bergambar, unggahan media sosial, dan lain sebagainya. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat dan akurat. Berikut beberapa contoh digital marketing

  1. Website Contoh digital marketing adalah website. Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.
  2. Search engine optimization (SEO) SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian.
  3. Content marketing Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli.
  4. Social media marketing Contoh jasa digital marketing adalah sosial media. Edarkan platform di media sosial seperti Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.
  5. Online advertising Online advertising merupakan Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.
  6. Email marketing Selanjutnya, contoh jasa digital marketing adalah email. Perusahaan dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.
  7. Video marketing Dengan cara ini, perusahaan dapat langsung menjelaskan tentang bisnis melalui audio visual, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.

Jenis digital marketing tersebut, tentunya dapat terus bertambah seiring dengan adanya perkembangan dan inovasi yang akan datang. Sehingga, sebagai seorang pengusaha, kita harus bisa untuk beradaptasi dengan perkembangan dan inovasi tersebut, agar tidak tertinggal dari competitor perusahaan yang sejenis.

Berikut merupakan video penjelasan digital marketing yang saya buat

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.