MANFAAT LITERASI DIGITAL BAGI MASYARAKAT DAN SEKTOR PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Pada masa pandemi covid-19, setiap individu perlu menguasai bahwa literasi digital merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk dapat berakibat di dunia modern dan mengantisipasi penyebaran informasi negatif pada masa pandemi covid-19. Menurut Harvery J.Graff, literasi ialah suatu kemampuan dalam diri seseorang untuk menulis dan membaca. Sedangkan menurut Gilster (1997) literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi, dalam berbagai bentuk dan sumber yang sangat luas kemudian diakses dengan piranti komputer. Ada pun beberapa manfaat literasi ialah sebagai berikut:

  1. Menambah pembendaharaan kata “kosa kata” seseorang.
  2. Mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis.
  3. Mendapat berbagai wawasan dan informasi baru.
  4. Kemampuan interpersonal seseorang akan semakin baik.
  5. Kemampuan memahami suatu informasi akan semakin meningkat.
  6. Meningkatkan kemampuan verbal seseorang.
  7. Meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir seseorang.
  8. Membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi seseorang.
  9. Meningkatkan kemampuan seseorang dalam merangkai kata yang bermakna dan menulis.

Literasi sangat ralevan dengan era dimana hidup manusia banyak dikuasai oleh teknologi informasi, yaitu literasi digital. Secara umum, menguasai literasi digital berarti anda paham bagaimana memanfaatkan informasi dalam kanal digital. Mengartikan literasi digital sebagai kemampuan memahami dan menggunakan literasi digital dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan di komputer. Menurut Brian ada 10 manfaat literasi digital yaitu sebagai berikut:

  1. Menghemat waktu
  2. Belajar lebih cepat
  3. Menghemat uang
  4. Membuat lebih aman
  5. Selalu memperoleh informasi terkini
  6. Selalu terhubung
  7. Membuat keputusan lebih baik
  8. Dapat membuat anda bekerja
  9. Membuat lebih bahagia
  10. Mempengaruhi dunia

Literasi digital menjadi suatu kebutuhan bagi sektor pendidikan di Indonesia saat ini. Di masa pandemi covid-19 pemerintah membuat kajian agar seluruh kegiatan belajar mengajar tidak dilakukan secara tatap muka namun menggunakan media digital. Hal tersebut dilakukan agar meminimalisir penyelenggaraan virus covid-19 di lingkungan masyarakat.

Pembelajaran Secara Daring

Dengan situasi pandemi covid-19 perubahan dirasakan seluruh sektor pendidikan di Indonesia. Literasi digital saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi terwujudnya operasional pendidikan. Dalam penggunaan literasi digital banyak memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh penggunanya yaitu menghemat waktu dalam menemukan informasi, belajar lebih cepat karena dilakukan kapanpun, menghemat uang karena dapat dilakukan di manapun,membuat lebih aman, selalu memperoleh informasi terkini, selalu terhubung, membuat keputusan lebih baik dengan membandingkan informasi secara cepat melalui internet, dapat membuat anda bekerja, membuat lebih bahagia dengan situs yang tersedia dimedia digital, dan mempengaruhi dunia atas informasi yang selalu berkembang setiap saat.‚Äč

E-Learning

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 5 + 5 =